Lifestyle - 30 March 2024

Terkenal Enak dan Unik, Ini 5 Makanan Khas Jeju yang Wajib Dicoba!

Khansa Zhafira - 30 March 2024
Terkenal Enak dan Unik, Ini 5 Makanan Khas Jeju yang Wajib Dicoba!

Jeju selalu memiliki daya tarik khusus yang membuatnya selalu ramai dikunjungi para wisatawan tidak hanya domestik tapi juga mancanegara. 

Mulai dari udara, pemandangan alam, hingga budaya yang dimilikinya inilah yang berperan besar dalam membuat nama Jeju semakin terangkat di mata global. 

Namun di luar segala hal tersebut, makanan khas Jeju juga menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini menjadi sering dirindukan banyak orang. 

Jika Teman iStyle berkesempatan untuk berlibur ke kota Jeju, maka ada beberapa makanan khas di sana yang wajib untuk kamu coba, beberapa diantaranya adalah:

Sumber: Google.com

Makarel Panggang

Bukan ke Jeju namanya jika tidak sempat mencoba seafood mereka yang terkenal berkualitas tinggi dan segar. Salah satu seafood yang layak kamu coba di Jeju adalah Makarel panggang.

Berbeda dengan makarel di tempat lain, ikan di perairan pesisir Jeju juga mengonsumsi rumput laut sehingga kualitas dagingnya lebih lembab, lembut dan berkualitas tinggi.

Makarel panggang di Jeju biasanya memiliki daging yang segar dan lembut dengan kulit keemasan yang crispy sehingga dapat menjadi pendamping sempurna saat makan nasi.

Sumber: Google.com

Bubur Abalone (Jeonbokjuk)

Abalone hampir tidak bisa terpisahkan juga dengan Jeju. Makanan laut ini banyak diminati karena teksturnya yang lembut sehingga di masa lalu hanya disajikan kepada bangsawan. 

Makanan ini biasanya disajikan secara segar dalam irisan tipis dan dicampur dengan bubur hangat sehingga memiliki citarasa yang sempurna.

Sumber: Google.com

Omegi-tteok (Omegi Rice Cake)

Berbeda dengan hotteok biasa, Omegi-tteok (오메기떡) merupakan kue beras khas Pulau Jeju yang hanya bisa kamu temukan di pulau ini. 

Ciri khas dari omegi yaitu adonannya yang dicampur dengan bubuk kacang dan kacang merah yang dihaluskan. Bahkan, mugwort juga terkadang ditambahkan ke adonan untuk mendapatkan warna dan rasa alami. 

Meskipun kue berasnya terlihat kasar dan kasar di luar, namun cemilan ini sangay nikmat dan kenyal dengan kenyal dengan perpaduan rasa kacang merah yang lembut, dan manis.

Jangan khawatir, Omegi-tteok bisa dengan mudah kamu temukan di di pasar tradisional atau toko souvenir di sekitar lokasi wisata Jeju.

Sumber: Google.com

Galchi Jorim

Sepintas Galchi Jorim tampak seperti hidangan iga, padahal itu adalah ikan potong pendek yang direbus dengan bumbu khas Jeju. Cita rasa Galchi Jorim banyak diminati karena memadukan rasa manis dan pedas yang luar biasa.

Makanan ini biasanya dihidangkan dengan potongan besar dan berbumbu pedas sebagai pelengkap nasi panas. Bahkan beberapa restoran sudah menyediakan Galchi Jorim rebus tanpa tulang sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi.

Sumber: Twitter @visitjeju_en

Momguk

Makanan khas Jeju terakhir yang tak boleh kamu lewatkan adalah Momguk. Hidangan ini merupakan sup gulfweed (alga) yang disebut dengan kaldu daging babi maupun sapi sehingga memiliki rasa yang gurih.

Dulunya gulfweed merupakan makanan yang biasa dikonsumsi oleh para haenyeo, wanita penyelam jeju, setelah mereka kembali ke darat untuk menghangatkan tubuh.

Selain itu, pulau ini juga mempunyai tradisi memasak daging babi atau sapi untuk setiap acara keluarga dan desa, sehingga momguk secara alami menjadi hidangan perjamuan.

Kaldu dari daging babi atau sapi ini menghasilkan rasa yang mendalam sedangkan tambahan gulfweed mampu membantu menghilangkan rasa berminyak sehingga rasanya jadi sangat unik.

Demikianlah 5 makanan khas Jeju yang hanya ada di pulau ini dan layak untuk kamu coba. Jangan lupa, saat ke Jeju pastikan untuk menggunakan tas yang stylish dan gaya dari Marhen J supaya foto-foto selama berlibur jadi makin kece. 

Berbagai tas Marhen J untuk berlibur ke Jeju ini sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah hanya di iStyle.id loh! Yuk cek produknya sekarang!

Comments

You must Register or Login to post a comment.