K-Pop Zone - 31 May 2022

Resmi Diputuskan, Seungri Dipenjara 1 Tahun 6 Bulan

Berlin Belladina - 31 May 2022
Resmi Diputuskan, Seungri Dipenjara 1 Tahun 6 Bulan

Setelah proses persidangan yang cukup panjang, Mahkamah Agung Korea Selatan yaitu Noh Tae Ak telah memberi putusan akhir Seungri dipenjara selama 1 tahun 6 bulan. Pihak Seungri sempat mengajukan banding mengenai tuduhan perjudian illegal, sedangkan JPU meminta hukuman lebih lama terkait pelanggaran pasal devisa.

Namun Mahkamah Agung Korsel tetap pada pendiriannya dan menegakan hukuman tersebut. Ke 9 tuduhan itu termasuk pelanggaran tindakan hukuman berat kejahatan ekonomi khusus, pelanggaran undang-undang sanitasi makanan, penggelapan, pelanggaran undang-undang tentang hukuman kejahatan seksual, perjudian illegal, pelanggaran transaksi valuta asing, mediasi prostitusi, pembelian jasa prostitusi, dan hasutan kekerasan khusus.

Sumber foto: Google

Selama ini Seungri sedang ditahan di penjara militer dan akan dipindahkan ke penjara sipil selama sisa bulan hukumannya. Masa mendekam Seungri di penjara akan berakhir di bulan Februari 2023.

Baca Juga:

Merilis Lagu 'Still Life', BIGBANG Mengobati Rindu VIP!

Di bulan Agustus 2021, Seungri dituntut hukuman penjara selama 3 tahun setelah pengadilan paling rendah memutuskan ia bersalah atas semua 9 tuduhan tersebut Teman iStyle, termasuk penyelewengan dana untuk pengadaan prostitusi atau investor. Ia juga diharuskan untuk membayar ganti rugi sebesar 1.15 Milliar Won.

Sumber foto: Google

Sejak tahun 2019, industri musik Kpop dihebohkan oleh kasus skandal mantan member Kpop group BIGBANG ini. Gak hanya di Korea Selatan, kasus tersebut juga mencuat hingga luar Korea dan menjadi perbincangan di mana-mana.

Baca Juga:

Kim Garam Pernah Dihukum Level 5, Ini Respon HYBE

Hampir 2 Tahun Aktif, LUNARSOLAR Dikonfirmasi Bubar

Pada saat itu, Seungri dituduh melakukan pembelian layanan prostitusi beberapa kali untuk para investor Taiwan, Jepang, dan Hong Kong termasuk untuk dirinya sendiri sejak 2015. Transaksi tersebut dilakukan untuk menarik investasi bisnis keuangan club malamnya yaitu Burning Sun.

Sumber foto: Google

Seungri membantah tuduhan tersebut, memutuskan meninggalkan BIGBANG serta pensiun dari dunia entertainment untuk melindungi group Kpop nya serta reputasi agensi nya YG Entertainment. Keputusan Seungri ini menimbulkan banyak respon dari netizen, beberapa kecewa dengan keputusan hukuman yang terlalu rendah atas 9 tuduhan.

Ada pula yang tetap mendukung Seungri serta menyatakan kalau ia gak bersalah atas kesalah pahaman tuduhan-tuduhan tersebut. Kasus skandal ini memang gak hanya melibatkan Seungri aja Teman iStyle, penyanyi Jung Joon Young, Lee Jong Hyun CNBLUE dan Yong Jun Hyung ikut terlibat.

 

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.