K-Pop Zone - 04 July 2023

Keren Abis! Ini Deretan Idol yang Dapat Penghargaan Akting di Baeksang Arts Awards

Dina Pangestu - 04 July 2023
Keren Abis! Ini Deretan Idol yang Dapat Penghargaan Akting di Baeksang Arts Awards

Gak dipungkiri, industri hiburan Korea memang terkenal banyak melahirkan para bintang multitalenta yang gak cuma mahir dalam bernyanyi dan menari, tapi juga berakting. Selama bertahun-tahun, idol yang beralih menjadi aktor dan aktris sudah meninggalkan pengaruh yang berkesan di industri ini dengan kemampuan mereka yang luar biasa.

Berkat kemampuannya itu, para idol bahkan ada yang berhasil menggaet penghargaan paling bergengsi Korea Selatan Baeksang Arts Awards, lho. Nah, kira-kira siapa saja ya idol yang raih penghargaan bergengsi tersebut? Simak di bawah, ya.

Sumber foto: Instagram (yoona__lim)

1. YoonA

Siapa yang gak kenal dengan YoonA? Idol cantik ini mengawali debut sebagai anggota girl group Girls Generation pada 2007 silam. Selain kariernya yang moncer sebagai seorang idol, YoonA juga beralih menjadi seorang aktris.

Baca Juga: Profil dan Biodata Member Grup KPop Rocket Punch

Pada tahun 2008, YoonA dapat peran utama perdananya dalam drakor 'You Are My Destiny' dengan karakter Jang Sae Byuk di mana dirinya dapat pengakuan yang luas dengan rating penonton mencapai 41,5 persen. Puncaknya, YoonA meraih penghargaan Best New Actress dari 45th Baeksang Arts Awards, lho.

Idol dengan nama asli Im Yoon Ah ini juga menerima penghargaan Most Popular Actress (Television) Award untuk drama 'You Are My Destiny' dan 'Cinderella Man', Most Popular Actress (Film) Award untuk film 'Confidential Assignment' di Baeksang Arts Awards.

Sumber foto: Instagram (le2jh)

2. Lee Junho

Junho, yang dikenal oleh para penggemar sebagai seorang aktor yang sangat baik, awalnya debut sebagai anggota boyband 2PM. Dirinya sukses menjadi penyanyi, penulis lagu, penari, dan komposer. Usai debut sebagai aktor pada 2013 silam dalam film Korea ‘Cold Eyes’, ia akhirnya aktif sebagai seorang aktor.

Junho merupakan idol-aktor pertama yang memenangkan Best Actor di Korea PD Awards tahun 2022, Top Excellence Award, Actor in a Miniseries di Apan Star Awards, dan idol-aktor pertama yang memenangkan Grand Prize (Daesang) untuk Actor of the Year di Asia Artist Awards tahun 2022.

Baca Juga: ATTRAKT Ungkap Percakapan Warner Music Korea Mencoba Merebut FIFTY FIFTY

Selain penghargaan-penghargaan tersebut, Junho juga memenangkan Best Actor for Television di 58th Baeksang Arts Awards sebagai pengakuan atas penampilannya yang memukau sebagai Raja Jeongjo dalam drakor ‘The Red Sleeve’.

Sumber foto: Soompi

3. Park Jinyoung

Mulanya, Jinyoung berusaha jadi seorang idol dan mengikuti audisi untuk JYP Entertainment. Ia dapat posisi pertama dalam audisi terbuka dengan lebih dari 10.000 peserta pada 2009, bersama dengan rekan sesama peserta dan anggota band masa depannya, Jay B.

Pada akhirnya, Jinyoung dan Jay B debut sebagai duo bernama JJ Project pada 2012. Lalu pada 2014, Jinyoung juga debut sebagai vokalis boy group GOT7.

Di samping jadi idol yang bertalenta, Jinyoung mencoba peruntungan di dunia seni peran. Ia pertama kali debut sebagai aktor dalam peran Jung Ui Bong di drama ‘Dream High 2’. Dengan berjalannya waktu, ia dapat penghargaan Best New Actor (Film) Award atas perannya di film ‘A Christmas Carol’ dalam 59th Baeksang Arts Awards.

Sumber foto: Soompi

4. Bae Suzy

Suzy melakukan audisi pertamanya untuk acara Mnet Superstar K, yang kemudian membuatnya menjadi trainee. Usai kurang dari setahun menjalani pelatihan, ia akhirnya jadi anggota girl group miss A.

Tapi dirinya gak cuma aktif sebagai seorang idola aja nih, Suzy juga melakukan debut aktingnya dalam drama ‘Dream High’. Suzy akhirnya melakukan debut dalam film ‘Architecture 101’ dan berhasil mencuri hati banyak penonton Korea, sampai-sampai ia diakui sebagai The Nation's First Love, lho.

Baca Juga: Kep1er dan Kartun Tayo Kolaborasi, Siap Rilis ‘RESCUE TAYO’

Usai debut filmnya yang sukses, Suzy meraih Penghargaan Best New Actress Award di Baeksang Arts Awards ke-48 dan Most Popular Actress (Film) Award untuk ‘The Sound of a Flower’ dan Most Popular Actress (Television) Award untuk ‘While You Were Sleeping’.

Sumber foto: Soompi

5. T.O.P

Terakhir, ada rapper utama boy band Big Bang, T.O.P nih. Ia pertama kali tampil sebagai rapper underground sebelum resmi debut sebagai idol pada 2006 dan terus berkembang sebagai anggota salah satu grup terlaris sepanjang masa di Asia.

Diketahui, ia menjadi anggota Big Bang pertama lho yang mencoba peruntungan dalam dunia seni peran yang debut dalam drama ‘I Am Sam’. Usai membawakan berbagai peran, T.O.P akhirnya jadi bagian dari pemeran penuh bintang dalam film drama perang Korea Selatan tahun 2010 ‘71: Into the Fire’, di mana penampilannya itu dapat pujian.

Film tersebut juga dapat sambutan positif dari kritikus dan ia memenangkan beberapa penghargaan Best New Actor, termasuk di antaranya penghargaan bergengsi 47th Baeksang Arts Awards.

Comments

You must Register or Login to post a comment.