Lifestyle - 26 April 2023

7 Makanan Khas Perayaan Chuseok

Stefani Ditamei - 26 April 2023
7 Makanan Khas Perayaan Chuseok

Perayaan Chuseok adalah hari raya besar di Korea Selatan yang diadakan setiap tahunnya pada hari ke-15 di bulan ke 8 (kalender lunar). Berdasarkan tanggal tersebut, perayaan Chuseok tahun 2023 diadakan pada 28 September - 30 September 2023. 

Apa yang dilakukan masyarakat Korea Selatan saat perayaan Chuseok? K-Hub pernah mengulas perayaan Chuseok di artikel berjudul “Mengenal Chuseok, Hari Raya Thanksgiving ala Korea”.

Chuseok adalah salah satu hari raya terbesar di Korea Selatan dan biasanya diwarnai dengan aktivitas berkumpul bersama keluarga.

 

Apa yang Dilakukan Warga Korea Selatan Saat Tradisi Chuseok?

Berdasarkan tradisinya, seluruh keluarga akan berkumpul dan merayakan ritual untuk menghormati para leluhur. Ritual tersebut dinamakan ‘Charye’, dimana anggota keluarga akan mempersembahkan alkohol, hasil panen, dan songpyeon,

Selain itu, tradisi Chuseok juga diwarnai dengan memberikan hadiah kepada kerabat, teman-teman, dan orang terdekat. Hadiah tersebut dimaknai sebagai penghargaan dan ucapan terimakasih.

Sama seperti hari raya besar pada umumnya, perayaan Chuseok juga dirayakan dengan makan-makan. Menu apa saja yang sering dihidangkan saat merayakan Chuseok?

Makanan Khas Perayaan Chuseok

Berikut ini adalah 7 makanan khas perayaan Chuseok yang sebagian besar terdiri dari sayuran, daging, dan kue beras.

Sumber: Google

1. Songpyeon

Songpyeon pada umumnya disantap pagi hari saat perayaan Chuseok. Songpyeon adalah kue beras yang bentuknya mirip bulan (half-moon) dan tersedia dalam berbagai warna. Bahan utama membuat songpyeon adalah tepung beras, gula, dan diisi dengan kacang hijau. 

Sumber: Google

2. Pajeon (Pancake Korea)

Pajeon adalah makanan khas perayaan Chuseok yang terbuat dari tepung terigu, tepung maizena, lada, kaldu bubuk, dan garam. Pada umumnya jeon diisi dengan campuran bayam, udang, daun bawang, dan crabstick yang dipotong sesuai selera. 

Sumber: Google

3. Japchae

Terbuat dari potongan tender beef, mie, dan sayuran, Japchae adalah makanan favorit warga Korea Selatan saat merayakan Chuseok. Pembuatan japchae semakin lezat dengan campuran mie, daging sapi, sayuran, jamur, serta bumbu saos tiram dan minyak sesame. 

Sumber: Google

4. Dakdoritang

Makan-makan rasanya gak lengkap kalau belum ada menu ayam. Dakdoritang adalah ayam bumbu pedas yang dicampur dengan potongan kentang. Selain bikin kenyang, makan dakdoritang juga bergizi karena kandungan karbohidrat dari kentang dan protein dari daging ayam.

Sumber: Google

5. Galbi Jjim

Galbi Jjim adalah makanan khas perayaan Chuseok yang terbuat dari bahan baku utama berupa iga sapi. Galbi Jjim dimasak dengan campuran sayuran dan cocok dihidangkan dengan nasi hangat. 

Sumber: Google

6. Bibimbap

Menu Bibimbap dikenal sebagai makanan khas Korea yang populer. Bahan utama membuat bibimbap adalah sayuran yang berwarna cerah, seperti: putih, kuning, hijau, hitam, dan merah. Sayuran tersebut nantinya dipotong kecil-kecil, dicampur, dan dihidangkan dengan telur setengah matang.

Sumber: Google

7. Bulgogi

Makanan khas perayaan chuseok selanjutnya adalah bulgogi, campuran daging sapi dan sayuran yang dimarinasi dengan bumbu saus tiram, bawang,  buah asam (nanas, pir), gula, dan minyak sesame. Campurkan potongan daging sapi, sayuran, dan bumbu marinasi di atas wajan dengan api medium. 

Demikian informasi tentang 7 makanan khas perayaan Chuseok yang bisa Teman iStyle coba. Tertarik membuat makanan khas Korea dan bingung dengan bahan bakunya?

Tenang saja, kalian bisa mendapatkan Masakan & Makanan Kemasan 100% original produk impor Korea di iStyle.id!

Comments

You must Register or Login to post a comment.