NewJeans dan BABYMONSTER bisa dibilang merupakan dua dari sekian banyak yang memiliki strategi girl group Kpop debut yang berbeda dibandingkan dengan grup lainnya untuk memperkenalkan mereka ke publik.
Biasanya idol Kpop sering mengadakan showcase debut atau konferensi pers untuk mengumumkan debut mereka. Nantinya mereka akan menampilkan performance yang telah dipersiapkan, menayangkan video musik perdana, dan mengungkapkan perasaan para anggota grup mengenai debutnya.
Seperti apa strategi girl group Kpop dari BABYMONSTER dan NewJeans sebelum debut mereka? Kita ulas bareng-bareng di bawah ini.
Baca juga: Bagaimana Para NewJeans Member Bisa Jadi Game Changer Dunia K-Pop Saat Ini?
Sumber: Google
Girl group NewJeans yang saat ini sedang naik daun justru belum pernah mengadakan showcase atau konferensi pers secara terpisah sejak debutnya.
Grup yang terdiri dari Hanni, Haerin, Minji, dan Danielle itu debut pada pada 22 Juli 2022 sekaligus menjadi tanggal perilisan MV “Attention”, bukan perilisan album atau penampilan debut pertama mereka di sebuah acara musik.
NewJeans melewatkan tahap merilis konten teaser, seperti foto dan video dalam proses rilis regulernya tetapi langsung memperkenalkan video musik mereka. Dikenal sebagai sebagai “girl group Min Hee-jin” dan girl group HYBE”, NewJeans punya cukup banyak alasan untuk diperhatikan publik dan strategi mereka ini ternyata berhasil.
Selain nama grup yang cukup unik, musik mereka juga bagus, penampilan yang ceria, dan visual yang menyegarkan membuat grup ini jadi viral hingga berhasil memikat publik.
Min Hee-jin juga mengatakan bahwa teaser tersebut untuk merangsang ingin tahu tetapi dia gak merasa perlu adanya teaser saat mempersiapkan debut NewJeans.
Meski begitu, bukan berarti NewJeans berusaha untuk menjauhkan diri dari publik. Mereka memang gak tampil dalam program hiburan dan gak punya kontrak langsung dengan media, tetapi gadis-gadis ini bisa menyelesaikan semua acara musik dan menghadiri berbagai acara merek fashion ternama, merek kecantikan, department store, platform musik dan yang terbaru Kejuaraan Dunia.
Keuntungan dari aktivitas yang gak membutuhkan pidato yaitu dapat membantu NewJeans membangun citra lebih mewah dan langka. Tetapi, girl group NewJeans tetap dekat dengan penggemar lewat citra mereka yang ramah, seperti acara fanmeeting dan platform komunikasi Phoning.
Baca juga: Penayangan BABYMONSTER MV Debut Disambut Luar Biasa, Gabungan BLACKPINK dan 2NE1?
Sementara girl group BABYMONSTER juga gak mengadakan showcase debut atau konferensi pers. Girl group Kpop debut yang baru saja merilis single hits pertamanya pada tanggal 27 November ini adalah grup wanita pertama YG dalam tujuh tahun sejak debut BLACKPINK pada tahun 2016 lalu.
Saat itu, BLACKPINK mengadakan konferensi pers dan bertemu dengan media langsung untuk debut mereka. Saat itu, CEO Yang Hyun-suk menghadiri acara tersebut dan dengan percaya diri berkata “Saya mencoba yang terbaik untuk membuat girl grup yang paling mirip YG”.
BLACKPINK berhasil melakukannya, tetapi BABYMONSTER gak mengadakan acara seperti itu. Oleh karena itu, banyak spekulasi yang beredar bahwa YG berusaha menghindari media karena BABYMONSTER melakukan debutnya dengan beranggotakan enam orang tanpa kehadiran Ahyeon.
Gak hanya itu, beberapa orang percaya bahwa YG lebih fokus pada kelengkapan musik yang tinggi. Jika ada risiko yang mungkin terjadi selama revisi berkelanjutan sampai pada rilis resmi, maka konferensi pers gak dibutuhkan lagi.
Selain itu, YG mungkin ingin memperkenalkan grup yang sempurna sehingga mereka mencoba mencegah pendatang baru menjawab pertanyaan rumit dari wartawan.
Sumber: Google
Berbeda dengan strategi yang dipakai NewJeans, BABYMONSTER justru terus mengungkapkan konten teaser terus menerus sejak awal tahun 2023. Meski begitu, BABYMONSTER tetap mampu mengundang rasa penasaran para Kpopers karena menampilkan performance yang apik.
Dengan memilih metode yang berbeda, stretegi girl group Kpop debut keduanya tetap memperoleh hasil yang luar biasa. NewJeans kini telah menjadi grup populer yang gak hanya di Korea tetapi mampu menjangkau pasar musik global dan bahkan sukses meraih penghargaan Billboard dalam waktu singkat.
Baca juga: Kekhawatiran Penggemar Debut BABYMONSTER BLACKPINK Sister Group Tanpa Ahyeon
Sementara debut BABYMONSTER menampilkan MV yang telah melampaui 20 juta penonton di Youtube. Meskipun strategi mereka mengurangi paparan citra idola kepada publik dan menciptakan misteri, tapi strategi yang mereka gunakan mempersempit jarak antara grup dan penggemar.
Jangan lewatkan berita-berita terupdate seputar artis Kpop favorit Teman iStyle hanya di khub.istyle.id.
Comments
You must Register or Login to post a comment.