Love & Life - 11 September 2018

Cara Cermat Hemat Uang Ala Anak Kuliahan

Admin - 11 September 2018
Cara Cermat Hemat Uang Ala Anak Kuliahan
Punya status sebagai mahasiswa itu ada serunya dan juga susahnya. Sebagai mahasiswa, kamu telah memasuki dunia perkuliahan yang akan memberikan banyak pengalaman seru. Tapi sebagai mahasiswa juga, kamu akan dihadapkan dengan masalah finansial, apalagi kalau kamu belum punya penghasilan sendiri dan berstatus anak kost. Ini adalah saatnya untuk kamu menjadi lebih cermat dan mandiri, Guys. Yuk belajar mengatur keuanganmu dan berhemat ala anak kuliahan dengan beberapa cara sederhana berikut!

1. Belanja di Pasar Tradisional

Pasar tradisional - tips hemat anak kuliah

Harga produk yang ada di pasar tradisional jelas lebih murah dibandingkan dengan supermarket. Di sini kamu boleh menawar barang-barang kebutuhan yang ingin kamu beli. Sempatkan untuk belanja barang kebutuhanmu di pasar tradisional ya. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berbelanja. Selain mendapatkan produk yang masih segar, pilihan produk juga lebih banyak, harganya juga cenderung lebih murah karena penjual memberikan harga buka dasar yang sangat murah

2. Masak Sendiri

Memasak ala anak kos - tips hemat anak kuliah

Masak sendiri adalah pilihan yang paling hemat untuk anak kuliahan yang berstatus anak kos. Kamu bisa memasak nasi sendiri dan membeli lauknya di warteg, kalau tidak mau repot. Kalau ingin usaha sedikit, kamu juga bisa memanfaatkan dapur kos untuk memasak masakan sederhana dan sehat. Lumayan kan? Hitung-hitung belajar. Plus, kamu juga bisa bawa bekal makanan dari rumah untuk bekal di kampus. Alternatif lain biar hemat, pastikan kamu sudah mengisi perut sebelum pergi hang out bareng teman-teman.

BACA JUGA : 

Lapar Saat Tengah Malam? Coba Resep Nasi Goreng Simpel Ini Yuk!

Pilih Nasi Goreng atau Pizza Mie, Simak Resep Mudah Anak Kos!

Cepat dan Praktis, Yuk Cobain Masak Pakai Bumbu Instan Indofood

3. Jual Barang-barang Lama

Fashion wardrobe - tips hemat anak kuliah

Coba periksa lemari baju, rak sepatu atau buku? Adakah barang-barang yang sudah tidak terpakai? Jika iya, saatnya untuk menjual barang-barang tidak terpakai itu daripada hanya memenuhi ruangan di kamar kos kamu. Kamu bisa menjualnya lewat online atau ke toko perabotan bekas. Dengan begini, kamu tidak hanya dapat uang tambahan dari hasil penjualan tapi kamu juga bisa membuat kamarmu lebih lega dan rapi.

4. Cari Kerja Sampingan

Kerja sampingan fotografi

Di era digital ini ada banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk kerja secara online. Jadi manfaatkan waktu senggangmu untuk mencari uang tambahan. Misalnya kamu bisa menjadi tenaga lepas di agensi kreatif, penulis atau kontributor lepas di majalah.

5. Menabung

Tips tidak boros saat gajian

Jika telah berhasil mencari uang tambahan sendiri, pastikan kamu sudah menyisihkan uangmu di tabungan. Menabung itu penting sekali dan manfaatnya akan terasa di kemudian hari.

Sumber: https://blog.istyle.id/cara-cermat-hemat-uang-ala-anak-kuliahan/

Comments

You must Register or Login to post a comment.