Lifestyle - 09 September 2022

Mengenal Chuseok, Hari Raya Thanksgiving ala Korea

Rebecca Sitorus - 09 September 2022
Mengenal Chuseok, Hari Raya Thanksgiving ala Korea

Chuseok merupakan salah satu hari raya terbesar di Korea, selain Seollal dan Dano. Hari raya satu ini sering disebut sebagai thanksgiving Korea karena ini merupakan waktu khusus untuk berkumpul bersama keluarga sambil menikmati makanan lezat.

Biasanya Kpop idol juga akan mengucapkan ‘Happy Chuseok’ kepada para penggemar, Teman iStyle. Tahun ini perayaan Chuseok jatuh 10 hari lebih awal dari tahun lalu, yaitu pada 10 September 2022 dan liburan dirayakan selama tiga hari dari 9 September hingga 1 2September.

Sebenarnya apa sih hari Chuseok itu dan bagaimana tradisinya di Korea? Yuk simak artikelnya dibawah ini!

Sumber foto: Google

Arti Chuseok

Chuseok sering disebut sebagai hangawi. ‘Han’ memiliki arti besar, sementara ‘gawo’ punya arti hari ke-15 di bulan kedelapan atau musim gugur.

Baca Juga:

Alasan Masyarakat Korea Makan Sup Rumput Laut di Hari Ultah

Hari raya Chuseok diperingati warga Korea sebagai ucapan syukur dan terima kasih kepada para leluhur berkat hasil panen yang melimpah. Hasil panen saat musim semi dan musim panas ini akan dibagikan kepada saudara, tetangga, keluarga yang mungkin sedang dilanda musibah.

Nah saat perayaan Chuseok, banyak orang Korea yang akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Chuseok bersama keluarga, sama seperti tradisi mudik di Indonesia Teman iStyle. 

Sumber foto: Google

Tradisi Chuseok

Dalam perayaan Chuseok, semua keluarga akan berkumpul di pagi hari untuk merayakan ritual ‘Charye’. Ritual ini bertujuan untuk menghormati para leluhur.

Saat Charye, anggota keluarga akan menyiapkan beras yang baru dipanen, alkohol, dan songpyeon untuk persembahan kepada leluhur. Setelah selesai upacara, anggota keluarga akan menyantap makanan lezat yang telah disiapkan.

Baca Juga:

Ini dia Beragam Dessert Tradisional Korea yang Perlu Kamu Tahu!

Ide Resep Memasak Ramyun Biar Gak Bosan

Tradisi lainnya yang umum saat Chuseok adalah seongmyeo atau ziarah ke makam leluhur dari masing-masing keluarga. Tradisi ini dilakukan sebagai tanda hormat kepada nenek moyang keluarga.

Di zaman modern ini, tradisi Chuseok yang biasa dirayakan adalah memberi hadiah. Orang Korea akan memberikan hadiah, gak hanya untuk kerabat aja, namun juga kepada teman dan kenalan bisnis sebagai tanda terima kasih dan penghargaan.

Hadiah yang diberikan juga berbagai macam, mulai dari daging berkualitas tinggi, buah-buahan yang segar, makanan ringan tradisional Korea, hingga set hadiah peralatan rumah tangga. Saat hari raya Chuseok juga, banyak program televisi Korea Selatan yang akan menampilkan episode khusus untuk merayakan hari spesial ini.

Salah satunya adalah Idol Star Athletics Championships 2022 (ISAC 2022) yang akan tayang selama liburan Chuseok yaitu pada 9 September hingga 12 September di stasiun MBC. 

Nah nonton tayangan spesial Chuseok, pasti enaknya sambil makan makanan Korea yang bisa kamu beli di A Bowl of Happiness di Market City lewat iStyle.id. Ada disc up to 20% + gratis ongkir juga lho!

Oiya jangan lupa juga cek iStyle Baru Korea Spesial 9.9 karena banyak promo menarik mulai dari Korean beauty all under 99K, extra cashback iPoin 10%, dan masik banyak lagi. Yuk belanja sekarang!

Comments

You must Register or Login to post a comment.