Lifestyle - 25 August 2021

Melihat Dunia Melalui Buku: 7 Manfaat Membaca Buku

Siti Fatimah - 25 August 2021
Melihat Dunia Melalui Buku: 7 Manfaat Membaca Buku

Hai Teman iStyle? Apakah kamu suka baca buku? Kamu tau ga, menurut data, Indonesia memiliki tingkat minat baca yang relatif rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Data menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk Indonesia tidak memiliki kebiasaan membaca secara rutin. Padahal membaca memiliki banyak manfaat, loh!

Baca juga: Review buku The Little Prince karya Antoine de Saint-Exupery

Buku Sebagai Jendela Pengetahuan

1. Peningkatan Pengetahuan

Membaca buku membuka pintu kepada pengetahuan yang baru dan beragam. Setiap buku membawa informasi dan gagasan yang berbeda, memperkaya wawasan dan pemahaman kita tentang dunia.

2. Pengembangan Kosa Kata

Melalui membaca, kita terpapar pada berbagai kosakata dan ungkapan. Ini membantu memperkaya perbendaharaan kata kita dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif.

3. Peningkatan Kreativitas

Buku-buku fiksi dan imajinatif merangsang imajinasi dan kreativitas kita. Mereka membawa kita ke dunia-dunia baru yang memicu pikiran kreatif dan inovatif.

4. Peningkatan Konsentrasi dan Fokus

Aktivitas membaca melatih kemampuan konsentrasi dan fokus kita. Saat membaca, kita terbiasa untuk meresap dalam materi dan memproses informasi secara mendalam.

Baca juga: Review buku Madam and Eve (Women Portraying Women)

5. Pemulihan Stres

Membaca dapat menjadi bentuk pelarian yang baik dari stres dan tekanan sehari-hari. Meresapi cerita atau konten yang menarik dapat membantu kita merasa lebih rileks dan tenang. Rekomendasi buku Winners by Danielle Steel.
 

6. Peningkatan Empati

Membaca buku-buku dengan karakter-karakter yang beragam memungkinkan kita melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Ini membantu membangun kemampuan empati dan pemahaman terhadap pengalaman orang lain.

7. Pengembangan Pemikiran Kritis

Buku sering kali mempertanyakan ide-ide dan masalah-masalah kompleks. Membaca buku dengan sudut pandang yang berbeda-beda dapat membantu kita mengembangkan kemampuan pemikiran kritis dan analitis.

Membaca buku adalah kegiatan yang bermanfaat dalam banyak aspek kehidupan kita, membantu kita tumbuh dalam pengetahuan, keterampilan, dan wawasan pribadi.

Baca juga: Review buku Heart of the Sun Warrior karya Sue Lynn Tan

Demikianlah 7 manfaat dari membaca buku. Untuk Teman iStyle yang lagi cari referensi buku bacaan bisa mengunjungi Kinokuniya di iStyle.id. Banyak buku impor dan juga lokal. Kamu bisa membelinya secara online,dan kamu bisa dapetin gratis ongkir, loh!

Comments

You must Register or Login to post a comment.