Lifestyle - 25 May 2023

Teh Tradisional Khas Korea, Intip Cara Membuat Teh Omija

Rafa Syawalia R - 25 May 2023
Teh Tradisional Khas Korea, Intip Cara Membuat Teh Omija

Sering kali, kita menganggap kalau Jepang adalah negara yang sangat akrab dengan tradisi minum teh. Faktanya, di Korea Selatan juga memiliki tradisi minum teh ini, lho Teman iStyle! Terkenal dengan istilah ‘derye’ sebagai etika minum teh yang sudah diwariskan oleh nenek moyang bangsa Korea sejak puluhan tahun yang lalu.

Melansir dari Korea Sarangheyo, dalam catatan sejarah Korea, kebiasaan minum teh sudah dimulai sejak 661 Masehi sebagai persembahan kepada arwah nenek moyang yang dilakukan kepada mendiang Raja Suro, yang dikenal sebagai pendiri kerajaan Geumwang Gaya sejak 42-562 Masehi.

Baca juga: Sering Muncul di Drakor, Ini 5 Tradisi Korea Selatan yang Unik

Apa itu teh Omija? Teh omija adalah teh dengan lima rasa buah berry yang mampu menghasilkan lima rasa cita rasa berbeda seperti manis, asam, asin, pahit dan pedas. Nah, di Korea Selatan sendiri, buah berry ini diracik menjadi teh lho! Penasaran gak gimana? Dalam artikel ini, kita akan bahas bersama-sama mengenai manfaat teh omija dan cara membuat teh omija nih! Simak bersama-sama ya!

Sumber foto: Freepik

Manfaat Teh Omija

Omija tea sudah dikenal dari zaman kerajaan Korea dahulu kala. Teh omija memiliki manfaat yang dipercaya sangat berguna untuk kesehatan. Orang Korea zaman dahulu sangat percaya kalau minum teh omija akan membantu meredakan batuk kronis, memperbaiki fungsi ginjal dan membantu menyembuhkan sakit pernapasan. Teman iStyle juga pasti tau nih kalau buah ini sering digunakan untuk produk kecantikan juga untuk mencegah penuaan dini.

Baca juga: Resmi Ditahan Jadi Tersangka Narkoba, Yoo Ah In Akui Menyesal

Khasiatnya yang sudah menjadi tradisi turun menurun, teh ini ditemukan di Pulau Jeju lho, Teman iStyle! Selain itu juga, buah berry ini tumbuh pada pohon magnolia dengan nama lain Schisandra Chinensis. Pohon magnolia ini berasal dari Tiongkok!

Sumber foto: Freepik

Cara Membuat Teh Omija

Sebelum membahas cara membuat teh omija, Teman iStyle harus tau nih kandungan gizi buah omija sendiri. Buah ini sangat kaya akan karbohidrat, vitaman, fitosterol dan asam organik. Selain itu, omija memiliki komponen bioaktif yaitu lignin atau serat yang mengandung schisandrin, schisandrin B, deoxy schisandrin dan ɣ-schisandrin B.

Baca juga: 5 Merek Coffee Shop Populer di Korea Selatan

Nah, untuk membuat teh tradisional khas Korea ini ada bahan-bahan yang harus Teman iStyle siapkan nih, di antaranya:

  1. 35 gram magnolia berry kering.
  2. Siapkan 7 cup air dingin.
  3. Siapkan 1 buah pir, 1 cup madu.
  4. Untuk bahan opsional, kalian boleh menyiapkan 100 gram agar-agar.
  5. Terakhir siapkan es batu secukupnya.

Untuk cara membuatnya:

  1. Pertama, rendam buah magnolia berry dengan 7 cangkir atau cup air di dalam toples selama 24 jam. 
  2. Selanjutnya, saring ke wadah penyimpanan kemudian tambahkan madu sesuai selera.
  3. Kemudian, simpan ke lemari es hingga dingin. 
  4. Setelah itu, potong-potong buah pir dan agar-agar sesuai selera. 
  5. Lalu, tuang air omija tadi ke dalam cangkir atau mangkuk.
  6. Sajikan secara dingin dengan menambahkan es batu.

Gimana Teman iStyle, mudah bukan? Buah omija bisa juga, lho ditambahkan pada makanan Korea sebagai bumbu. Selain itu juga, omija bisa dijadikan sebagai perisa untuk soju, susu dan soda. Buat Teman iStyle yang suka minum teh, boleh banget nih mencoba teh omija yang bisa kalian bikin di rumah! Selamat mencoba!

Comments

You must Register or Login to post a comment.