Fashion - 10 August 2021

4 Cara Mengecek Sepatu New Balance Original dengan Mudah

FX Prasetyo - 10 August 2021
4 Cara Mengecek Sepatu New Balance Original dengan Mudah

Menurut banyak orang, sepatu New Balance nyaman dipakai. Namun, untuk mendapatkan kenyamanan itu, Teman iStyle harus tahu cara mengecek sepatu New Balance original.

Sepatu NB yang asli pastinya punya ketahanan aus yang tinggi, dan bantalan yang sangat baik. Segala kualitasnya itu membuat sepatu ini sangat populer untuk semua kalangan. Lalu bagaimana kualitas tersebut bisa didapatkan di sepatu palsunya?

Banyaknya permintaan menyebabkan membanjirnya barang palsu. Bagi mereka yang beli sepatu melalui internet, muncul pertanyaan bagaimana membedakan yang asli dan palsu? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Baca juga: Perhatikan dengan Baik, Ini Cara Membedakan Adidas Asli dan Palsu

Cara Mengecek Sepatu New Balance Original vs Fake

Desain yang terus diperbarui sangat populer di kalangan anak muda, dan kehadiran versi yang cukup murah memungkinkan hampir semua orang mendapatkan sepatu yang modis.

Namun, memiliki sepatu NB yang asli tentu akan memberi keuntungan lebih. Khususnya bagi para sneakerhead, punya sneakers original adalah sebuah keharusan.

Tentu ada banyak tanda yang menentukan keaslian dari brand asal Amerika ini. Perhatikan ini dengan baik!

cara mengecek sepatu new balance original

Sumber: Google

1. Tampilan New Balance

Untuk membedakan sepatu New Balance yang asli dan palsu bisa dibilang cukup sulit. Dari tampilan sepatunya, Teman iStyle bisa melihat beberapa tanda berikut:

  • Garis pada sepatu originalnya halus, sangat jelas dua hingga tiga kali lipat pada semua detail bagian atas.
  • Overlay plastik berwarna gak merata adalah sinyal barang palsu, ini harus hati-hati.
  • Pabrikan menggunakan bahan kualitas tinggi, seperti suede, kulit, tekstil jala yang dapat bernapas. Semuanya halus, nyaman saat disentuh dan punya warna yang rata.
  • Tali sepatu aslinya padat, dengan permukaan bertekstur, sehingga gak mudah tergelincir.
  • Sneakers yang asli mempertahankan bentuknya dengan sangat baik. Saat dikompresi silang, lipatan dalam di area latar belakangnya gak terbentuk, tetap bulat.

Baca juga: Bagaimana Membedakan Sepatu Celine Block Original dan Fake?

2. Insole dan Bagian Bawahnya

Cara mengecek sepatu New Balance original bisa dilihat pada bagian solnya. Setiap sol sneakers NB yang asli terdapat logo, serta memiliki insole yang padat dan fleksibel, dengan perforasi berpola berkualitas tinggi, yang akan terlihat jelas di bawah cahaya. Sedangkan yang palsu insole-nya tipis dan keras.

Lalu bagian dalam sneakers terdapat kain yang sangat lembut dan nyaman saat disentuh. Detail di bawah insole-nya dijahit dengan baik dan mulus. Sementara yang palsu garis jahitannya gak rapi, bengkok, dan benang yang menonjol.

cara mengecek sepatu new balance original

Sumber: Google

3. Outsole

Outsole sepatu branded yang asli sangat memperhatikan kenyamanan, daya tahan, perlindungan ligamen dan sambungan di bawah tekanan yang bergantung pada teknologi yang dipakai oleh pabrikannya.

Pada lapisan karet yang kuat dan berkualitas tinggi, tonjolan tapak yang dalam dibuat di bagian bawah. Hal ini untuk mencegah tergelincir pada permukaan yang basah.

Para produsen sepatu palsu biasanya mengulangi pola sol dengan cukup akurat, tetapi logo resmi NB di bagian datar di bawah tumit sangat jarang ditemukan pada tiruannya.

Selain itu, detail kecil di dekat logo memberikan jawaban yang bagus. Saat mengecek sol bagian atas, Teman iStyle bisa melihat dan menentukan dengan menyentuh batas antara lapisan peredam kejutnya. Meski gak selalu disorot dalam warna, tetapi itu terlihat.

Kalau salah satu lapisan diwarnai, maka gak boleh ada goresan di atasnya. Lapisan penyerap guncangan bagian bawah terbuat dari polimer EVA elastis. Cukup lembut sehingga terasa saat ditekuk.

Sol sepatu palsu terbuat dari bahan keras yang murah, dan kekakuannya dapat dengan mudah diperiksa dengan sedikit menekuk sepatunya.

Contoh sol sepatu yang asli bisa dilihat pada gambar di atas untuk model New Balance 574, 998, 577, yang sudah ditandai dengan ENCAP.

cara mengecek sepatu new balance original

Sumber: Google

4. Logo

Pabrikan tentunya sudah punya cara untuk melindungi nama merek dari pemalsuan, diantaranya adalah:

  • Setiap sneakers NB punya simbol kulit N yang menempel di kedua sisinya. Geometri hurufnya jelas dan presisi, dan benangnya benar-benar berwarna sama dengan bahannya.
  • Latar belakangnya juga terdapat logo secara jelas yang kontras dengan warna utamanya.
  • Sebutan nama merek lainnya ada di bagian luar tab di atas nama model.

Sepatu yang palsu biasanya membuat kesalahan pada penerapan logo, yang mungkin karena ada distorsi bentuk atau kesalahan cetak.

Baca juga: Akhirnya Sepatu New Balance Punya Pesaing Untuk Nike AF1

Lalu di bagian dalam tab sepatu asli terdapat label yang rapi, dan pasti ada nama modelnya. Bagian ini juga berisi informasi lain, yaitu:

  • Ukuran dalam sistem Amerika, Inggris, Eropa, dan terkadang bahkan dalam bahasa Jepang.
  • Pada baris ketiga terdapat barcode yang harus sesuai dengan yang tertera pada label kotak sepatunya.
  • Baris kelima berisi nomor produk yang unik, sementara bagian sisi kanan dan kiri punya nomor yang berbeda.
  • Tanggal pembuatan sepatu harus ada.
  • Menunjukkan negara pembuatnya, bisa China atau Vietnam. Perusahaan menempatkan sebagian besar produksinya hingga 80% di negara-negara Asia. Namun, kualitasnya gak berbeda dengan produk Amerika dan Inggris.

Kemudian lidah sepatunya sendiri lembut, enak disentuh, lebar, dan cukup tebal untuk melindungi kaki dari kelembapan serta tiupan di sisi tali pengikat.

Itulah beberapa cara mengecek sepatu New Balance original. Bagi mereka yang gak terbiasa mungkin akan terasa sulit membedakan. Oleh karena itu, kalau mau beli sneakers NB secara online langsung saja kunjungi situs iStyle.id karena sudah pasti kualitas dan keasliannya terjamin.

Sumber:

Step Adrom

Comments

You must Register or Login to post a comment.