K-Pop Zone - 04 May 2023

Kai EXO Akan Segera Wajib Militer Pada 11 Mei 2023, Bagaimana Nasib Comeback EXO?

Feb - 04 May 2023
Kai EXO Akan Segera Wajib Militer Pada 11 Mei 2023, Bagaimana Nasib Comeback EXO?

Annyeong, Teman iStyle!

Kabar mengejutkan datang dari salah satu member EXO yakni Kai. SM Entertainment selaku agensi dari Kai mengumumkan bahwa ia akan segera melakukan wajib militernya pada 11 Mei 2023 ini. Padahal sebelumnya, Kai sedang mempersiapkan comeback EXO di tahun ini. Hah? Kok bisa sih beritanya mendadak banget dan bikin kaget kaya gini?

Adanya Perubahan Regulasi dari Badan Kewajiban Militer

Ternyata, terjadi perubahan regulasi oleh Badan Kewajiban Militer yang mengharuskan Kai untuk segera masuk ke pusat pelatihan rekrutan pada tanggal 11 Mei 2023. Setelah itu, Kai akan menjadi pekerja sosial.

Walau banyak penggemar yang ingin mengetahui tempat dan waktu Kai akan melakukan wajib militer, namun agensi gak mau mengumumkannya. Kai sendiri juga yang meminta agar proses enlismentnya dilakukan secara diam-diam.

Baca juga: Super Penasaran! Bobby iKON Spill Salah Satu Nama Member BOYNEXTDOOR yang Akan Debut Di Bulan Mei 2023?

Hal ini tentu membuat para penggemar merasa sedih, terlebih setelah tahu kalau comeback EXO pada tahun ini dikabarkan sedang disiapkan. Melalui live instagramnya, terlihat menangis, Kai meminta fans untuk senantiasa menunggunya kembali setelah menjalani wajib militer. Dengan begitu ada kemungkinan comeback EXO ditunda atau bisa jadi tetap dilanjutkan tanpa kehadiran Kai. Namun, sebagai EXO-L yang baik, kita harus memahami dan memaklumi soal wajib militer yang harus dilakukan oleh seluruh pria dewasa di Korea Selatan.

list member exo yang sudah wamil

Sumber foto: google

Para Member EXO yang Juga Menjalankan Wajib Militer

Bagi para EXO-L atau penggemar EXO lainnya, pasti sudah gak asing dong dengan wajib militer ini? Sudah ada Xiumin, D.O, Suho, Chen, dan Chanyeol sudah lebih dulu menjalankan wajib militernya.

Xiumin mulai menjalani wajib militer pada 7 Mei 2019, diikuti oleh D.O pada 1 Juli 2019. Suho adalah member ketiga EXO yang menjalankan wajib militernya pada 14 Mei 2020 sampai 14 Februari 2022. Sedangkan Chen, atau Kim Jongdae, adalah member keempat yang memulai wajib militernya pada 26 Oktober 2020 sebagai tentara aktif. Ia resmi menjadi warga sipil kembali pada 25 April 2022. 

Baca juga: aespa Comeback dengan Mini Album 'My World'. Track Video 'I am Unhappy' Tuai Pujian

Yang terakhir-terakhir ini ada Chanyeol yang baru saja menuntaskan wajib militernya pada 28 September 2022, setelah menjalani wajib militer sebagai tentara aktif sejak Maret 2021. Kini hanya tersisa 2 member EXO saja yang belum melaksanakan wajib militer yakni Kai dan Sehun.

DO EXO saat akan wamil pada 2019

Sumber foto: Google

Tentang Wajib Militer di Korea Selatan

Menjalani wajib militer memang menjadi sebuah kewajiban bagi setiap pria dewasa di Korea Selatan. Selain itu, kewajiban ini juga dianggap sebagai suatu pengalaman yang berharga dalam kehidupan setiap individu.

Wajib militer bukan hanya soal mempersiapkan para prajurit menjadi anggota militer yang baik, tetapi juga sebagai ajang perubahan pribadi menjadi lebih tangguh dan dapat diandalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Gak hanya itu saja lho, melalui proses wajib militer ini, para anggota militer juga dilatih untuk bekerja sama dalam tim, memupuk rasa nasionalisme, serta belajar untuk menjadi sosok yang lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Baca juga: Bikin Heboh! Ternyata V BTS Gak Bayar Biaya Pengobatan Perro di Variety Show 'Jinny's Kitchen'

Bagi para penggemar EXO, meskipun Kai akan segera menjalankan wajib militernya, kita harus tetap mendukung dan mendoakan yang terbaik untuknya. Kita juga harus tetap sabar menunggu comeback EXO yang pastinya akan terasa lebih spesial setelah para member kembali dari wajib militernya dengan pengalaman dan kemampuan baru.

Comments

You must Register or Login to post a comment.