Lifestyle - 07 April 2024

Menelusuri Cheong Wa Dae, Blue House Korea yang Baru Dibuka untuk Umum Setelah 74 Tahun!

Khansa Zhafira - 07 April 2024
Menelusuri Cheong Wa Dae, Blue House Korea yang Baru Dibuka untuk Umum Setelah 74 Tahun!

Sama halnya dengan Amerika Serikat, Korea juga memiliki istana kerpesidenan bernama Cheong Wa Dae atau biasa dikenal sebagai Blue House. 

Sebelumnya, Cheong Wa Dae hanya digunakan untuk kantor kepresidenan beserta tempat tinggal mereka sejak Republik Korea didirikan tahun 1948 sehingga tidak pernah dibuka kepada publik dan memiliki penjagaan ketat.

Namun sejak tahun 2022 lalu, istana ini dibuka untuk umum dan menjadi salah satu tempat wisata di Korea Selatan yang penuh cerita sejarah sehingga tidak boleh untuk kamu lewatkan.

Sejarah Cheong Wa Dae

Cheong Wa Dae berlokasi di kaki Gunung Bugak tepat di belakang Istana utama Kerajaan Joseon 1392-1910, Gyeongbok. Bukan hanya sekedar istana kepresidenan saja, namun tempat ini juga memiliki 61 aset budaya dan situs bersejarah.

Sebab istana presiden yang masih mempertahankan arsitektur bangunan tradisionalnya ini sudah ada dari masa Kerajaan Goryeo 918-1392. Kala itu, bangunan ini digunakan sebagai aula utama istana kerajaan.

Sumber: Google.com

Selanjutnya di masa Joseon, area Cheong Wa Dae justru digunakan sebagai salah satu bagian taman belakang Istana Gyeongbok. Barulah di masa penjajahan Jepang tahun 1910-1945, tempat ini dijadikan kediaman resmi dari gubernur Jendral Jepang saat itu dan wilayah pekarangan Gyeongbok digunakan sebagai tempat pemerintahan mereka.

Barulah ketika Republik Korea terbentuk tahun 1948, Presiden Syngman Rhee mulai menggunakan situr tersebut sebagai tempat tinggal dan kantor kepresidenan dan menamakannya "Gyeong Mu Dae."

Nama ini kemudian diubah pada tahun 1960 oleh Presiden Yun Po-sunmenjadi "Cheong Wa Dae" karena warna ubin dan atap yang biru melambangkan perdamaian.

Cheong Wa Dae Dibuka untuk Umum

Akhirnya setelah 74 tahun beroperasi, Cheong Wa Dae akhirnya dibuka untuk umum pada tanggal 22 Mei 2022. Tidak hanya masyarakat lokal, turis pun juga turut antusias dengan bangunan Cheong Wa Dae dan situs sejarah di sekitarnya.

Setelah pelantikan Presiden Yoon Suk Yeol pada Mei 2022, Cheong Wa Dae akhirnya diubah fungsi sepenuhnya sebagai taman dan tempat wisata umum bernilai sejarah tinggi untuk dikenang. Sedangkan kantor dan kediaman presiden akhirnya dipindahkan operasionalnya ke gedung Kementerian Pertahanan Nasional di Distrik Yongsan, Seoul.

Apa yang Ada di dalam Cheong Wa Dae?

Tidak hanya megah pada bagian luar saja, Cheong Wa Dae juga memiliki interior yang luar biasa. Ada beberapa daerah yang bisa kamu jelajahi di dalam istana kepresidenan ini, seperti:

Gedung Kantor Utama Cheong Wa Dae

Selalu menjadi rahasia selama ini, gedung utama Cheong Wa Dae akhirnya bisa masyarakat umum kunjungi. Di tempat ini kamu akan mendapati tiga gerbang masuk yaitu Utama, Yeongbinmun, dan Chunchumun.

Setiap wisatawan yang berkunjung bisa menggunakan hanbok dan berfoto disetiap sisi bangunan yang telah disediakan. Hal pertama yang dapat kamu kunjungi adalah lobi lantai satu dari gedung utama.

Sumber: Google.com

Gedung ini terdiri dari kantor pusat resmi serta ruang penerimaan tamu yang dibuat dari 150.000 ubin biru serta aulanya yang megah dengan interior kayu yang berkualitas tinggi.

Kemudian jika kamu pergi ke lantai 2, maka kamu akan menemukan potret semua Ibu Negarayang digantung pada dinding Aula Mugunghwa. Bisa sekalian untuk belajar sejarah.

Kediaman Resmi Presiden

Kediaman resmi terdiri dari bangunan utama, paviliun, dan sarangchae. Disinilah tempat para presiden sebelumnya tinggal dan menjadikan lingkungannya sebagai rumah dinas selama menjabat. Bangunan kediaman ini luas dan memiliki pemandangan yang asri.

Sebelumnya area ini jarang terungkap oleh media karena melibatkan banyak privasi dari keluarga presiden. Namun sekarang, kamu dapat melihat adanya patung Minambul di sepanjang jalur hutan.

Selain itu, kamu juga dapat melihat bangunan utama yang dulu digunakan sebagai tempat tinggal dan beberapa bagian bagunan lainnya seperti paviliun untuk menyambut tamu serta mengadakan acara hingga sarangchae yang berfungsi sebagai ruang tamu juga taman.

Yeongbingwan dan Sugungteo

Selain itu, kamu juga dapat menjelajahi Yeongbingwan, bangunan modern tertua di area tersebut yang digunakan untuk mengadakan pertemuan besar maupun acara resmi seperti menerima tamu untuk kebutuhan diplomatik.

Di sekitar bangunan ini, kamu dapat menemukan situs Sugungteo atau tempat yang dulunya digunakan oleh para penjaga istana tinggal selama dinasti Joseon juga penanda bersejarah yaitu pohon besar tua yang berusia lebih dari 740 tahun.

Bangunan dan Taman Lainnya di Sekitar Cheong Wa Dae

Sumber: Google.com

Terakhir, kamu juga akan menemukan banyak taman di sekitar Cheong Wa Dae mulai dari Sangchunjae dengan kolam yang teduh dan indah, Nokjiwon yang penuh dengan pohon pinus payung berusia 170 tahun yang asli Korea.

Tak lupa kamu juga dapat mengunjungi Chimnyugak, paviliun yang terletak di antara Gerbang Chunchumun dan gedung kantor utama. Dulunya tempat ini digunakan oleh raja untuk tempat jamuan makan di taman belakang Istana.

Ada pula Chunchugwan yang digunakan sebagai tempat konferensi pers yang biasanya digunakan untuk pertemuan resmi dengan para jurnalis.

Saat kamu pergi ke Cheong Wa Dae di siang hari, pastikan untuk menggunakan kacamata hitam yang stylish seperti dari koleksi CARIN. Selain untukmencegah sinar UV, model kacamata CARIN juga akan membuat tiap fotomu jadi lebih keren saat berkeliling Cheong Wa Dae. Yuk cek promo lengkapnya di iStyle.id!

Comments

You must Register or Login to post a comment.