Fashion - 06 October 2023

Bagaimana Kacamata Gentle Monster Korea Bisa Dikenal Secara Global?

FX Prasetyo - 06 October 2023
Bagaimana Kacamata Gentle Monster Korea Bisa Dikenal Secara Global?

Kacamata Gentle Monster ada dimana-mana. Bisa dibilang sebagai merek mewah terbesar yang diluncurkan perusahaan kacamata Korea ini punya omset ratusan juta dolar setiap tahun.

Merek ini telah mendapatkan status kultus dan Teman iStyle mungkin mengenali nama uniknya atau mengingat selebriti papan atas yang pakai kacamata hitam berukuran aneh di K-drama atau video musik.

Bagi Teman iStyle mungkin bertanya-tanya bagaimana sih sebuah brand kacamata Korea bisa sampai terkenal hingga kancah internasional? Untuk tahu jawabannya, simak ulasan berikut.

Baca juga: Fashionable Banget! Brand Gentle Monster Banyak Muncul di Drama Korea

kacamata gentle monster

Sumber: Google

Apa Itu Gentle Monster?

Gentle Monster didirikan di Seoul, Korea Selatan pada tahun 2011 oleh Hankook Kim. Ketika ditanya tentang nama mereka yang paradoks, Kim mengatakan 'Gentle' berarti desain yang sederhana dan dapat dikenakan secara seimbang dengan aspek sikap dan keunikan 'Monster'.

Selama dekade terakhir, merek ini telah menjadi pelopor “eksperimen” dan inovasi, yang terlihat baik dalam fitur unik dari kacamata itu sendiri maupun dalam desain interior setiap toko andalannya.

Apakah itu gradasi warna avant-garde, kacamata hitam berbentuk futuristik yang meniru kacamata ski, atau dihiasi dengan kristal warna-warni, Gentle Monster sunglasses pasti menonjol dari bingkai kacamata hitam pada umumnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Gentle Monster Original yang Jadi Favorit Artis Korea

kacamata gentle monster

Sumber: Google

Apa Keistimewaan Dari Kacamata Gentle Monster?

Namun, merek ini gak selalu masuk dalam radar mode, dan dimulai dengan misi yang agak sederhana. Untuk dapat memenuhi standar kecantikan Asia yang menekankan kepala dan wajah kecil, Kim membuat kacamata hitam besar yang dapat menciptakan ilusi wajah lebih kecil.

Sebagian besar desain kacamata merek tersebut sebelumnya memiliki fitur yang sama, berukuran besar dengan bingkai tebal untuk menutupi sebagian besar wajah.

Daripada meniru desain kacamata hitam Barat, Kim membayangkan estetika yang berbeda dan lebih khas Asia. “Di sini, memiliki wajah kecil adalah pujian terbesar,” kata Kim. “Gak ada pesaing untuk kacamata berukuran besar, yang membuat kepala terlihat lebih kecil.” Kacamata ini juga lebih cocok untuk wajah orang Asia yang cenderung memiliki batang hidung lebih rendah.

Misalnya seperti Gentle Monster Sunglasses Plot 01 Black. Ini adalah kacamata yang menampilkan bingkai hitam sederhana dan siluet persegi, lekukan elegan yang membentuk bagian atas bingkai sehingga menonjolkan garis murninya.

Baca juga: 7 Brand Korea yang Menarik Perhatian di Tahun 2023, Teman iStyle Harus Tahu!

kacamata gentle monster

Sumber: Google

Kolaborasi Kreatif dan Desain Eksperimental

Sejak kesuksesan produk-produknya yang gak lekang oleh waktu, merek ini telah berkembang dengan desain yang lebih kreatif dan funky. Kolaborasi penting dalam beberapa tahun terakhir termasuk rumah mode ternama seperti Fendi, Alexander Wang, Marine Serre, Ambush, Coperni, Moncler, dan yang terbaru Maison Margiela.

Kacamata Gentle Monster juga menjadi populer melalui kolaborasi dengan selebriti papan atas seperti Jennie BLACKPINK, DJ Diplo, penyanyi Tiongkok Cai Xukun (atau Kun), dan bahkan kerajaan video game online World of Warcraft.

Setiap koleksi terlihat sangat asing satu sama lain, karena inspirasi dan arahan kreatif dari berbagai kolaborasi menghasilkan desain yang sangat berbeda. Selain kolaborasi, pertumbuhan brand Gentle Monster juga dapat dikaitkan dengan popularitasnya di kalangan bintang pop pada umumnya, dengan selebriti seperti Billie Eilish, Beyonce, dan Rihanna secara terbuka meningkatkan merek tersebut.

Kekuatan dan pengaruh selebriti tentunya merupakan faktor dalam meningkatkan popularitas merek kacamata Korea ini yang sangat besar dan investasi sebesar $60 juta oleh LVMH pada tahun 2017 telah membantu mendorong pertumbuhan.

Namun komitmen Kim untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang eksklusif dan unik telah terbukti menjadi taktik pemasaran yang cerdik dan telah menarik jutaan orang ke toko mereka dengan kebutuhan sangat besar untuk mengambil foto interior yang aneh dan mengunggahnya ke media sosial.

Kalau Teman iStyle ingin terlihat lebih keren dengan kacamata seperti Jennie BLACKPINK, bisa banget pakai Gentle Monster sunglasses. Belinya langsung aja di iStyle karena ada banyak model kacamata yang keren-keren asli produk Korea.

Selain itu, ada penawaran harga yang menarik loh di Amazing Fashion Anniversale untuk menyambut ulang tahun iStyle. So, sudah pasti akan ada banyak promo dan voucher hingga ratusan ribu yang bisa didapatkan dan berkesempatan mendapatkan produk-produk premium dengan harga hanya Rp10K aja loh.

Yuk, langsung cek website iStyle sekarang juga atau bisa juga lewat aplikasi iStyle.



Sumber:

Best of Korea

Comments

You must Register or Login to post a comment.