K-Pop Zone - 15 May 2022

Suga BTS Ungkap Pengaruh ‘Gangnam Style’ pada industri Kpop di US

Rebecca Sitorus - 15 May 2022
Suga BTS Ungkap Pengaruh ‘Gangnam Style’ pada industri Kpop di US

Setelah hiatus sejak 2017, PSY kembali dengan merilis album dengan lagu utama kolaborasi bersama Suga BTS berjudul ‘That That’. Dalam wawancara perilisan lagu ‘That That’, Suga mengungkapkan pengaruh lagu ‘Gangnam Style’ pada industri Kpop di US, bahkan di seluruh dunia.

Teman iStyle pasti udah gak asing lagi kan sama lagu PSY berjudul ‘Gangnam Style’ yang telah dirilis pada tahun 2012. Memang benar ‘Gangnam Style’ menjadi salah satu massive hits di industri musik dan berhasil membuka jalan bagi industri Kpop untuk menerobos negara-negara barat.

Gangnam Style, K-pop yang Mendunia Halaman all - Kompasiana.com

Sumber foto: Google

Di tahun 2012, lagu ‘Gangnam Style’ berhasil menempati posisi no. 2 di Billboard Hot 100 selama 7 minggu berturut-turut. Sejak saat itu, hanya BTS yang mampu mencapai rekor lebih baik yaitu menempati no. 1 di Billboard Hot 100 selama 6 kali.

Baca Juga:

SMTOWN Live 2022 Mengumumkan Lineup Konsernya!

Gak cuma itu Teman iStyle, music video ‘Gangnam Style’ juga menjadi video pertama yang mencapai 1 miliar penayangan di YouTube. Maka gak heran kalau PSY menjadi salah satu legend di industri musik.

Bikin Haru, SUGA BTS Ingin Jadi Sosok Ayah Seperti Ini untuk Anaknya -  Minews ID

Sumber foto: Google

Suga sangat bersyukur dengan pencapaian PSY ini karena merasa Kpop idol lain di US dapat mengikuti langkahnya dengan lebih mudah. Suga juga bilang kalau ia telah menjadi fans PSY sejak masih kecil dan ia pernah bermimpi untuk bisa berkolaborasi dengannya suatu hari.

Baca Juga:

Segera Comeback Bulan Mei, GOT7 Bikin Socmed Baru!

Lisa BLACKPINK Menjadi Model Runway Brand CELINE

“Ketika kami [BTS] mulai mendapatkan daya tarik di Amerika Serikat pada tahun 2017, PSY adalah seseorang yang sangat ingin aku temui,” tambah Suga. “Aku pikir akan sangat bagus untuk mendapatkan beberapa nasihat ketika aku sedang mengalami masa-masa sulit.”

PSY berkolaborasi dengan SUGA BTS untuk lagu mendatang 'That That' |

Sumber foto: Google

Suga juga membahas tentang keterlibatannya dalam lagu ‘That That’ yang akan begitu banyak. "Aku benar-benar gak menyangka bisa berdansa dengan PSY, kupikir aku hanya akan menulis lagu.” ungkap Suga.

Walau terdapat perbedaan umur yang jauh antara Suga dan PSY, namun justru gak ada kecanggungan diantara mereka berdua karena saling menghormati dan pengertian. Suga juga bilang bekerja dengan PSY seperti sedang bekerja dengan teman masa kecil.

Lagu ‘That That’ juga menjadi comeback yang sukses bagi PSY karena baru saja keluar dalam seminggu, lagu ini telah mencapai 15 juta streaming di Spotify. Selain itu, video musiknya telah ditonton lebih dari 100 juta kali di YouTube yang menjadikan video musik Kpop tercepat yang dapat mencapai angka tersebut di tahun ini.

Comments

You must Register or Login to post a comment.