Lifestyle - 15 September 2021

Intip Keunikan Jimjilbang, Sauna Khas Korea

Agatha Febry - 15 September 2021
Intip Keunikan Jimjilbang, Sauna Khas Korea

Teman iStyle yang sering nonton drakor pasti udah gak asing lagi kan sama pemandian umum yang sering jadi latar seriesnya? Nah pemandian umum atau sauna itu dikenal dengan nama jjimjilbang! 

Ternyata gak cuma di drama aja, di kehidupan sehari-hari jjimjilbang juga digemari oleh masyarakat Korea Selatan lho! Banyak keunikan yang terdapat didalamnya membuat banyak turis mancanegara kepo pada sauna khas Korea yang satu ini. Kira-kira apa aja sih keunikannya? 

Sumber foto: Google

Public Bathhouse 

Keunikan yang pertama, jimjilbang atau public bathhouse merupakan pemandian umum besar dengan berbagai fasilitas yang memadai dan tersebar di berbagai penjuru Korea Selatan. Public bathhouse yang satu ini dilengkapi dengan kolam air panas, sauna kering dan sauna basah, serta sleeping hall

Jika Teman iStyle kepo dan ingin mengunjungi tempat ini, kamu bisa menemukannya di beberapa kota besar Korea seperti Seoul dan Busan. Jimjilbang sendiri biasa dijadikan sebagai tempat untuk merelaksasikan badan serta dijadikan tempat bermalam dan tempat untuk menyegarkan pikiran. 

Seperti di banyak drama Korea, jimjilbang biasanya dikunjungi orang-orang Korea untuk menghabiskan akhir pekannya dengan rekan kerja, sahabat, keluarga dan gak terkecuali pasangan. Banyak dari orang Korea yang memilih jimjilbang sebagai tempat dating favorit mereka lho! 

Sumber foto: Google

Aturan Pakaian

Karena termasuk pemandian umum dan menjadi tempat bertemunya banyak orang, tentunya terdapat aturan saat masuk ke jimjilbang, khususnya aturan berpakaian. Saat berada di dalam lokasi, setiap pengunjung diwajibkan mengganti pakaian mereka dengan pakaian khusus. 

Pakaian ini sudah disediakan oleh tempat tersebut dan berupa kaos serta celana. Biasanya pengunjung cewek diberi pakaian berwarna pink dan pengunjung cowok pakaian berwarna hitam ataupun abu-abu.

Peraturan tersebut dibuat guna menghindari kuman dan kotoran yang terbawa pada baju para pengunjung terkumpul dan menimbulkan masalah kulit dan penyakit lainnya. Untuk menjaga kebersihan kolam pemandian, pengelola juga mengharuskan tiap pengunjungnya untuk membasuh badan terlebih dahulu di kamar mandi sebelum berendam di kolam. 

Sumber foto: Google

Untuk berendam di kolam pemandian, pengunjung juga wajib untuk melepas pakaian yang diberikan oleh pengelola jimjilbang. Tapi Teman iStyle gak perlu khawatir, pihak pengelola menyediakan kolam terpisah untuk pengunjung cewek dan cowok kok. 

Oh ya, saat ingin berendam di kolam, setiap pengunjung diwajibkan untuk pakai handuk di kepala mereka. Uniknya, handuk tersebut dibentuk menyerupai topi dengan dua gulungan di sebelah kiri dan kanan. 

Mungkin Teman iStyle udah gak asing dengan handuk yang dipakai dengan model seperti ini. For your information, pihak pengelola juga melarang pengunjung yang memiliki penyakit kulit untuk ikut berendam. Jadi gak perlu cemas gak takut saat menikmati relaksasi di kolam pemandian deh! 

Sumber foto: Google

Fasilitas Sauna Korea

Selain dilengkapi kolam air panas dan sauna untuk umum, jimjilbang juga menyediakan kamar ganti dan mandi serta cafeteria. Beberapa jimjilbang juga memiliki fasilitas sangat lengkap seperti restoran, rest area, ruang televisi, ruang pijat refleksi, internet, bahkan ada juga yang dilengkapi dengan ruang karaoke, hingga ruang fitness. 

Kelengkapan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah jimjilbang pastinya guna untuk menarik perhatian lebih banyak tamu setiap harinya. Beberapa jimjilbang juga memiliki sleeping hall lho! 

Sleeping hall sendiri adalah aula yang didalamnya tersedia matras dan televisi. Biasa digunakan untuk para tamu menghabiskan malamnya setelah berelaksasi di kolam dan sauna. 

Tempat ini banyak digemari oleh orang Korea karena menginap di sauna sudah menjadi tradisi bagi orang Korea di kehidupan sehari-hari. Teman iStyle makin pengen kesana gak sih?

Baca Juga:

Museum Unik di Korea ini Bikin Gemes! 

3 Tempat Autentik Berburu Street Food di Seoul

Sumber foto: Google

Harga Bersahabat

Setelah melihat keunikan dan fasilitas yang diberikan oleh jjimjilbang, pasti Teman iStyle mengira kalau harga untuk mengunjungi tempat ini tergolong mahal. Ternyata gak terlalu mahal dan masih dibilang bersahabat kok harganya! 

Beberapa diantaranya hanya memasang tarif untuk 8 sampai 10 ribu Won aja atau 90 ribu sampai 130 ribu per malamnya. Harga tersebut sudah include pinjaman paket pakaian khusus yang berisi kaos, celana dan handuk. 

Selain harganya yang bersahabat, jjimjilbang juga buka setiap hari dan sebagian besar tempatnya buka selama 24 jam. Hal ini membuat pengunjung gak perlu kesulitan untuk mencocokkan waktu berkunjung mereka. 

Sumber foto: Google

Dikunjungi Turis Mancanegara

Meskipun sebenarnya hanya merupakan tempat pemandian umum, jjimjilbang merupakan salah satu tempat yang dipadati turis mancanegara. Banyak dari mereka yang ingin mencoba pemandian unik khas Korea ini. 

Mereka juga gak lupa untuk melakukan kegiatan yang biasanya dilakukan di pemandian umum, yaitu menggosok punggung rekannya secara bergantian. Setelah itu mereka akan beristirahat di tempat penginapan yang tersedia disana. 

Ternyata pemandian umum Korea Selatan yang banyak disukai orang di drama juga benar-benar disukai di dunia nyata ya! Teman iStyle udah cukup penasaran belum sama tempat yang bernama jjimjilbang ini? 

Comments

You must Register or Login to post a comment.