Sejak debut pada akhir Juli tahun lalu, NewJeans gak pernah lepas dari sorotan. Baik industri maupun publik tertuju kepada penampilan NewJeans member dan mereka yang paling banyak dibicarakan dalam sepuluh tahun terakhir.
Kesuksesan mereka dalam semalam bukan hanya karena menghindari rute debut K-pop tradisional (gambar menggoda, perkenalan anggota, cuplikan video untuk membangun sensasi) tetapi mereka memilih untuk merilis tiga tanpa pemberitahuan sebelumnya (“Attention”, “Hype Boy”, Cookie”).
Bisa dibilang meski masih sangat muda umur grup idola wanita ini, tetapi mereka mampu jadi pengubah wajah industri K-pop. Bagaimana para anggota NewJeans bisa mencapai itu? Simak pembahasannya di bawah ini.
Baca juga: Ini Alasan Kenapa NewJeans Gunakan Image Natural
Sumber: Google
Pertanyaannya, bagaimana bisa NewJeans jadi game changer di industri K-Pop? Semua itu tergantung pada estetika Y2K mereka. Mulai dari gaya masing-masing anggotanya hingga tampilan grafis video dan tampilan Phoning (aplikasi langganan band untuk penggemar bernama Bunnies).
Hal itu sangat keren, ditambah dukungan oleh rasa inklusi yang sepenuhnya positif, dan ramah. Alasannya gak lain karena lagu-lagu mereka terasa sangat disesuaikan dengan mereka, dengan sebagian besar anggota memegang kredit penulisan, dan koreografi mereka lebih condong ke arah naturalistik ketimbang bergaya.
Itu adalah musik mereka sendiri, tentu saja, cara dimana getaran retro dari klub Baltimore, klub Jersey, R&B dan elektronika tahun 90an dan 00an mengalir melalui EP debut NewJeans yang diberi nama eponymous dan dua single musim dingin lalu “OMG” dan “Ditto ”.
Lagu-lagu mereka diimbangi oleh vokal para anggotanya yang gak tergesa-gesa (santai namun juga sangat menyentuh dan terkadang melankolis) yang memberikan kesegaran pada lagu mereka.
Gak hanya itu, masih ada hal-hal lain yang membuat NewJeans bisa disebut game changer K-pop, diantaranya adalah:
Baca juga: Congratulation! Album Debut NewJeans Tembus 1 Miliar Streams di Spotify
Sumber: Google
Gak ada seorang pun di K-pop yang melakukan hal seperti yang dilakukan NewJeans member. Itu seperti dengan mendorong balon raksasa ke dalam ruangan yang penuh sesak dan menusuknya dengan peniti.
Setahun kemudian, mereka masih jadi yang terdepan dalam industri secara kreatif dan pencapaian mereka. Mereka adalah artis K-pop tercepat yang mampu mencapai satu miliar streaming Spotify.
EP baru mereka, Get Up, terjual 1,2 juta kopi di hari pertama. Semua anggotanya kini jadi duta individu untuk merek-merek mewah, mulai dari Louis Vuitton, Chanel, Gucci, Burberry, dan lainnya.
Lagu-lagu mereka pun akhirnya menjadi viral satu demi satu, khususnya “OMG” dengan koreografi keren yang dimasukkan oleh Rina Sawayama ke dalam setnya.
Sumber: Google
Meski begitu, anggota NewJeans belum merasa nyaman dengan kesuksesan mereka. Gaya musik khas mereka hadir dalam album Get Up, dimana terdapat sisi baru dan kasar pada snare serta bass yang meluncur di “Super Shy”.
Lalu apa yang dimulai pada EP NewJeans dihadirkan dalam eksplorasi kompleksitas masa kanak-kanak, eksterior yang dibangun dengan hati-hati dan menyembunyikan pusaran emosi di dalamnya, memperlihatkan lebih banyak semangat di album Get Up.
Sumber: Youtube
Seperti yang dikatakan oleh Hanni (18 tahun), saat duduk bersama rekannya di kantor label mereka yang lama di Seoul, Get Up , pada dasarnya, adalah album yang lahir di bulan-bulan terpanas.
“Saya pikir ini sangat berisi bagaimana kami akan mewakili musim panas NewJeans. Albumnya sendiri penuh dengan suasana musim panas yang menyenangkan dan mengasyikkan,” katanya.
Ini berjalan, seperti sebuah antologi yang bagus, melintasi keseluruhan situasi dan perasaan.
“Ada banyak variasi emosi dan cerita dalam lagu-lagunya,” tambahnya. “Kami punya lagu yang cocok untuk berpesta bersama teman-teman, kami punya beberapa lagu tentang perasaan nostalgia dan perpisahan, dan juga jatuh cinta. Ini hanya paket lengkap jadi saya harap semua orang menikmatinya sama seperti kami.”
Baca juga: Konsepnya Gak Biasa! Berikut Fakta Unik MV 'ETA' NewJeans
Sumber: Google
Dengan rekor baru dan peringatan tahun pertama mereka sebagai grup, NewJeans berbincang dengan Dazed tentang bagaimana perasaan mereka dianggap sebagai game changer yang serius di dunia industri K-pop.
Hanni: “Saya pikir kami terkejut, sangat terkejut. Istilah game-changer sangat besar, sangat kuat, sehingga orang-orang melihat kita seperti itu. kami baru debut setahun yang lalu, jadi dianggap seperti itu dalam waktu sesingkat itu benar-benar mengejutkan kami.”
Danielle: “Sangat tersanjung.”
Hyein: “Kami sangat bersyukur bahwa orang-orang menganggap kami sebagai pengubah permainan. Ini bukan tekanan besar yang kami rasakan, melainkan rasa syukur yang luar biasa, dan ada begitu banyak staf dan orang-orang di belakang kamera yang mendukung siapa kami dan apa yang kami lakukan. Jadi saya sangat berterima kasih atas masukan mereka, dan, lebih dari segalanya, kami berterima kasih kepada Bunnies kami, mereka sangat berharga bagi kami para anggota.”
Nah, dari kelima NewJeans member, mana yang jadi bias Teman iStyle? Di iStyle ada paket lengkap NewJeans 1st EP New Jeans [Bluebook ver.] yang berisi out box, log book, pin-up book, 1 CD, ID Card, photocard, dan mini poster.
Gak hanya itu, dalam menyambut promo 10.10 dan juga anniversary iStyle, ada Amazin6 Korean Festive dengan menghadirkan surprise treats CARIN x NewJeans yang menarik hingga Rp100K dan dapatkan ekstra voucher Rp100K.
Sumber:
Dazed Digital
Stories Briefer ID
Comments
You must Register or Login to post a comment.