K-Entertainment - 31 March 2022

Memfoto Wanita Tanpa Izin dengan Caption Pelecehan, Jin Ha Minta Maaf

Berlin Belladina - 31 March 2022
Memfoto Wanita Tanpa Izin dengan Caption Pelecehan, Jin Ha Minta Maaf

Knetz menemukan blog tumblr lama milik Jin Ha salah satu pemain serial Korea terbaru Apple TV+ ‘Pachinko’ yang aktif di tahun 2010 sampai 2011. Memiliki judul ‘Flowers in Bloom’ Jin Ha secara sengaja tanpa consent memfoto wanita paruh baya dan juga nenek-nenek di transportasi dan tempat umum Korea.

Ada lebih dari 100 foto lho Teman iStyle, dan ternyata blog tersebut masih aktif selama 11 tahun sampai akhirnya dihapus beberapa waktu lalu. Tambah bikin kesal, Jin Ha menuliskan caption pada foto-foto tersebut dengan nada provokatif berunsur seksual.

Sumber foto: Google

Beberapa contohnya, “bekerja dengan model provokatif, sulit mengendalikan diri & nafsuku”, “sekarang kita punya alasan untuk langsung menatap p*t*ng kanannya”. Selain berkonteks seksual, Jin Ha juga turut berkomentar buruk pada penampilan mereka.

Baca Juga:

Yuk Kepoin Fakta Menarik Drama Korea Lee Min Ho ‘Pachinko’

Sontak setelah berita ini bermunculan, netizen langsung merasa jijik dengan tingkah laku Jin Ha. Apalagi Jin Ha sama sekali gak menyensor wajah dari foto wanita paruh baya itu.

Sumber foto: Google

Seperti yang Teman iStyle tahu, memfoto orang tanpa persetujuan di Korea Selatan sangat illegal dan termasuk perbuatan kejahatan. Jin Ha pun menyampaikan permintaan maaf melalui personal website, “aku menerima seluruh kritik. Itu benar kalau ‘Korean Flowers in Bloom’ merupakan akun tumblr ku sejak 2011 yang seharusnya gak pernah ada.

Baca Juga:

Couple Goals, Beberapa Seleb Korea yang Menikah di 2022!

Aku melakukan kesalahan dengan mengambil foto dan mengupload nya di online 11 tahun lalu. Aku gagal untuk mempertimbangkan dampak negatif dan meninggalkan akun seperti itu selama bertahun-tahun.”

Sumber foto: Google

Jin Ha telah meminta pihak tumblr untuk menghapus akunnya tersebut Teman iStyle. Gak hanya akun tumblr, akun Instagram serta Twitter nya juga turut ditutup, ia berterimakasih dan berjanji ke publik hal tersebut gak bakal keulang kembali.

Baca Juga:

Response Penulis Webtoon 'Business Proposal' Soal Versi Drakor

Menurut bagian 14 Undang-Undang Korea Selatan ‘Bertindak Pada Kasus Khusus Mengenai Hukuman, Dll. Kejahatan Seksual dinyatakan bahwa, “seseorang yang mengambil foto atau video tubuh orang lain, yang dapat menyebabkan tindakan seksual rangsangan atau rasa malu terhadap kehendak orang yang terambil gambar nya, dengan menggunakan kamera atau mekanisme lain yang fungsinya serupa dengan itu, dipidana dengan: penjara dengan kerja paksa tidak lebih dari tujuh tahun atau denda tidak lebih dari 50 juta Won”, menurut salinan undang-undang yang diposting di Hukum Korea situs Pusat Informasi.

Di Pachinko, Jin Ha berperan sebagai Solomon Baek, seorang cucu dari protagonist Sunja yang dimainkan oleh Yun Yuh-Jung.

Comments

You must Register or Login to post a comment.