K-Pop Zone - 21 November 2022

Deretan Kpop Idol Kelahiran 2004 yang Gak Mengikuti CSAT 2022

Rebecca Sitorus - 21 November 2022
Deretan Kpop Idol Kelahiran 2004 yang Gak Mengikuti CSAT 2022

The College Scholastic Ability Test (CSAT) merupakan sebuah ujian masuk perguruan tinggi di Korea Selatan. CSAT tahun ini didominasi oleh mahasiswa yang lahir di tahun 2004 dan telah diselenggarakan serentak pada 17 November lalu.

CSAT menjadi momen penting untuk menentukan masa depan calon mahasiswa tersebut, termasuk Kpop idol. Namun, bukan hal yang mengejutkan lagi kalau beberapa Kpop idol melewati ujian ini karena ingin fokus pada karir mereka sebagai musisi, Teman iStyle.

Kira-kira siapa aja ya Kpop Idol yang memutuskan gak mengikuti CSAT 2022 ini? Let’s check it out!

Sumber foto: Google

Minji NewJeans

Kpop idol pertama yang dikonfirmasi gak mengikuti CSAT 2022 adalah Minji NewJeans. ADOR selaku agensi NewJeans mengatakan bahwa Minji gak akan berpartisipasi dalam ujian ini karena ingin fokus pada karirnya sebagai Kpop idol yang baru debut bulan Agustus lalu.

Minji merupakan member tertua di NewJeans yang merupakan kelahiran 7 Mei 2004. Sementara itu, NewJeans dikabarkan akan melakukan comeback pertamanya pada 2 Januari 2023 lewat single ‘OMG’

Sumber foto: Twitter (ive_twt)

Wonyoung & Liz IVE

Starship Entertainment sebagai agensi IVE telah mengonfirmasi kalau Wonyoung dan Liz gak akan ikut CSAT 2022 karena sedang sibuk promosi. Agensi menambahkan kalau akan mempertimbangkan hal ini dengan memprioritaskan keputusan sang idol.

Baca Juga:

Segera Comeback, Yuk Intip Outfit Member IVE yang Fashionable

Wonyoung sendiri merupakan murid lulusan Seoul Performing Arts High School jurusan Musik Praktis pada tahun ini. Ia memang sering terlihat memiliki aktivitas solo sendiri diluar aktivitasnya bersama IVE, seperti menjadi co-host Music Bank, brand ambassador untuk Miu Miu, GOSPHERES, FRED, dan masih banyak lagi.

Sedangkan Liz merupakan member kelahiran 21 November 2004. Melihat popularitas IVE yang semakin meningkat walau baru debut di tahun 2021 lalu, menjadi keputusan masuk akal mengapa agensi melewatkan ujian masuk perguruan tinggi.

Sumber foto: Instagram (stayc_highup)

Yoon & J STAYC

Sama seperti Wonyoung & Liz IVE, kali ini dua member STAYC yaitu Yoon dan J juga gak mengikuti ujian CSAT, Teman iStyle. High Up Entertainment selaku agensi mengatakan bahwa 2 member ini masih ingin fokus berkarir sebagai idol.

Baca Juga:

YG Ent Membantah Rumor Bobby iKON Keluar dari Agensi

Yoon yang memiliki nama asli Sim Ja Yun merupakan idol kelahiran 14 April 2004 yang bersekolah di Gajaeul High School. Sedangkan maknae IVE, J atau Jang Yeeun lahir pada 9 Desember 2004 dan bersekolah di Hongik University Girls' High School.

Sumber foto: Instagram (enhypen)

Jungwon ENHYPEN

Leader ENHYPEN, Jungwon juga dikonfirmasi gak mengikuti ujian CSAT tahun ini. Hal ini dikarenakan aktivitas grup yang sedang padat, terlebih ENHYPEN sedang melakukan tur dunia pertamanya bertajuk ‘MANIFESTO’.

Baca Juga:

Cetak Sejarah Baru, BTS Mendapatkan 3 Nominasi di Grammy Awards 2023

Jungwoo saat ini bersekolah di Hanlim Art School jurusan musik terapan. Ia merupakan Kpop idol yang lahir pada 9 Februari 2004.

Sumber foto: Instagram (nmixx_official)

Sullyoon, Jinni, BAE NMIXX

Ketiga member NMIXX, yakni Sullyoon, Jinni, dan BAE juga gak mengikuti CSAT 2022. Mereka memilih fokus pada aktivitas grupnya bersama NMIXX untuk saat ini.

Sullyoon sendiri baru aja lulus dari Hanlim Multi Arts High School jurusan Broadcasting & Entertainment. Ia lahir pada 26 Januari 2004.

Sedangkan Jinni merupakan member NMIXX kelahiran 16 April 2004. Terakhir, BAE yang baru akan menginjak umur 18 tahun pada 28 Desember mendatang.

Itu dia beberapa Kpop idol yang dikonfirmasi gak mengikuti CSAT 2022. Kpop idol yang melewatkan ujian perguruan tinggi tahun ini, masih bisa lho mengikutinya pada tahun-tahun berikutnya.

Comments

You must Register or Login to post a comment.