K-Pop Zone - 25 May 2023

Pencapaian Terbaru Stray Kids ‘God Menu’ dan ‘Thunderous’ Tembus 400 Million Views di Youtube

Rafa Syawalia R - 25 May 2023
Pencapaian Terbaru Stray Kids ‘God Menu’ dan ‘Thunderous’ Tembus 400 Million Views di Youtube

Menakjubkan! Kabar gembira untuk STAY nih! Boy group dari JYP Entertainment, Stray Kids meraih 400 juta penayangan untuk MV ‘God Menu’ pada hari Rabu kemarin. Belum 24 jam, JYP Entertainment mengumumkan kembali bahwa MV ‘Thunderous’ menembus 300 juta penayangan!

Untuk Stray Kids sendiri, prestasi ini adalah rekor pertama kali untuk mereka mengenai jumlah penayangan musik video Stray Kids pada YouTube. Sebelumnya juga, video musik ‘God Menu’ oleh Stray Kids adalah MV pertama yang menembus total 300 juta kali penayangan di Youtube pada 2022.

Lagu ‘God Menu’ sendiri adalah title track dari mini album ‘GO LIVE’ yang dirilis pada 17 Juni 2020. Sedangkan lagu ‘Thunderous’ adalah title track dari full album ke-2 bertajuk ‘NO EASY’ dirilis pada 23 Agustus 2021.

Stray Kids ‘God Menu’ adalah MV Pertama yang Tembus 300 juta Penayangan

A new taste in K-Pop, lagu ‘God Menu’ Stray Kids mendapatkan pujian dari kritikus musik karena mengusung tema unik yang baru dengan julukan ‘mala taste’ untuk lagu ‘God Menu’ dalam genre musik K-Pop. Lagu ‘God Menu’ Stray Kids ditulis dan diproduksi oleh production team Stray Kids sendiri, yaitu 3RACHA pada tahun 2020.

Baca juga: Viral! Hwasa MAMAMOO Kembali Dikritik Soal Aksi Panggungnya Yang Vulgar

Bang Chan Stray Kids selaku leader dan penulis mengungkapkan pemilihan tema untuk lagu God Menu ini mengingatkan dirinya ketika bekerja untuk musik hampir sama dengan memasak. Bersamaan dengan Changbin dan HAN, mereka membandingkan lagu Stray Kids dengan menu dan pendengar lagu mereka sebagai tamu. HAN juga menambahkan bahwa proses menulis lagu ini mereka sangat intens berdiskusi mengenai makanan hingga ketiganya menjadi lapar.

MV ‘Thunderous’ Meraih Posisi Ketiga yang Tembus 300 Juta Penayangan di Youtube

Hadir dengan warna baru dari sebelumnya dan merayakan kemenangan Stray Kids dalam survival show ‘Kingdom: Legendary War’ pada 2021, Stray Kids mengekspresikan diri mereka sebagai ‘sorrikkun’ yang merupakan sebutan pendongeng pada zaman Joseon. Memiliki elemen instrumen kombinasi dari musik tradisional dan EDM, video musik ‘Thunderous’ menempati posisi ketiga untuk rekor video musik Stray Kids yang menembus rekor 300 juta penayangan di Youtube.

Baca juga: Chukhahae, NewJeans Terpilih jadi Next Generation Leaders 2023 Versi TIME

Makna lagu ‘Thunderous’ adalah sebuah pernyataan untuk mereka (Stray Kids) yang hanya perlu fokus mengejar tujuan mereka dan tidak memperdulikan segala omongan buruk mengenai mereka. Lagu ‘Thunderous’ merupakan title track dalam album ‘NO EASY’ yang memadukan atmosfer tradisional era Joseon dengan masa kini.

Sumber foto: Twitter (stray_kids)

Prestasi Stray Kids per 2023

Secara keseluruhan, video musik ‘God Menu’ merupakan MV pertama yang menembus rekor 300 juta penayangan pada tahun 2020. Tidak lama, ‘Back Door’ menembus 300 juta penayangan pada 2023. Kemudian, ‘Thunderous’ menempati posisi ketiga untuk musik video yang menembus 300 juta penayangan.

Ace of K-Pop 4th generation, untuk tahun 2023 ‘God Menu’ berhasil menembus 400 juta kali penayangan yang disusul dengan ‘Thunderous’ yang memecahkan rekor 300 juta kali penayangan pada YouTube. Rekor kurang dari setahun, Stray Kids mendapatkan atensi penggemar K-Pop di tahun ini, selamat!

Baca juga: Kang Seung Yoon WINNER Daftar Wamil, Inner Circle Harus Siap!

Kembali mencetak prestasi mengagumkan, Stray Kids merupakan grup Kpop tercepat yang menduduki puncak Billboard 200 dengan lebih dari satu album tahun ini setelah perilisan ‘MAXIDENT’ pada 7 Oktober 2022.

Tepat pada 16 Oktober 2020, Billboard mengatakan bahwa mini album ‘MAXIDENT’ Stray Kids telah debut pada No. 1 chart Top 200 Albums di Billboard yang merupakan peringkat album populer di tangga musik negara Amerika Serikat. Sedangkan untuk mini album ‘ODDINARY’ juga debut pada No. 1 chart Top 200 Albums di Billboard pada bulan Maret 2022.

Dengan kata lain, Stray Kids menjadi satu-satunya artis yang debut dengan dua album di No. 1 Billboard 200 pada tahun 2022 dan merupakan artis pertama yang mencapai prestasi tersebut sejak Taylor Swift pada 2021. Kabarnya, Stray Kids akan comeback dengan full length album bertajuk ‘5-STAR’ pada bulan Juni mendatang. Selamat untuk Stray Kids!

Comments

You must Register or Login to post a comment.