Fashion - 01 September 2021

Adidas Rivalry: Sneakers Klasik yang Hadir dengan Siluet Modern

FX Prasetyo - 01 September 2021
Adidas Rivalry: Sneakers Klasik yang Hadir dengan Siluet Modern

Adidas Rivalry telah menjadi klasik di kalangan penggemar sneakers selama bertahun-tahun. Sneakers ini diperkenalkan pada tahun 1980-an di lapangan basket.

Tampilan retro yang dimunculkan pada model Rivalry Low dan High, keduanya masih banyak disukai sampai sekarang.

Berikut ini iStyle akan membahas tentang sejarah kemunculan model Rivalry hingga revolusinya.

Baca juga: Tips Tampil Kece Pakai Sepatu Adidas Casual!

adidas rivalry

Sumber: Google

Awal Mula Kemunculan Adidas Rivalry

Siluet Rivalry dirilis pada tahun 1986 dalam versi rendah dan tinggi. Modelnya dirancang khusus untuk olahraga bola basket. Saat itu Adidas sudah jadi brand ternama di dunia lapangan basket.

Siluet seperti Superstar, Top Ten, dan Adidas Forum banyak dipuji oleh para pemain bola basket.

Gak lama setelah peluncuran Adidas Forum di tahun 1984, Adidas memperkenalkan siluet Rivalry. Untuk model sepatu Rivalry, Adidas bekerja sama dengan salah satu bintang bola basket, Patrick Ewing yang bermain untuk New York Knicks.

Pada saat itu, Ewing jadi salah satu franchise NBA terhebat sepanjang masa. Gak hanya itu, Ewing juga termasuk ke dalam ‘50 Pemain Terhebat dalam Sejarah NBA’.

Pada tahun 1986, Ewing dinobatkan sebagai ‘NBA Rookie of the Year’, yang dirayakan dengan koleksinya sendiri di Adidas. Model Rivalry Low untuk Ewing saat itu didesain oleh Jacques Chassaing.

Adidas mengontrak Ewing setelah lulus dari kuliahnya pada tahun 1985. Keputusan Adidas menjadikan Ewing role model untuk untuk Rivalry saat itu didasarkan atas performanya yang luar biasa.

Selain jadi pemain yang sangat dipuji dalam empat tahun di Universitas Georgetown hingga memenangkan kejuaraan perguruan tinggi di tahun 1984, Ewing juga pernah memenangkan medali emas olimpiade pada tahun yang sama bersama Michael Jordan.

Baca juga: Revolusi Yeezy Boost 350, Salah Satu Sneakers Hebat Sepanjang Masa

adidas rivalry

Sumber: Google

Koleksi Adidas Patrick Ewing

Pada tahun 1986, Adidas meluncurkan koleksi Patrick Ewing, yang terdiri dari pakaian basket biasa dan dua model sepatu berbeda. Hal ini menunjukkan pentingnya Ewing bagi merek asal Jerman itu.

Dengan Ewing sebagai role model, mereka ingin melawan Nike dengan superstarnya Michael Jordan. Bersama Adidas, Ewing memiliki tiga koleksi sneakers, yaitu Adidas Conductor, Adidas Rivalry Low Top, dan High.

Adidas Conductor adalah sepatu performa yang dipakai Ewing untuk memainkan sebagian pertandingan NBA-nya selama tahun-tahun kontraknya dengan Adidas. Conductor adalah sepatu basket high-top premium yang punya harga eceran lebih tinggi $75 dibandingkan teknologi Adidas Rivalry yang berkualitas tinggi.

Ingin membuat lini sepatu Ewing tersedia bagi sebanyak mungkin penggemar bola basket dan Knicks, Adidas mengembangkan Rivalry. Dari segi desain, sangat mirip dengan Conductor, tetapi gak punya teknologi mahal yang dibutuhkan oleh pemain berkinerja tinggi di liga profesional seluruh dunia.

Sumber: Google

Jalur Warna Terinspirasi New York Knicks

Varian Rivalry High dan Low pertama dirilis dalam jalur warna yang terinspirasi dari New York Knicks. Tim bola basket, yang berbasis di New York itu dengan cepat jadi salah satu tim paling terkenal di dunia.

Siluet Rivalry diperkenalkan dalam warna seragam Knicks, yaitu biru, oranye, dan putih. Bagian upper yang terbuat dari kulit ini sebagian besar berwarna putih, dan lapisan di bagian jari kaki, kerah, tumit berwarna oranye dan biru. Logo terkenal Adidas Trefoil ditempatkan di lidah dan tumit.

Baca juga: Adidas vs Nike: Persaingan Dua “Sepatu Super”

adidas rivalry

Sumber: Google

Model Rivalry yang Kembali Rilis di Era Modern

Kini, sekitar 35 tahun kemudian, model Rivalry masih jadi sneakers yang terkenal. Tampilan siluetnya yang bersih dan bernuansa retro membuatnya mudah dipadukan dengan berbagai pakaian, dan tetap jadi model populer di luar lapangan basket.

Misalnya saja, seperti Rivalry Low White and Red. Sneakers ini hadir dalam balutan warna merah dan putih. Menampilkan kulit putih di bagian atasnya, sementara warna merah pada three stripes, tumit, liner, dan bagian midsole melengkapi tampilannya.

Sneakers Adidas Rivalry yang keren ini bisa dibeli di iStyle.id yang tersedia dalam berbagai warna, model low dan high. Dapatkan juga penawaran harga menarik di setiap pembeliannya.



Sumber:

Sneaker Jagers

Sneaker Files

Comments

You must Register or Login to post a comment.