K-Pop Zone - 03 October 2023

Rahasia Sukses Girl Group K-Pop NewJeans Bisa Tembus Miliaran Streams di Spotify

FX Prasetyo - 03 October 2023
Rahasia Sukses Girl Group K-Pop NewJeans Bisa Tembus Miliaran Streams di Spotify

Dalam waktu singkat sejak debut mereka pada Agustus 2022 lalu, girl group K-pop NewJeans telah dipuji sebagai “game changer dan “fenomena”.

Dua single utama dari EP debut self-titled kwintet tersebut, yaitu “Attention” dan “Hype Boy”, masing-masing sudah melampaui 100  juta dan 200 juta lebih di Spotify. Bahkan “Cookie”, lagu lain dari EP masuk dalam daftar lagu Terbaik 2022 The New York Times.

Lalu apa resep rahasia girl group NewJeans bisa menembus miliaran streams di Spotify? Simak terus penjelasan berikut ini untuk tahu jawabannya.

Baca juga: Baru Debut, Girl Group NewJeans Sudah Pecahkan Rekor!

girl group k-pop

Sumber: Google

Sukses Girl Group K-pop NewJeans Tembus Pasar Amerika

Sukses awal grup idola wanita ini adalah masuk ke jajaran peringkat tangga lagu single Billboard Hot 100 Amerika, yang memulai debutnya di ranking 96 lewat lagunya berjudul “Ditto” di bulan Januari 2023. Mereka berhasil meraihnya hanya setengah tahun setelah masuk ke dunia musik.

Seminggu kemudian ada “OMG”, judul lagi dari EP yang sama mendarat di posisi 91 chart Billboard Hot 100, dan bahkan sempat naik ke peringkat 79. Tren naik seperti itu gak biasa, kata kolumnis K-pop Billboard, Jeff Benjamin.

Menurutnya, album K-pop cenderung punya peluang debut yang besar dan menurun di tangga lagu streaming. Namun, EP debut NewJeans justru semakin naik dari minggu ke minggu.

Bahkan lagu ‘Ditto’ dan ‘OMG’ mendarat di chart Billboard Hot 100, bukan pada minggu debut mereka, tetapi satu atau dua tiga minggu setelahnya. Ini menunjukkan meningkatnya konsumsi dan minat penggemar musik terhadap lagu-lagu mereka.

Baca juga: Inspirasi Gaya Rambut Y2K yang Hype Abis ala Member NewJeans

Sumber: Google

Penekanan dan Strategi Rilis yang Unik

Masih menurut Benjamin, alasan girl group K-pop NewJeans bisa sukses dengan cepat dikarenakan penekanan grup pada musik dan strategi rilis yang unik telah memainkan peran penting.

Dalam hal ini, perusahaan manajemen NewJeans, ADOR, sebuah label musik di bawah naungan HYBE bisa dibilang berhasil menciptakan pengalaman penemuan dengan grup tersebut.

Aksi tersebut mengungkapkan single dan video musik mereka sebelum album dirilis. Metode ini gak lazim untuk rilisan K-pop, yang fokusnya adalah menciptakan momen yang paling keras dan paling menarik perhatian dari perilisan album dan berharap untuk mempertahankannya.

NewJeans meluncurkan video musik untuk “Attention” pada 22 Juli 2022, sekitar seminggu sebelum debut resmi lagu tersebut tanpa merilis teaser apapun.

Gak hanya itu, nama dan usia kelima anggota - Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein, awalnya dirahasiakan untuk menjaga fokus pada musik grup.

Lalu lagu lainnya “Hype Boy”, “Cookie”, dan “Hurt” kemudian dirilis secara bertahap sebelum EP mereka dirilis pada 8 Agustus 2023.

Baca juga: Keren Banget! NewJeans Jadi Nomor 1 Dalam Advertising Model Brand Reputation Ranking

girl group k-pop

Sumber: Google

NewJeans Punya Ciri Khas yang Gak Biasa

Girl group NewJeans mampu mencapai semuanya dalam waktu singkat karena pendekatan yang gak biasa di dunia K-pop. Sebagian besar perusahaan manajemen musik membangkitkan selera penggemar dengan serangkaian teaser sebelum meluncurkan album atau single.

Meskipun banyak judul lagu K-pop yang berupaya menciptakan 'momen' dan bersifat bombastis, bagi pendengar, untuk menembus persaingan industri K-pop, lagu-lagu mereka sejauh ini telah mengesankan masyarakat umum, kritikus, dan merasa betah memainkan berbagai jenis playlist.

Sementara kritikus musik Kim Do-heon mengaitkan kesuksesan NewJeans dengan fakta bahwa mereka belum mengikuti “formula standar K-pop”.

Saat ini, banyak girl group K-pop menciptakan dunia fiksi mereka sendiri dan menambahkan cerita kreatif ke dalam lagu dan album mereka, sehingga lebih menantang bagi non-penggemar untuk sepenuhnya memahami konsep mereka dan jatuh cinta pada mereka.

Selain itu, NewJeans terlihat lebih “riang, santai, dan natural”. Mereka gak memiliki dunia musik yang kompleks, dimana setiap anggota berperan sebagai karakter fiksi. Artinya, orang-orang tetap dapat mengapresiasi musik mereka sepenuhnya tanpa harus mempelajari grup tersebut untuk mencari tahu pesan tersembunyinya.

Kesuksesan instan yang mereka raih sebagian disebabkan oleh nuansa nostalgia tahun 1990-an yang ditimbulkan melalui musik, fesyen, dan merchandise mereka. Grup ini memiliki karakteristik artis K-pop tahun 1990-an seperti Fin. K.L dan SES juga, dalam artian fokus mereka adalah pada musik dan pesona para anggota.

Di sisi lain sepertinya banyak anak muda menganggap hal ini menyegarkan di tengah popularitas budaya Y2K yang terus berlanjut.

Baca juga: Wow! NewJeans dan Jackson GOT7 Masuk Dalam Daftar Orang Asia Paling Berpengaruh

girl group k-pop

Sumber: Google

Ada Kontribusi Dari Kepala Eksekutif Manajemen

Apa yang diraih para anggota NewJeans sekarang ini gak luput dari kontribusi sang kepala eksekutif ADOR Min Hee-jin. Mereka jadi girl group pertama yang dibentuk Min, yang bergabung dengan HYBE pada tahun 2019 setelah bekerja sebagai direktur kreatif selama dua dekade di SM Entertainment.

Min berkontribusi besar dalam penciptaan NewJeans, mulai dari pemilihan anggota hingga pengembangan konsep grup.

Berbeda dengan kebanyakan produser K-pop lainnya, Min tidak berada di belakang. Dia secara aktif menampilkan dirinya sebagai dalang di balik grupnya, memberitahu publik apa yang ingin dia tunjukkan dan gambarkan melalui para penyanyi.

Hal ini membuat beberapa orang khawatir dia menerima lebih banyak sorotan dibandingkan penyanyinya. Namun, masih harus dilihat bagaimana keadaannya di hari-hari mendatang.

Kendati begitu, para pengamat musik penasaran dengan bagaimana girl group K-pop NewJeans akan tampil di kancah musik global di masa depan dan bagaimana mereka akan berkembang.

Jadi, Akan sangat luar biasa jika bisa mendengarkan cerita yang ada dalam pikiran para penyanyi berbakat ini.

Kesuksesan para NewJeans member tentunya juga gak lepas dari dukungan para penggemar. Para fans setia grup K-pop ini akan terus mendukung dengan membeli aksesoris, seperti Lightstick New Jeans dan juga album mereka.

Nah, di iStyle juga menyediakan NewJeans 1st EP [Weverse Albums ver.] yang berisi outer case, out box, lyrics, photocard, dan QR card.

Gak hanya itu, ada juga Lightstick New Jeans. Yuk, cek langsung ke iStyle.id karena ada campaign 10.10 yang menarik dan seru.



Sumber:

SCMP

National World

Comments

You must Register or Login to post a comment.