Lifestyle - 17 April 2022

Mau Tahu Tradisi Puasa Ramadan di Korea Selatan?

Berlin Belladina - 17 April 2022
Mau Tahu Tradisi Puasa Ramadan di Korea Selatan?

Bulan Ramadan menjadi bulan yang dinantikan oleh umat muslim, di bulan ini umat muslim berbondong-bondong mengumpulkan pahala dan melakukan kegiatan yang berfaedah. Nah di bulan puasa Ramadan selalu ada tradisi yang berbeda di setiap negaranya Teman iStyle.

Mungkin kalau di Indonesia sendiri tradisi bulan puasa udah gak asing lagi ya, tapi pernah terpikir gak tradisi puasa Ramadan di Korea Selatan? Di Korea sendiri populasi umat muslim hanya 200.000 jiwa atau 0,38% dari jumlah penduduknya.

Langsung aja yuk simak tradisi puasa Ramadan di Korea Selatan!

Sumber foto: Freepik

Durasi Berpuasa

Setiap negara memiliki durasi yang berbeda untuk menjalani ibadah puasa, durasi puasa di Korea Selatan itu sendiri yaitu selama kurang lebih 14 jam. Nah di Korea memiliki Korea Muslim Federation (KMF) yang suka mengumumkan waktu sholat dan waktu mulainya bulan puasa Ramadan.

Di tahun ini, waktu bulan Ramadan di Korea jatuh pada pergantian musim dingin ke musim semi, jadi kondisi cuaca di sana gak begitu panas Teman iStyle. Waktu fajr nya sekitar jam 4 pagi dan waktu berbuka puasa pukul 7 malam.

Sama seperti di Indonesia, waktu berbuka puasa nantinya akan semakin cepat ketika mendekati hari lebaran.

Sumber foto: Freepik

Lomba Baca Al-Quran Setiap Jumat

Tradisi bulan puasa Ramadan di Korea yang satu ini patut ditiru nih Teman iStyle, ternyata di sana mereka selalu mengadakan lomba membaca Al-Quran setiap hari Jumat. Lomba ini bisa diikuti oleh masyarakat Korea beragama muslim, maupun turis yang sedang berada di sana tepatnya di Seoul Central Mosque.

Baca Juga:

Rekomendasi Restoran Rooftop di Jakarta yang Cocok Buat Bukber (#KAMISINSPIRASI)

Diadakan oleh Korea Muslim Federation (KMF), acara ini cukup menyita antusias masyarakat muslim di Korea lho. Perlombaan membaca Al-Quran ini juga menjadi salah satu cara untuk mempererat tali silaturahmi masyarakat muslim di Korea Selatan sambil mendengar lantunan ayat suci Al-Quran. Indah banget ya Teman iStyle.

Sumber foto: Google

Tempat Ibadah

Masjid paling terkenal di Korea Selatan yaitu Seoul Central Mosque yang tadi udah disebutkan. Tapi sekarang ini udah mulai banyak masjid-masjid di Korea, seperti Masjid Ansan, Masjid Busan, Masjid Jeonju (Masjid Abu Bakar Seddiq), Masjid Faizan E-Madina Incheon, Masjid Rahman Jeju, Incheon Islamic Center, Masjid Al Huda Gumi, Al Mujahidin Mosque Incheon, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Tips Olahraga Ketika Ramadan Tanpa Takut Dehidrasi (#SELASANGABUBURIT)

Hampir sama seperti tradisi puasa di Indonesia, masjid-masjid di sana juga sering mengadakan acara buka puasa bersama, bagi-bagi takjil, mengaji, dan lain-lain.

Sumber foto: Google

Tradisi Buka Puasa Bersama

Sebelum pandemi Covid-19 menyerang, ketika bulan Ramadan, Kementrian Luar Negeri Korea sering mengadakan makan malam ataupun buka puasa bersama dengan diplomat dan politisi terkemuka dari semua negara muslim. Ini menjadi salah satu tradisi bulan Ramadan di Korea yang sering dilakukan.

Baca Juga:

Puasa Tetap Fresh dengan Rosy Cheeks Makeup ala K-Pop Idol (#KAMISINSPIRASI)

KBRI Indonesia juga rutin mengadakan buka puasa bersama di hari Sabtu lho, dan menyediakan berbagai macam makanan khas Indonesia Teman iStyle. Meski diadakan oleh KBRI, tapi masyarakat luar Indonesia juga boleh datang dan menikmati makanan Indonesia seperti gorengan, es cendol, kolak, dll.

Masyarakat Indonesia yang lagi di Korea bisa mengobati rindu menyantap makanan Indonesia deh. Semenjak Covid-19, beberapa aktivitas berubah sebagai langkah memutus penyebaran virus.

Sumber foto: Google

Berburu Kuliner Halal

Ketika memilih menu makanan untuk berbuka puasa atau sahur, bukan berarti masyarakat muslim di sana harus memasak sendiri karena takut gak bisa menemukan makana halal. Nah restoran halal di Korea Selatan semakin mudah dijumpai, jadi gak perlu khawatir deh kesulitan mencari kuliner halal.

Daegu, Gyeonggidi, dan Itaewon adalah beberapa kota besar yang menyediakan restoran halal. Itaewon menjadi salah satu kota di ibu kota Korea Selatan dengan penduduk muslim paling tinggi.

Di sana, makanan Korea seperti bibimbap ataupun kimchi dimasak menggunakan bahan dan cara halal sesuai dengan peraturan muslim. Selain kuliner Korea, restoran dari negara Asia Tenggara lain yang halal juga gak sulit ditemui.

Itulah 5 tradisi bulan puasa Ramadan di Korea Selatan Teman iStyle, walaupun jumlah penduduk muslim di sana gak begitu banyak, tetapi tetap menyenangkan dan meriah serta memiliki toleransi cukup tinggi antar sesama.

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.