K-Pop Zone - 07 December 2023

5 Idol yang Meninggalkan SM Entertainment di Tahun 2023

Siti Fatimah - 07 December 2023
5 Idol yang Meninggalkan SM Entertainment di Tahun 2023

Bukan hal baru dan mengejutkan bahwa ditahun 2023 ini ada banyak sekali kabar bahwa artis dibawah naungan agensi SM Entertainment memiliih untuk ngga memperpanjang kontrak mereka dengan alasan pindah maupun memiliih untuk mendirikan agensi mereka sendiri. 

Dilansir dari koreaboo.com keputusan ini telah menghindarkan para penggemar dari sakit hati karena pembubaran total, namun tetap menandai era baru bagi karier individu para idola ini.

Baca juga: Mantan CEO SM Entertainment Han Se Min Merilis TITAN CONTENTS Berbasis di AS

do kyungsoo

Sumber foto: instagram @d.o.hkyungsoo

1. D.O - EXO

Kabar keluarnya D.O. alias Kyungsoo dari SM Entertainment mengejutkan banyak orang. Pada 18 Oktober, SM mengonfirmasi bahwa kontrak eksklusif D.O. akan berakhir pada awal November.

Setelah berdiskusi, disepakati bahwa D.O. akan melanjutkan keterlibatannya dengan EXO melalui SM, sementara aktivitas akting dan solonya akan dikelola oleh perusahaan barunya, yang dibentuk bekerja sama dengan mantan manajer SM.

sunny snsd

Sumber foto: instagram @515sunnyday

2. Sunny - SNSD

Pada tanggal 7 Agustus, Sunny melalui Instagram membagikan keputusannya kepada para penggemar. Berkaca pada perjalanannya selama 16 tahun bersama Girls’ Generation, dia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada SM Entertainment yang telah membina karirnya.

Sunny menyoroti kesiapannya untuk menjelajahi cakrawala baru dan meyakinkan para penggemar akan komitmennya yang ngga tergoyahkan terhadap persona “Energizer”-nya, dan berjanji untuk terus berbagi energi positif dalam usahanya di masa depan.

kyuhyun super junior

Sumber foto: instagram @gyuram88

3. Kyuhyun - Super Junior

SM Entertainment mengumumkan bahwa sementara Super Junior memperbarui kontrak mereka dengan perusahaan, Kyuhyun memilih untuk ngga memperbarui kontrak individu mereka.

Kyuhyun memilih untuk bergabung dengan Antenna, dengan alasan keinginannya untuk menantang dirinya sendiri dalam bermusik sambil mempertahankan perannya di Super Junior melalui kontrak terpisah. Dia meyakinkan penggemar di variety show bahwa transisi ini ngga akan berdampak signifikan pada aktivitas grupnya.

donghae super junior

Sumber foto: instagram @leedonghae

4. Dongahe - Super Junior

Donghae memilih untuk ngga melanjutkankontraknya dengan SM Entertainment dan memulai perjalanan baru dengan mendirikan ODE Entertainment bersama Eunhyuk. Mereka mengumumkan pembentukan perusahaan mereka pada tanggal 31 Agustus, dengan keduanya mengambil peran sebagai co-CEO. 

eunhyuk super junior

Sumber foto: instagram @be4eunhyuk

5. Eunhyuk - Super Junior

Menyusul dua member Super Junior lainnya, Eunhyuk juga ikut meninggalkan SM Entertainment dan bergabung dengan Donghae mendirikan ODE Entertainment.

Selain itu bergabung juga dengan mereka adalah Won Yong Sun, mantan manajer SM yang bekerja dekat dengan Super Junior.

Langkah ini menandai langkah signifikan bagi keduanya, yang menunjukkan kesiapan mereka untuk menangani aspek kreatif dan bisnis dalam karier mereka.

Baca juga:

Peringkat Pasar Saham Agensi BIG4 KPOP di Tahun 2023

Pendapatan Laba SM Entertainment Pada Q3 Pecahkan Rekor

Itulah para idol yang memilih untuk meninggalkan agensi SM Entertainment di tahun 2023.

Comments

You must Register or Login to post a comment.