Bukan rahasia umum lagi jika perhelatan pekan mode tahunan, seperti Paris Fashion Week mendapatkan daya tarik besar dari publik bagi sebuah brand. Salah satu perusahaan analisis data yang berfokus pada sektor mode, kecantikan dan gaya hidup, Launchmetrics, mengukur MIV (Media Impact Value) beberapa postingan idol K-Pop.
Untuk merilis data tersebut, Launchmetrics memetakan konten dari media sosial, entri blog dan media brand lainnya yang akan dianalisisnya. Kemudian, Launchmetrics akan mengukur dampak (Media Impact Value) yang mengubah buzz (percakapan) menjadi mata uang.
MIV atau Media Impact Value adalah algoritma yang dikembangkan Launchmetrics untuk menganalisis data kuantitatif dan kualitatif untuk menentukan serta menghitung nilai dampak media dari tindakan pemasaran influencer media sosial terhadap citra merek/brand tersebut.
Beberapa idol K-Pop yang ikut melakukan kampanye brand-brand yang dipegangnya disebut dari analisis data yang dilansir Launchmetrics setelah selesai pekan mode tahunan yaitu, Paris Fashion Week. Siapa saja idol Kpop dengan perolehan tertinggi Media Impact Value di Paris Fashion Week 2023?
Sumber foto: Getty Images (Geoffroy Van Der Hasselt)
Berdasarkan data terbaru Launchmetrics, selama Paris Fashion Week S/S 2024, Dior menduduki peringkat teratas brand yang mengumpulkan $58,7 juta dalam Media Impact Value. Sebagai brand ambassador, Jisoo BLACKPINK menempati posisi teratas untuk Dior dengan postingan Instagram senilai $1,6 juta. Kehadiran Jisoo juga menghasilkan MIV senilai $6,5 juta di media sosial.
Baca juga: Jisoo BLACKPINK Lagi-Lagi Menarik Perhatian di Dior Fashion Show 2024
Sumber foto: Instagram (yong.lixx)
Baru diangkat menjadi brand ambassador untuk brand Louis Vuitton, Felix Stray Kids sudah mengumpulkan $6,6 juta dalam MIV (Media Impact Value) selama Paris Fashion Week 2023 dengan penampilannya untuk Louis Vuitton. Felix dinobatkan idola K-Pop yang mengumpulkan MIV tertinggi kedua selama acara Paris Fashion Week 2023.
Baca juga: Taeyeon, Hyein NewJeans dan Felix Stray Kids Tampil Mewah untuk Paris Fashion Week 2023
Sumber foto: Twitter (manchaeyo)
Beberapa anggota LE SSERAFIM yang gak menghadiri acara Paris Fashion Week 2023, menunjukkan dukungan mereka secara online dengan memposting unggahan di akun media sosial dan mencatatkan posisi teratas untuk Louis Vuitton. Yunjin, Eunchae, dan Chaewon masing-masing menghasilkan $615K, $535K, dan $522K dalam MIV. Sementara Sakura bertanggung jawab atas penempatan teratas merek tersebut, menghasilkan $776K di MIV dengan postingan di Instagram pribadinya.
Sumber foto: Kolase foto dari Getty Image
Di tahun ini, brand Miu Miu menjadi kesukaan karena beberapa bintang K-Pop seperti Wonyoung IVE, Momo TWICE, dan YoonA mencatat penempatan teratas ketika menghadiri Paris Fashion Week 2023 dengan masing-masing senilai $947K, $927K, dan $800K. Momo TWICE meningkatkan MIV Miu Miu setelah menjadi pengisi suara dengan mengumpulkan $3,8 juta dalam MIV.
Baca juga: Wonyoung IVE, YoonA dan Momo TWICE Tampil Mempesona di Miu Miu Show Paris 2023
Wah, selamat untuk Jisoo BLACKPINK, Felix Stray Kids, LE SSERAFIM, Wonyoung IVE, Momo TWICE dan YoonA yang sudah partisipasi dalam Paris Fashion Week 2023! Sekarang kita tahu bagaimana media sosial para idol K-Pop sangat memiliki dampak untuk brand tertentu dan mampu memiliki ruang besar untuk meningkatkan ROI (Return on Investment).
Comments
You must Register or Login to post a comment.