Fashion - 23 August 2021

Apa yang Membuat Kolaborasi COMME des GARCONS Begitu Dihebohkan?

FX Prasetyo - 23 August 2021
Apa yang Membuat Kolaborasi COMME des GARCONS Begitu Dihebohkan?

Dalam beberapa tahun terakhir, permainan sneakers menjadi terlalu jenuh dengan kolaborasi yang gak terhitung jumlahnya. Salah satu kolaborasi yang banyak jadi perbincangan adalah COMME des GARCONS.

Label fashion Jepang tersebut atau lebih dikenal juga sebagai CdG merupakan label yang gak menunjukkan tanda-tanda akan meninggalkan posisinya yang sudah lama berdiri di garis depan untuk mode dan alas kaki.

Lalu, apa yang membuat kolaborasi CdG begitu populer bahkan setelah bertahun-tahun? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: 4 Cara Mudah Cari Tahu Sepatu New Balance Original

comme des garcons

Sumber: Google

Alasan Kolaborasi COMME des GARCONS Tetap Populer?

Pada tahun 2015, komunitas streetwear menyukai kolaborasi COMME des GARCONS Play x Converse Chuck Taylor 70s. Ini adalah sneakers kanvas high-top yang dicirikan oleh logo hati ikonik merek tersebut, yang mengintip dengan matanya di sisi samping.

Namun, sebelum menjadi bahan pokok jalanan seperti yang kita kenal sekarang, kolaborasi asli dari tahun 2009 adalah pasangan yang membuka jalan bagi semua versi CdG x Converse berikutnya.

Gak ketinggalan logo hati yang khas juga menghiasi berbagai macam basic apparel, seperti T-shirt dan hoodies berwarna polos, menjadikannya sebagai item utama di lemari pakaian.

Sementara desain Converse Chuck Taylor berfokus pada estetika gaya hidup serbaguna, kemitraan berkelanjutan CdG dengan tim Nike mengambil tujuan untuk menghidupkan kembali arsip siluet Nike Air.

Mengambil sneakers Nike Air Max Sunder cross training yang dirilis tahun 1999 diperkenalkan kembali dalam tiga varian warna monokromatik dan terlihat menarik di komunitas gorpcore dalam beberapa minggu terakhir.

Baca juga: Jadi Inspirasi, Intip Mix and Match Sepatu Converse ala Idol K-Pop!

comme des garcons

Sumber: Google

Turut Mendorong Label Anak Perusahaannya

Selain itu, merek asal Jepang yang berbasis di Paris ini gak pernah gagal untuk mendorong label anak perusahaannya menjadi sorotan. CdG menghubungkan eYe JUNYA WATANABE MAN kelahiran tahun 2005 dengan cepat jadi favorit komunitas, seperti New Balance.

Mereka menghadirkan produk kasual yang diidam-idamkan seperti New Balance 574 legacy.

Di atas semua itu, gak dapat disangkal bahwa para sneakerhead juga menyukai punya sneakers edisi terbatas, terutama rilisan eksklusif Jepang, yang terkadang sulit sangat sulit didapat.

Banyak yang melihat kolaborasi sneakers Jepang ini sebagai karya kolektor yang berharga, menumbuhkan minat permintaan yang lebih tinggi bahkan di pasar sekunder sekalipun.

Baca juga: Mengenal Apa Itu KAWS dan Pilihan Produk Terbaiknya

comme des garcons

Sumber: Google

Gak Cuma Lini Sneakers

Kolaborasi CdG juga gak hanya terjadi di lini sneakers saja. Sebagai merek yang mengedepankan mode, mereka juga merilis produk t-shirt yang bermitra dengan beberapa merek lain seperti The North Face.

CdG dan The North Face pertama kali bekerja sama pada tahun 2020, yang memperkenalkan gaya baru pada lini Comme’s Play. Mereka merilis basic hoodie, dress shirt, dan t-shirt sebagai bagian dari kolaborasi.

Masing-masing bagian menampilkan motif hati di bawah logo North Face. Duo ini kemudian merilis pakaian tambahan untuk koleksi “Play Together” setahun kemudian.

Comme Des Garcons Play x The North Face T-shirt adalah salah satu produk terbaik yang dihasilkan duo ini. Kaos berbahan katun yang didesain kasual dengan round neckline dan detail embroidery di bagian dada sehingga nyaman dipakai.

Jadi, CdG adalah salah satu merek yang akan tetap penting bagi dunia mode dan sneakers selama bertahun-tahun mendatang.

Kalau tertarik dengan produk-produk dari CdG, iStyle.id menyediakan banyak varian produk dari merek Jepang tersebut termasuk kolaborasinya dengan North Face, Nike, hingga Invader.



Sumber:

The Sole Supplier

Robb Report

Comments

You must Register or Login to post a comment.