Membawa K-Pop dalam musik Latin, HYBE Latin America, yang berbasis di Meksiko menjadi pintu gerbang baru untuk para musisi dan artisnya melebarkan sayapnya ke dunia musik Latin serta menjadi celah baru untuk berkembang menjadi musisi. Pendekatan komprehensif ini mencakup manajemen artis serta identifikasi dan pengembangan artis pendatang baru, sebagaimana diuraikan dalam siaran pers HYBE.
HYBE telah berhasil mengakuisisi Exile Music, divisi musik dari studio terkenal berbahasa Spanyol Exile Content. Meskipun rincian keuangan spesifik dari kesepakatan tersebut masih dirahasiakan, HYBE menekankan bahwa akuisisi ini merupakan manuver strategis untuk mempercepat ekspansinya di pasar musik Latin. Exile Music menawarkan berbagai portofolio yang mencakup rekaman, penerbitan musik, manajemen artis, dan perencanaan konser.
Baca juga:
Ragam Musik Korea: Rasakan Alur Latin Dalam Bermusik di Korea
Setelah 4 Tahun Konflik, Akhirnya MBC dan HYBE Damai
Isaac Lee, pendiri Exile Content, akan mengambil peran sebagai Ketua Dewan di HYBE Latin America, menambah banyak pengalaman dalam usaha tersebut. Latar belakang Lee yang menonjol termasuk menjabat sebagai Chief Content Officer di TelevisaUnivision, operator saluran TV konten berbahasa Spanyol terbesar di dunia. Rekam jejaknya juga mencakup produksi film dan dokumenter yang ditampilkan di platform seperti Netflix dan Amazon Prime Video.
Mengenai konteks ini, HYBE menyoroti pertumbuhan kuat pasar musik Amerika Latin, yang mengalami peningkatan nilai luar biasa sebesar 26,4% hingga mencapai 1,3 miliar USD pada tahun 2022, sangat kontras dengan pertumbuhan pasar musik global sebesar 9% pada periode yang sama.
Baca juga: Untung Besar! HYBE Melaporkan Hasil Keuangan di Kuartal Pertama 2023
Pentingnya strategis musik Latin terlihat dari popularitasnya di Amerika Serikat, di mana sekitar 20% penduduknya berbicara bahasa Spanyol. Hubungan linguistik ini telah menghasilkan kesuksesan besar di tangga lagu utama Billboard Hot 100, di mana lebih dari separuh dari 35 lagu non-Inggris yang mencapai 10 besar berbahasa Spanyol. Peralihan ke pasar musik Latin menempatkan Hybe di garis depan industri yang dinamis dan berkembang pesat, selaras dengan komitmennya terhadap inovasi dan pengaruh musik global.
HYBE sendiri berhasil membawa K-Pop diterima di Amerika melalui BTS, SEVENTEEN dan NewJeans untuk saat ini. Peluang ini diharapkan akan membantu para artisnya berkembang menjadi musisi yang memiliki pengalaman bermusik lebih baik dan mengenalkan K-Pop ke jenjang yang lebih global.
Comments
You must Register or Login to post a comment.