Beauty - 15 May 2021

Beberapa Alasan Kamu Harus Menambahkan Niacinamide ke Skincare Routine

Berlin Belladina - 15 May 2021
Beberapa Alasan Kamu Harus Menambahkan Niacinamide ke Skincare Routine

Teman iStyle pasti udah gak asing kan sama kandungan niacinamide yang suka ada di skincare. Niacinamide atau yang disebut nicotinamide adalah jenis vitamin B3 yang dapat larut dalam air yang bekerja dengan bahan alami untuk memberikan banyak manfaat pada kulit.

Selain bagus untuk kulit, vitamin B3 merupakan anggota vitamin B kompleks yang berperan penting untuk system pencernaan, serta kesehatan mental. Karena kepopularannya dan manfaat yang bagus bagi kesehatan kulit, saat ini semakin banyak kandungan niacinamide di beberapa skincare seperti serum, ataupun pelembap. Kira-kira apa aja sih manfaat dan kenapa harus ada di skincare routine? Berikut ulasannya Teman iStyle.

Meningkatkan Warna Kulit & Menghilangkan Noda Hitam

Kalau Teman iStyle memiliki bercak hitam, freckles, yang disebabkan oleh sinar matahari, maka Teman iStyle bisa mempertimbangkan untuk menggunakan skincare yang memiliki kandungan niacinamide. Nicinamide dipercaya dapat memblokir enzim yang memproduksi pigmentasi atau melanin dan memperbaiki warna kulit.

Manfaat niacinamide ini diyakini dapat terjadi karena adanya peningkatan produksi kolagen. Teman iStyle bisa menggunakan produk skincare mengandung niacinamide untuk menghilangkan bekas jerawat secara rutin.

Sumber foto: Freepik (pressfoto)

Melembabkan Kulit

Menurut Dr. Annie Gonzales, M.D dermatologist bersertifikat di Riverchase Dermatology Miami “Ketika digunakan bersamaan dengan bahan pelembab umum seperti glycerin, dan hyaluronic acid, dapat meningkatkan kemampuan menghidrasi produk”.

Fungsi niacinamide untuk wajah ini bisa dirasakan oleh semua jenis kulit. Niacinamide juga membantu meningkatkan skin barrier, mencegah kehilangan air untuk melembabkan kulit dan menghentikan potensi iritasi.

Apalagi kalau jenis kulit kamu dry, sebaiknya Teman iStyle mulai menggunakan produk yang memiliki kandungan niacinamide. Karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan pelembab sehingga permukaan dapat menahan kelembapan dengan lebih baik.

Mengurangi Peradangan Kulit

Salah satu hal terbaik mengenai niacinamide adalah bisa mengatasi peradangan kulit yang biasanya ada di produk anti aging. Produk anti aging berpotensi menyebabkan iritasi yang meningkatkan pergantian sel kulit, termasuk retinol dan alpha hydroxyl acids (AHA) seperti glycolic acid.

Kandungan niacinamide pada skincare juga bagus untuk mengurangi kemerahan akibat eksim, jerawat, serta kondisi inflamasi lainnya. Jadi Teman iStyle bisa menggunakan niacinamide untuk kulit sensitif. Bahkan Teman iStyle bisa mengatasi peradangan kulit seperti rosacea sekalipun menggunakan niacinamide ini.

Mengatur Jumlah Minyak Pada Muka

Dengan terjaganya hidrasi kulit yang baik, produksi minyak alami di muka akan lebih terkontrol. Produksi minyak berlebih memang menjadi masalah klasik yang paling sering dikeluhkan banyak wanita, bener gak Teman iStyle?

Nah niacinamide ini dapat membantu mengatur jumlah minyak alami yang diproduksi kelenjar sebaceous dan mencegah kelenjar secara berlebihan. Minyak berlebih jadi salah satu pemicu jerawat dan muka yang kusam.

Sumber foto: Freepik (valuavitaly)

Menyamarkan Kerutan & Garis Halus

Niacinamide secara significant dapat menyamarkan kerutan dan garis halus. Niacinamide memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen, menjaganya tetap lentur dan fleksibel.

Terdapat sebuah studi tahun 2004 di The International Journal of Cosmetic Science, dimana 50 wanita berumur antara 40 dan 60 tahun menggunakan moisturizer yang mengandung 5% niacinamide ke setengah mukanya dan placebo moisturizer ke setengah muka lainnya selama 12 minggu.

Hasil dari percobaan tersebut adalah setengah muka yang menggunakan moisturizer mengandung niacinamide memiliki perbaikan di area hyperpigmentation, garis halus dan kerutan dibandingkan bagian muka lainnya.

Teman iStyle bisa mencoba Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum kalau lagi mencari produk skincare mengandung niacinamide. Produk ini bisa membuat kulitmu lebih cerah secara maksimal, memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan noda hitam, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Pantes aja ya Teman iStyle si niacinamide ini makin naik daun dan banyak penggemarnya, manfaatnya oke banget buat kulit.

Comments

You must Register or Login to post a comment.