Lifestyle - 12 April 2022

Tips Olahraga Ketika Ramadan Tanpa Takut Dehidrasi (#SELASANGABUBURIT)

Berlin Belladina - 12 April 2022
Tips Olahraga Ketika Ramadan Tanpa Takut Dehidrasi (#SELASANGABUBURIT)

Beberapa orang yang cinta olahraga, selama puasa biasanya sangat menghindari olahraga. Mereka memilih olahraga di malam hari setelah berbuka puasa atau stop olahraga sama sekali karena takut dehidrasi.

Sebenarnya melakukan olahraga ketika Ramadan dan sedang puasa boleh aja dilakukan selama tahu porsinya masing-masing. Buat Teman iStyle yang mau olahraga ketika berpuasa dan butuh tipsnya, tenang kali ini K-Hub kasih tahu beberapa tips olahraga saat puasa di bulan Ramadan.

Sumber foto: Freepik

Pahami Tubuh Sendiri

Sebelum memulai olahraga, Teman iStyle mesti memahami stamina dan kondisi tubuh ketika berpuasa dengan menggunakan ‘common sense’. Pertanyaan nya adalah apakah kamu gampang lemas ketika puasa?

Merasa kekurangan energi jika melakukan beberapa aktivitas fisik? Kalau jawabannya iya, lebih baik ditunda dulu olahraga nya selama sebulan. Tapi kalau hal yang tadi disebutkan gak kamu rasakan, it’s okay untuk olahraga di gym atau di rumah.

Ingat ya jangan terlalu berlebihan supaya gak dehidrasi ataupun terluka pas olahraga.

Sumber foto: Freepik

Tentukan Waktu yang Pas

Tips olahraga saat puasa selanjutnya ialah, tentukan waktu yang pas untuk melakukannya. Perlu diakui kalau olahraga saat puasa Ramadan memang gak mudah apalagi ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Baca Juga:

Menu Diet Member ITZY yang Gak Ekstrem Sama Sekali!

Nah tips kedua ini menjadi kunci ketika Teman iStyle melakukan olahraga di bulan Ramadan supaya tetap aman. Olahraga mendekati berbuka puasa, atau setelah waktu makan malam adalah waktu terbaik untuk kamu olahraga.

Soalnya kamu bisa makan ataupun minum untuk mengisi kembali energi dalam tubuh. Kalau menurut kamu rekomendasi waktu tersebut gak cocok, pilih aja waktu yang pas menurut kamu untuk berolahraga ya.

Sumber foto: Freepik

Sesuaikan Kemampuan

Kemampuan aktivitas fisik ketika berpuasa dan saat hari-hari biasa sangatlah berbeda, kamu mesti memastikan kemampuan mu saat olahraga. Selain kemampuan, ritme olahraga serta durasi juga perlu disesuaikan.

Baca Juga:

Rekomendasi Makanan Sehat Korea Buat Buka Puasa (#SELASANGABUBURIT)

Intinya adalah ketika olahraga di bulan Ramadan sangat penting untuk menjaga diri agar tetap aman tanpa terluka atau sakit. Di bulan Ramadan, sangat direkomendasikan untuk mengurangi intensitas olahraga kamu.

Misal mengurangi beban berat saat melakukan lifting, mengurangi set, ataupun kalau biasanya Teman iStyle bisa masuk ke 2 kelas olahraga berbeda dalam satu hari, alangkah baiknya hanya lakukan 1 kelas aja. The thing is you have to go easy on yourself!

Sumber foto: Freepik

Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Tips olahraga saat berpuasa ini maksutnya bukan berarti Teman iStyle minum dan batal puasa ya, tapi memastikan tubuh terhidrasi dengan baik saat berbuka, waktu malam dan saat sahur. Kekurangan air menjadi salah satu faktor kesulitan ketika olahraga saat puasa, kamu juga bakal mudah lelah dan juga pusing.

Baca Juga:

10 Menit Olahraga Bareng Solar Mengencangkan Bokong

Maka dari itu mengonsumsi air yang cukup sangatlah penting supaya tetap terhidrasi sebelum memulai puasa keesokan harinya. Selain air mineral, ada beberapa buah yang dapat membantu menghidrasi tubuh seperti buah jeruk, apel, semangka, blueberry, tomat, timun, dll.

Disarankan meminum air sebanyak 1.5 liter atau setara dengan 6 gelas sepanjang malam sampai sahur.

Sumber foto: Freepik

Jangan Melewati Makan Sahur

Melawan rasa ngantuk untuk makan sahur memang agak berat, tapi makan sahur sangat penting untuk tips olahraga saat puasa lho. Makan sahur merupakan waktu yang tepat untuk menambahkan energi selama berpuasa ketika melakukan aktivitas.

Pastikan makan makanan yang penuh nutrisi dan minum air yang cukup. Gak hanya lemas ketika olahraga aja, melewati makan sahur bikin kamu kekurangan energi saat menjalani hari.

Mengonsumsi vitamin saat buka puasa dan sahur juga penting untuk menjaga stamina kamu selama bulan Ramadan. Dapatkan supplement selama puasa di Bukan Ramadan Biasa dengan diskon menguntungkan berbagai macam brand terbaik, ada berkah THR 2M lho.

Sumber foto: Freepik

Perhatikan Tanda-Tanda Dehidrasi

Yup, melakukan olahraga saat puasa gak menutup kemungkinan kamu bakal mengalami dehidrasi. Jangan memaksakan diri jika kamu udah merasa dehidrasi ya, ciri-ciri dehidrasi biasanya pusing, lemas, mata berkunang-kunang, merasa sangat haus, otot kram, jantung berdebar cepat.

Kalau Teman iStyle mengalami hal-hal tersebut, segera berhenti berolahraga dan istirahat. Gejala dehidrasi lainnya seperti lemah, linglung sampai hilang kesadaran harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk perawatan secara medis.

Duh jangan sampai yang tadinya mau sehat di bulan Ramadan malah jadi sakit gara-gara kamu terlalu mem-push diri untuk berolahraga. Nah itulah beberapa tips olahraga saat puasa di bulan Ramadan, siapa bilang kamu gak bisa olahraga saat olahraga?

Kuncinya adalah tetap lakukan secara aman dan ikuti beberapa tips di atas ya. Jangan lupa juga cari kebutuhan olahraga kamu di Stay Fasting Keep Moving iStyle.id dengan diskon up to 60ngan berbagai macam brand pakaian olahraga ternama.

Comments

You must Register or Login to post a comment.