Fashion - 11 July 2021

5 Cara Merawat Sepatu Bahan Suede Tetap Awet

FX Prasetyo - 11 July 2021
5 Cara Merawat Sepatu Bahan Suede Tetap Awet

Merawat bahan kulit memang menyebalkan, apalagi kalau sepatu bahan suede. Sekalinya kena noda atau masuk kubangan lumpur, rasanya akan sulit dihilangkan.

Selain itu, ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat memakai dan menyimpan sepatu suede, seperti kelembaban, dan intensitas cahaya.

Buat Teman iStyle yang punya sepatu bahan suede tapi sering bingung cara merawatnya agar tetap awet, berikut ini ulasan lengkapnya.

Baca juga: Rekomendasi 6 Sneakers Klasik yang Bikin Penampilan Tetap Kece

Tips Membersihkan Sepatu Bahan Suede Tetap Awet

Bahan suede itu cantik dan jadi sepatu musim gugur yang sempurna tanpa terlihat terlalu bergaya. Apalagi sepatu ini jauh lebih mudah dipakai daripada bahan beludru.

Kalau Teman iStyle ingin sepatu suede tetap awet dan menjaga kualitasnya, harus memperhatikan kebersihan dengan merawatnya. Ini adalah cara membersihkannya dengan benar.

Sumber: Google

1. Pakai Semprotan Perlindungan Suede

Semprotan ini menjaga air gak masuk sampai ke dalam pori-pori kulit sepatu. Cara membersihkannya cukup menyemprotkan secukupnya, jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak malah akan merusak kualitas kulitnya.

Baca juga: Alasan PUMA Suede Salah Satu yang Terbaik Sepanjang Masa

Sumber: Google

2. Gunakan Sikat yang Lembut

Sepatu dengan bahan full suede perlu disikat untuk menghilangkan kotoran atau nodanya. Sebab, kotoran dan debu yang menempel pada bahan suede akan cenderung mengeras dan menimbulkan noda permanen pada permukaan sepatunya. Jadi, gunakan sikat dengan bulu yang lembut secara teratur.

merawat sepatu suede

Sumber: Google

3. Menyimpan Sepatu

Simpan sepatu Teman iStyle jauh dari sinar matahari karena bisa menyebabkan pemudaran pada warnanya. Idealnya, letakkan sepatu di tempat yang sejuk dan kering serta hindari menyimpannya di wadah kedap udara. Suede butuh udara, sehingga kalau Teman iStyle takut sepatu kesayangannya rusak karena menaruhnya dicampur dengan sepatu lain, maka lebih baik simpan di dalam sarung atau tas muslin.

blok suede

Sumber: Google

4. Pakai Blok Suede

Untuk noda yang lebih berat, coba pakai blok suede. Gunakan itu seperti penghapus dan gosok noda sampai hilang. Jika sepatu suede Teman iStyle terbuat dari kulit nubuck, bisa memilih amplas berbutir rendah untuk menggosok bagian yang kotor.

Baca juga: Sneakers Nike Murah dengan Tampilan Eksklusif, Selalu Sold Out!

sepatu bahan suede

Sumber: Google

5. Jangan Pakai Saat Kondisi Hujan atau Setelah Hujan

Kalau Teman iStyle sudah paham cara merawat sepatu suede, tetapi sebaiknya pakai sepatu tersebut di waktu-waktu tertentu saja. Sesering apapun sepatu itu dirawat, jika sering dipakai terutama dalam kondisi hujan tetap saja bahannya akan cepat terkikis. Jadi, alangkah baiknya dipakai di saat cuaca cerah saja.

Itulah cara merawat sepatu bahan suede dengan baik dan benar. Semahal apapun sepatu itu kalau gak dirawat tetap merusak tampilan dan kualitas bahannya.

Kalau Teman iStyle memang suka dengan sepatu suede, ada banyak pilihan di iStyle.id dari berbagai merek terkenal.

Sumber:

Lifestyle Asia

Comments

You must Register or Login to post a comment.