Lifestyle - 26 May 2023

Telur Kocok Kukus Sehat khas Korea, Intip Resep Gyeran Jjim

Rafa Syawalia R - 26 May 2023
Telur Kocok Kukus Sehat khas Korea, Intip Resep Gyeran Jjim

Huft masih akhir bulan, pengen ngirit dan tetap makan makanan Korea yang sehat? Di Korea sendiri banyak lho alternatif makanan sehat yang cocok buat Teman iStyle yang mau hemat nih. Nah, salah satunya yang akan dibahas pada artikel ini adalah gyeran jjim.

Gyeran jjim adalah telur kukus khas Korea yang biasa dijadikan makanan pendamping atau dengan sebutan banchan nih, Teman iStyle. Gyeran jjim memiliki tekstur telur yang lembut seperti tahu sutra kalau Teman iStyle bisa mengolahnya dengan tepat.

Selain mudah, telur kukus khas Korea ini juga sangat mudah banget bikinnya loh! Penasaran? Cus simak bahan-bahan untuk membuat Gyeran Jjim!

Baca juga: Rekomendasi 5 Pedesaan di Korea Selatan yang Menarik untuk Dikunjungi

Sumber foto: Shutterstock

Bahan-Bahan untuk Membuat Gyeran Jjim

Gyeran Jjim ini bikinnya sederhana dan gak makan waktu banyak nih buat Teman iStyle yang serba sat-set-sat-set. Supaya rasanya lebih enak dan nikmat, Teman iStyle bisa nih tambah berbagai topping sesuai selera. Nah berikut adalah bahan-bahan untuk membuat telur kukus khas Korea:

  1. Siapkan 4 butir telur
  2. 1 sdm wortel cincang halus
  3. 1 batang daun bawang, cincang halus
  4. 2 sdm kecap ikan
  5. sejumput lada bubuk dan garam
  6. 0,5 sdt gula pasir
  7. 50ml air

Baca juga: Teh Tradisional Khas Korea, Intip Cara Membuat Teh Omija

Cara Membuat Gyeran Jjim (Telur Kukus khas Korea)

  1. Pertama-tama, Teman iStyle harus kocok telur hingga putih dan kuningnya tercampur secara merata, hal ini akan membuat tekstur telur lebih lembut nantinya. 
  2. Kedua, masukkan daun bawang, saus tiram, kecap asin dan lada bubuk, lalu aduk secara merata supaya bumbu-bumbu tersebut menyerap ke telur.
  3. Langkah ketiga yaitu panaskan kukusan, kaldu ayam di dalam mangkuk tahan panas dan kukus hingga panas. 
  4. Terakhir, tuang telur ke dalam mangkuk kaldu ayam dan aduk merata. Tutup panci kukusan dan masak kurang lebih 5 menit atau hingga telur mengembang dan matang. Matikan api dan angkat gyeran jjim. Tips tambahan, tutup dandang dengan serbet bersih supaya air uap tidak menetes ke masakan.

Baca juga: Sering Muncul di Drakor, Ini 5 Tradisi Korea Selatan yang Unik

Gimana Teman iStyle? Gampang banget gak sih? Selain itu juga, mengonsumsi telur dapat mengentalkan darah yang bertujuan untuk menurunkan risiko serangan jantung, telur juga mengandung vitamin B12, B6, kolin dan folat yang berguna untuk tubuh manusia! Selamat mengeksekusi Gyeran Jjim Teman iStyle!

Comments

You must Register or Login to post a comment.