K-Pop Zone - 25 July 2022

Lagu Sunmi 'Heart Burn' Dituding Jiplak Lagu Avril Lavigne?

Berlin Belladina - 25 July 2022
Lagu Sunmi 'Heart Burn' Dituding Jiplak Lagu Avril Lavigne?

Sunmi baru aja comeback dengan merilis lagu ‘Heart Burn’. Di lagu ‘Heart Burn’ tersebut Sunmi muncul dengan penampilan barunya yang bikin netizen terkejut.

Ia mewarnai rambut panjangnya menjadi full oranye seperti karakter disney Teman iStyle. Musik nya pun easy listening dan cocok didengarkan di musim panas.

Namun ternyata beberapa netizen menemukan kejanggalan dari musik ‘Heart Burn’, mereka menduga lagu terbaru Sunmi itu memplagiat dari lagu ‘I Don’t Give’ milik Avril Lavigne yang dirilis tahun 2002. Pasalnya ketika didengar secara bersamaan netizen merasa adanya banyak kemiripan.

Terutama pada bagian intro dan chorus, awal dari kecurigaan ini karena salah satu YouTuber membandingkan kedua lagu dan memposting nya. Fans Sunmi pun gak tinggal diam Teman iStyle, baik fans Korea maupun luar Korea, mereka membela Sunmi.

Baca Juga:

Tanpa Sepengetahuan Jessi, Sunmi Menggantikannya di 'Show!terview'!

Fans mengatakan kalau melody pada musik ‘Heart Burn’ dan ‘I Don’t Give’ merupakan melodi sangat umum yang sering digunakan untuk sebuah melodi lagu, dan gak bisa dituduhkan sebagai plagiarism. Mereka pun membandingkan dengan lagu-lagu lain yang memiliki melodi yang mirip.

Beberapa komentar di antaranya, “Hanya karena mirip bukan berarti itu plagiarism”, “Aku bukan fans Sunmi, tapi lagu tersebut gak mirip menurut opini ku”, “Banyak banget lagu-lagu yang menggunakan nada dan kunci yang sama”, dll.

Masalah plagiarism di Korea Selatan memang sedang ramai Teman iStyle, khususnya bagi para penyanyi. Sebelumnya, penyanyi veteran Yoo Hee Yeol terlibat dalam kontroversi plagiarisme setelah karya pianonya "A Most Private Evening" dianggap mirip dengan "Aqua" milik Ryuichi Sakamoto.

Baca Juga:

Selalu Tampil Kreatif dan Unik, Yuk Kita Intip Gaya Makeup Sunmi

Tiru Tampilan All Black Dari Seleb Korea Buat Tahun Baruan!

Yoo Hee Yeol pun meminta maaf dan ia mengatakan acara musik nya akan berakhir. Selain itu penyanyi Lee Mu Jin dengan lagu ‘Traffic Light’ diduga memplagiat lagu Jepang ‘Dragon Night’ oleh Sekai no Owari.

Para pengguna forum Korea menjadi khawatir dengan masalah plagiarisme ini Teman iStyle. Karena bisa jadi tuduhan-tuduhan plagiat tersebut hanya semata-mata untuk merugikan artis aja. 

Gimana menurut Teman iStyle? Apakah melodi lagu ‘Heart Burn’ dan ‘I Don’t Give’ sangat mirip?

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.