Lifestyle - 12 September 2022

Resep Yakgwa, Camilan Kesukaan Jang Uk 'Alchemy of Souls'

Siti Fatimah - 12 September 2022
Resep Yakgwa, Camilan Kesukaan Jang Uk 'Alchemy of Souls'

Hai Teman iStyle! Ada yang lagi ngikutin serial drama Alchemy of Souls? Untuk Kamu yang ngikutin drama 'Alchemy of Souls' pasti udah nggak asing dengan Kakgwa. Kue kering khas negeri gingseng ini muncul di beberapa episode drama roman fantasi tvN.

Dalam drama Korea "Alchemy of Souls", yakgwa menjadi cemilan kesukaan Jang Uk. Jang Uk adalah seorang pemuda yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan orang lain dengan sihir. Ia sering memakan yakgwa untuk menambah energinya.

Yakgwa juga menjadi simbol cinta Jang Uk kepada Mu Deok. Mu Deok adalah seorang wanita yang jiwanya terperangkap dalam tubuh seorang budak. Jang Uk selalu membawa yakgwa untuk Mu Deok sebagai tanda cintanya. Tertarik untuk coba makan dan coba bikin Yakgwa dirumah? Yuk, simak artikel dibawah ini.

Baca juga: Cinta dan Dukungan Dalam Lightstick BTS "ARMY Bomb"

Sekilas Sejarah Yakgwa

Yakgwa adalah jenis kue tradisional khas Korea (hangwa) yang terbuat dari tepung gandum, madu, dan minyak wijen. Kue ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Yakgwa biasanya disajikan pada saat perayaan acara-acara penting dalam masyarakat Korea, seperti Tahun Baru Imlek, Chuseok, dan pernikahan.

Yakgwa telah ada sejak zaman Dinasti Goryeo (935-1397) dan tertulis dalam dokumen-dokumen kuno. Pada masa itu, yakgwa dianggap sebagai makanan istimewa dan digunakan oleh raja dalam upacara persembahan di kuil Buddha.

Pada zaman Dinasti Joseon (1392-1910), yakgwa menjadi lebih populer dan mulai dikonsumsi oleh masyarakat umum. Kue ini juga sering disajikan sebagai hadiah kepada orang lain.

Baca juga: 5 Fakta Gimbap, Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drama Korea

Yakgwa, Cemilan Tradisional Korea yang Manis dan Legit

Berikut adalah resep masakan yakgwa:

Bahan – Bahan : 

Bahan Sirup:

  • 125 ml sirup beras (jochung)
  • 350 gram madu
  • 10 cm jahe iris tipis  
  • 2 cup air

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu, garam, dan minyak wijen dalam wadah. Aduk rata dan tambahkan madu serta air sedikit demi sedikit. Terus aduk hingga jadi adonan yang kalis. Kalau terlalu kering, boleh tambahkan air.
  2. Setelah itu, bagi adonan menjadi dua bagian. Ambil setengahnya dan bentuk menjadi persegi panjang tipis sekitar setengah sentimeter. Gunakan cetakan bunga untuk mencetaknya, dan lubangi bagian atasnya dengan tusuk gigi.
  3. Saat menggoreng yakgwa, gunakan api rendah dulu. Setelah adonan mulai naik ke atas, naikkan sedikit api ke suhu medium sambil sesekali dibalik.
  4. Sementara yakgwa digoreng atau dipanggang, buat sirup dengan mencampur jochung, madu, dan air dalam panci. Panaskan dengan api sedang, lalu tambahkan jahe cincang. Matikan api setelah mendidih.
  5. Angkat yakgwa ketika sudah berubah menjadi warna coklat keemasan. Biarkan sedikit meniris, lalu celupkan ke dalam sirup madu.
  6. Biarkan selama 20 menit untuk meresapkan sirup gula. Kalau mau, taburi dengan kacang pinus cincang.
  7. Susun yakgwa dalam toples dan simpan di kulkas atau tempat yang sejuk.

Referensi: urbanasia.com

Baca juga: Kimmanbong: Makna dan Fakta Menarik Lightstick Red Velvet

Demikianlah informasi seputar resep Yagwa sendiri dirumah. Biar makin simple dan gak ribet, Teman iStyle bisa beli bahan-bahannya di Lotte Mart melalui iStyle.id karena langsung diantar ke rumah dan udah pasti aman. Selamat mencoba!

Comments

You must Register or Login to post a comment.