K-Pop Zone - 20 September 2023

New K-Popers Wajib Tahu, Ini 7 Arti Posisi Dalam K-Pop Group

Neng Osa Nurohmah - 20 September 2023
New K-Popers Wajib Tahu, Ini 7 Arti Posisi Dalam K-Pop Group

Dalam sebuah grup K-Pop biasanya terdapat posisi-posisi yang ditempati oleh para anggota. Misalnya saja seperti leader, main vocalist, visual, dll. 

Para penggemar yang sudah lama menggemari K-Pop tentu sudah gak asing dengan istilah tersebut. Namun, saat ini K-Pop telah makin mendunia sehingga semakin banyak penggemar baru.

Agak berbeda dengan industri musik lain, penggemar baru K-Pop mungkin awalnya akan sedikit bingung dengan posisi yang terdapat dalam grup. Apa saja sih posisi yang terdapat dalam K-Pop group? Yuk cari tahu, di bawah ini 12 arti posisi dalam K-Pop group.

Baca juga: Apa Saja Isi Album K-Pop? Ini yang Akan Kamu Dapatkan Saat Beli Album K-Pop

Leader

Teman iStyle pasti akan menemukan sebagian besar grup K-Pop memiliki seorang leader dalam grupnya. Leader bertugas untuk menjaga para anggota dan mewakili grup saat harus berpidato atau berbicara di depan publik. 

Leader biasanya merupakan anggota tertua atau anggota dengan masa pelatihan paling lama. Bisa juga member paling multitalenta atau siapapun tergantung kesepakatan bersama.

Vocal Line

Vocal line dibagi ke dalam tiga bagian yaitu main vocalist, lead vocalist, dan sub vocalist. 

Posisi main vocalist atau vokalis utama biasanya diserahkan kepada anggota yang memiliki teknik vokal sangat baik. Hal ini membuat main vocalist mendapat bagian lagu paling sulit. Posisi ini juga sering mendukung lead vocalist pada saat chorus. 

Di urutan kedua dalam vocal line adalah lead vocalist. Dalam sebuah lagu, lead vocalist biasanya menyanyi lebih dulu dibanding main vocalist. Jika mendapat bagian chorus, lead vocalist akan mendapat dukungan vokal dari vokalis utama.

Terakhir ada posisi sub vokalis, suara sub vokalis biasanya akan mendukung main vocalist dan lead vocalist. Meski hanya mendapat bagian paling sedikit, namun posisi sub vokalis sangat penting untuk membuat lagu semakin enak didengar.

Baca juga: Jenis-jenis Album K-Pop, K-Popers Kalian Harus Tahu

Rap Line

Sama seperti vokalis, rapper juga terbagi ke dalam 3 posisi yaitu main rapper, lead rapper, dan sub rapper

Hampir sama dengan main vocalist, posisi main rapper juga biasanya diserahkan kepada anggota paling cakap dalam hal rap. Main rapper juga cenderung mendapat bagian rap paling banyak.

Posisi kedua dalam rap line tentu saja diduduki oleh lead rapper. Posisi ini biasanya mendapat bagian lebih sedikit dibanding main rapper. Kadang lead rapper juga melakukan rap  bersama main rapper untuk bagian lain. 

Posisi selanjutnya adalah sub rapper yang juga memiliki peran untuk mendukung main rapper dan lead rapper.

Dancer Line

Dancer line biasanya hanya terbagi ke dalam dua posisi yaitu main dancer dan lead dancer

Posisi main dancer atau penari utama akan diserahkan pada anggota yang memiliki keterampilan menari paling unggul. Dalam sebuah lagu, main dancer biasanya akan mendapatkan bagian solo untuk menunjukkan keterampilan menarinya.

Mirip seperti lead vocalist dan lead rapper, posisi lead dancer juga berada di bawah main dancer. Namun, lead dancer biasanya sering berada di depan dalam formasi grup selama penampilan berlangsung.

Baca juga: 5 Photocard Idol Kpop Termahal, Ada yang Sampai Puluhan Juta!

Visual

Selain kemampuan menyanyi, rap, dan menari yang menjadi daya tarik dalam grup K-Pop, daya tarik dari segi fisik juga biasanya penting dalam sebuah grup.

Ada sebuah posisi bernama visual yang biasanya akan diberikan pada anggota yang tampan atau cantik berdasarkan standar kecantikan Korea. Anggota visual juga biasanya akan ditempatkan di tengah saat foto grup untuk menarik perhatian.

FOTG (Face of The Group)

FOTG atau Face of The Group seringkali disalahpahami sebagai visual. Meskipun memiliki tugas yang mirip, namun keduanya memiliki perbedaan. Face of The group akan bertugas untuk merepresentasikan grup tersebut. Posisi FOTG juga bisa dipengaruhi oleh kepopuleran member bersangkutan, dll.

Maknae

Maknae adalah anggota termuda dalam sebuah grup K-Pop. Karena paling muda, biasanya maknae akan mendapat perhatian lebih dari para anggota lain yang lebih tua. Image maknae pada umumnya imut dan menggemaskan. Namun, ada juga memiliki image yang sesuai dengan konsep grup.

Itulah 12 arti posisi dalam K-Pop group. Teman iStyle yang ingin mendukung idol kalian bisa dengan cara mendengarkan musik-musik mereka dan mengoleksi merchandisenya yang bisa kalian dapatkan di iStyle.id.

Comments

You must Register or Login to post a comment.