K-Pop Zone - 22 November 2023

Bikin Jepang Terkesan, Benarkah Program Musik Korea Pakai AI Untuk Buat Fan-cam?

FX Prasetyo - 22 November 2023
Bikin Jepang Terkesan, Benarkah Program Musik Korea Pakai AI Untuk Buat Fan-cam?

Teman iStyle yang mengerti dan paham tentang Kpop ada yang tahu, biasanya setelah acara program musik  Korea berakhir yang selalu dicari penggemar apa sih? Yes, betul. para penggemar umumnya akan mencari fan-cam.

Fan-cam merupakan singkatan dari ‘camera-recorded video’, sebuah tren yang terkenal di kalangan penggemar idola Kpop. Biasanya siaran musik hanya berfokus pada grup dan mungkin gak menangkap anggota individu dengan baik.

Nah, dengan fan-cam, kita bisa melihat sorotan anggota tertentu secara khusus, sehingga memungkinkan para penggemar untuk melihat penampilan anggota favorit mereka secara lebih detail. Tetapi benarkah fan-cam acara musik Kpop dibuat pakai AI? Scroll terus untuk tahu jawabannya.

Baca juga: Rasakan Ragam Musik Korea yang Bercampur dengan Alur Latin Dalam Bermusik Kpop

program musik korea

Sumber: Google

Program Musik Korea Kini Pakai AI Untuk Menyediakan Fan-cam

Melihat perkembangan kemajuan teknologi dan budaya fan-cam atau kamera penggemar saat ini, alih-alih menggunakan fan-cam seperti yang biasa dilakukan di masa lalu, perusahaan penyiaran kini banyak yang menyediakan fan-cam.

Baru-baru ini, banyak media Jepang yang terkejut dengan teknologi baru yang dipakai dalam pembuatan kamera penggemar di acara musik Kpop. Dan secara khusus, siaran stasiun Jepang NHK pada 18 November menemukan fakta bahwa AI digunakan untuk membuat fan-cam di siaran musik Korea.

Khususnya, untuk “Music Bank”, teknologi AI bisa mengenali wajah setiap anggota dari komputer dan mengekstrak anggota tertentu dari keseluruhan video. Kemudian, pada saat berpindah ke anggota yang lain, target ekstraksi akan segera berubah, memungkinkan pembuatan beberapa fan-cam dari satu video penuh.

Setelah menyaksikan hal itu, orang-orang dalam siaran tersebut berulang kali mengagumi teknologi kamera dalam AI.

Sebuah video cuplikan dari program musik Korea juga mengungkapkan bahwa kamera AI secara akurat menangkap para anggota bahkan ketika mereka menampilkan koreografi yang intens selama pertunjukkan berlangsung.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa BLACKPINK Belum Pernah Muncul di Music Bank?

Diketahui bahwa “Music Bank” memproduksi lebih dari 10.000 video fan-cam setiap tahunnya menggunakan metode ini.

Sebagai tanggapan, penggemar Kpop di Jepang mengungkapkan reaksi seperti ini. “Seperti yang diharapkan, K-pop”, “Jadi teknologi sudah maju seperti ini….”, “Korea luar biasa…”, “Teknologi K-pop yang menakjubkan”, “Alangkah baiknya jika Jepang memperkenalkan hal ini juga”, dan “Saya penasaran dengan cara pembuatan fan-cam, dan ini sangat menarik.”

program musik korea

Sumber: Google

Penggemar Korea Ikut Terkejut

Gak hanya penggemar Kpop di Jepang saja yang terkejut, fans dari Korea sendiri juga ikut kaget dengan teknologi tersebut dengan meninggalkan komentar seperti ini.

“Aku gak tahu kalau itu diambil dengan AI”, “Pantas saja stabil tanpa guncangan”, “Kita perlu mengapresiasi teknologi Korea”, “Kupikir begitu. difilmkan oleh sutradara kamera”, “Ia mengenali wajah para anggota dan menemukan mereka”, dan “Budaya kamera penggemar telah berkembang seperti ini.”

Baca juga: 5 Kegiatan Seru yang Biasa Dilakukan Fans KPop Saat Berkunjung ke Seoul

Sementara itu, KBS telah mengembangkan prototipe VVERTIGO yang dilengkapi mesin AI pada tahun 2018. Dengan memanfaatkan teknologi ini, mereka memproduksi berbagai fan-cam untuk program musik Korea seperti “Music Bank” dan “Immortal Songs”.

Ingin tahu berita-berita terbaru tentang Korea, Kpop, hingga drama terbaru? Jangan ragu untuk berkunjung ke khub.istyle.id ya. Atau kalau mau belanja produk-produk asli Korea bisa langsung kepoin website iStyle.id.

Comments

You must Register or Login to post a comment.