K-Pop Zone - 19 January 2023

Jay ENHYPEN Minta Maaf Usai Komentari Sejarah Korea Selatan

Rebecca Sitorus - 19 January 2023
Jay ENHYPEN Minta Maaf Usai Komentari Sejarah Korea Selatan

Baru-baru ini Jay ENHYPEN mengeluarkan permintaan maaf usai mengomentari sejarah Korea Selatan. Beberapa waktu lalu, Jay dan Sunghoon sempat melakukan live di Weverse dan disini mereka membahas tentang sejarah Korea, Teman iStyle.

Awalnya Sunghoon berkata kalau dulunya ia gak suka pelajaran sejarah, namun Sunghoon merasa akhir-akhir ini kalau sejarah Korea itu menyenangkan. Kemudian Jay berkomentar kalau ia lebih suka sejarah dunia.

“Aku belajar banyak tentang sejarah Korea di sekolah. Aku rasa gak ada banyak informasi. Jika kamu belajar selama beberapa minggu atau sekilas, topik sejarah itu akan selesai dengan cepat. Rasanya seperti cerita pendek” ucap Jay ENHYPEN.

Sumber foto: Google

Komentar Jay tentu ramai diperbincangkan dan menuai kritik dari publik, Teman iStyle. Menyadari kesalahannya, Kpop idol kelahiran 2002 ini langsung memposting permintaan maaf melalui Weverse di hari berikutnya.

Baca Juga:

Perjalanan Karir Miyawaki Sakura Sebelum di LE SSERAFIM

“Aku sangat terkejut melihat reaksi penggemar setelah menyelesaikan Weverse Live hari ini. Apapun alasannya aku dengan tulus meminta maaf kepada ENGENE atas ketidaknyamanan yang aku timbulkan.

Aku berbicara terlalu negatif tentang topik penting sejarah Korea hanya berdasarkan kesan pribadiku” ungkap Jay. Ia mengaku gak seharusnya asal berbicara soal sejarah Korea tanpa pengetahuan yang cukup.

Sumber foto: Google

Jay juga mengatakan kalau dirinya masih harus banyak belajar dan berjanji akan lebih teliti dalam berbicara dan berusaha menjadi lebih baik lagi. “Aku sama sekali gak berniat meremehkan sejarah kebanggaan kita, 

Baca Juga:

Dinantikan, Akhirnya EXO Bakal World Tour 2023 Sekaligus Comeback!

BamBam GOT7 Ungkap Gak Ingin Menikah, Ternyata Ini Alasannya!

tetapi aku sadar kata-kataku mungkin menyebabkan orang lain merasa seperti itu, dan itu kesalahanku. Aku minta maaf” lanjutnya. Namun, permintaan maaf Jay kembali menimbulkan kritik karena kata-kata Korea yang dituliskan Jay terkesan meremehkan dan gak tulus, Teman iStyle.

Dalam permintaan maaf pertama, Jay menulis “Apapun alasannya, aku ingin meminta maaf dengan tulus karena menyebabkan ketidaknyamanan di hati ENGENE.”

Sumber foto: Google

Banyak netizen yang mempermasalahkan bagian ini karena mereka menganggap Jay gak mengerti mengapa netizen Korea marah dengan komentarnya. Karena hal ini, Jay kembali memposting permintaan maaf di Weverse pada 18 Januari lalu.

Jay bilang saat live, ia hanya mengungkapkan pemikiran tentang sejarah Korea berdasarkan materi terbatas yang ia temui dan ia gak sadar kalau dirinya menyampaikan pesan yang salah.

Meskipun sesama anggota yang bersamaku mencoba untuk memperbaikinya, aku terlalu ceroboh saat itu untuk menyadarinya. Pilihan kata-kataku dalam permintaan maaf sebelumnya sangat kurang. Aku seharusnya lebih berhati-hati dalam memutuskan apa yang harus aku katakan, dan aku juga minta maaf untuk ini” tulis Jay.

Terakhir, ia juga meminta maaf kepada member ENHYPEN yang lain dan ENGENE karena telah menimbulkan masalah besar akibat perkatannya yang kurang.

Comments

You must Register or Login to post a comment.