K-Entertainment - 10 March 2017

How to Edit My Everyday Photo

Admin - 10 March 2017
How to Edit My Everyday Photo

Kalau lihat instagram gue, pasti hal pertama yang banyak ditanyain adalah gimana caranya ngedit foto biar feed-nya rapi. Nah, gue mau share nih cara-caranya. Yang pertama dan hukumnya wajib adalah kalian harus download dulu dua aplikasi edit foto yang namanya Snapseed dan VSCO. Dua aplikasi ini udah sangat mendunia karena aplikasi ini free, praktis, mudah digunakan dan yang pasti hasil editing-nya nggak diragukan lagi. Yuk mulai!

1. Snapseed

Aplikasi ini bisa dipakai di laptop atau komputer kalian lho! Gue mengandalkan app ini untuk menyamakan warna background, menonjolkan warna wardrobe dan menghapus hal-hal yang mengganggu gambar. Tools yang digunakan adalah Brush dan Healing. Tujuannya, biar pas di-upload ke instagram, tone dari satu foto itu bisa kompakan sama semua. Warna dari pakaian yang ingin ditonjolkan lebih hidup dan yang pasti fotonya nggak keganggu dengan hal-hal yang nggak seharusnya ada di foto seperti sampah atau kotoran. Pertama, yang gue gunakan adalah Brush. Di dalam tool brush ada pilihan Dogde & Burn, Exposure, Temperature, dan Saturation yang bisa dimainin. Nah dari pilihan-pilihan tersebut, kita bisa warnain background dan OOTD-nya sesuai keinginan. Kalau gue biasanya brush dulu keseluruhan foto dengan menurunkan saturationnya ke -10, lalu tinggal erase bagian OOTD. Make sure, saat erase tersebut harus rapi dan detail. Kalian bisa zoom buat bantu erase bagian pinggir-pinggir OOTD. Kedua, adalah tool Healing untuk menghilangkan hal-hal yang mengganggu foto. Kadang spot foto kita terdapat banyak kotoran seperti sampah atau bercak di jalanan, which is sangat ganggu hasil foto. Nah, cara ngilangin itu gampang banget. Tinggal ke tool healing dan tap tap aja. Healing ini akan menghapus dan menyamakan warna dengan bagian sekitar yang dihilangkan. Kalau udah selesai, klik save biar fotonya tersimpan di memory card handphone.

2. VSCO Cam

Gue yakin banget nih pasti udah banyak orang yang akrab dan punya VSCO di smartphone-nya masing-masing! Kalau dipakai di iPad, kita bisa mengedit foto secara landscape. VSCO gue pakai untuk melakukan image correction. Ada beberapa efek nih yang gue selalu pakai, yaitu Contrast, Saturation, Sharpen, Crops dan juga Clarity. Dari hasil foto yang udah kita edit dengan Snapseed, kita akan pakai foto itu untuk diberi efek Contrast. Tujuannya untuk nambahin atau ngurangin efek kontras pada gambar yang punya warna terang dan gelap. Kemudian, go to saturation untuk membuat warna foto makin intens. Next up we have sharpen. Just like its name, tujuannya sharpen ini membuat beberapa spot di gambar biar terlihat makin tajam. Efek selanjutnya yang gue pakai adalah crop. Kalau yang ini kalian udah tahu ya untuk memotong bagian terluar foto yang tidak diperlukan. Last but not least cek clarity yang bisa membuat bagian ujung-ujung foto biar tambah defined. That’s all guys! Jadi, sekarang nggak perlu bingung lagi kan bikin feed instagram lebih rapi?

Comments

You must Register or Login to post a comment.