Lifestyle - 28 February 2022

Beberapa Hal yang Gak Boleh Dilakukan di Korea Selatan, Catat Ya!

Berlin Belladina - 28 February 2022
Beberapa Hal yang Gak Boleh Dilakukan di Korea Selatan, Catat Ya!

Mengeksplorasi negara baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya memang seru, apalagi kalau kamu menemukan sesuatu yang baru yang gak dialami di negara sendiri. Setiap negara memiliki peraturan yang berbeda termasuk Korea Selatan.

Bukan rahasia lagi kalau budaya Korea Selatan semakin meluas ke mancanegara, mulai dari Kpop sampai drama Korea, industri hiburan Korea menjadi fenomena global. Pariwasata Korea Selatan pun semakin naik tiap tahunnya.

Nah kalau Teman iStyle berencana mau ke sana, K-Hub kasih tau beberapa hal yang gak boleh dilakukan di Korea Selatan.

Sumber foto: Freepik

Hindari Sikap Berlebihan di Tempat Umum

Terlalu menunjukan rasa emosi di tempat umum is a big no no in South Korea. Entah itu marah, bahagia, sedih atau apapun itu.

Mungkin kalau di drama Korea kamu sering melihat pemainnya melakukan hal tersebut. Tapi nyatanya, Teman iStyle bakal dilihat aneh dan mendapat tatapan sinis ketika kamu mulai cekikikan atau sikap riuh di jalan.

Salah satu tipsnya adalah tutup mulut kamu ketika tertawa di tempat umum, ini seringnya hanya berlaku untuk perempuan. Berbicara dengan suara yang kencang juga perlu dihindari nih, walaupun kamu pakai Bahasa sendiri.

Apalagi kalau lagi di transportasi umum atau di tempat yang ruangannya gak luas karena dianggap gak sopan dan kasar.

Sumber foto: Freepik

Jangan Berkomentar Sinis Soal Operasi Plastik

Korea Selatan termasuk negara yang tingkat operasi plastiknya cukup tinggi, dan semua masyarakatnya menganggap operasi plastik adalah hal yang biasa. Operasi plastik banyak peminatnya di Korea tentu aja karena standar kecantikan yang sangat tinggi.

Baca Juga:

Ini Makanan Yang Selalu Ada Saat Ulang Tahun ala Drama Korea

Bahkan sebuah riset mengatakan bahwa perempuan Korea berumur 19 sampai 29 tahun pasti pernah memperbaiki sesuatu pada wajahnya. Berkomentar sinis mengenai operasi plastik sampai menebak-nebak “operasi plastik atau gak?” ke setiap orang yang lewat that’s so rude.

Memperhatikan dan menatap orang dianggap menakutkan di Korea Selatan, so hindari ya Teman iStyle.

Sumber foto: Freepik

Jangan Tersinggung Jika Ditanya Umur

Di beberapa negara barat umur hanyalah sebuah angka, tapi kalau di negara Asia, umur cukup penting untuk menentukan sikap dan cara berbicara khususnya di Korea Selatan. Oppa, Eunnie, Sunbaenim, dll, merupakan beberapa kata panggilan sesuai umur dan tingkat senior yang pasti udah sering Teman iStyle dengar.

Baca Juga:

Year of Tiger, Mengenal Lebih Dalam Zodiak Korea Yuk!

Sangat umum di Korea, menanyakan umur ketika pertama kali kenalan satu sama lain supaya bisa menentukan menggunakan Bahasa formal/informal. Oh iya, umur Korea dan international berbeda lho, di Korea memiliki umur 1 tahun lebih tua dibandingkan umur international.

Jadi jangan tersinggung kalau ditanya soal umur ya Teman iStyle.

Sumber foto: Google

Jangan Makan Duluan

Peraturan satu ini berlaku di situasi apapun kalau kamu sedang makan ataupun minum dengan orang yang lebih tua di Korea Selatan. Sebelum mengambil alat makan, Teman iStyle perlu memperhartikan orang lain yang duduk satu meja dengan mu terutama ke orang yang lebih tua.

Baca Juga:

Fun Facts Menarik Tentang Korea yang Kamu Harus Tahu!

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, kalau umur menjadi faktor penting di sini. Meskipun perut kamu bunyi dan lapar banget, you have to wait and resist the temptation.

Kalau masih ragu soal umur lebih baik kamu membiarkan mereka makan dahulu supaya lebih aman dan menunjukan sikap hormat. Oh iya setelah makan pun, jangan beranjak sebelum mereka selesai lebih dulu. Better be safe than sorry right?

Sumber foto: Google

Menusuk Sumpit Di Nasi

Sumpit sangat penting dan gak bisa lepas sebagai alat makan di Korea, apapun makanannya mereka selalu menggunakan sumpit. Peraturan satu ini mungkin pernah Teman iStyle dengar sebelumnya, menusuk atau meletakkan sumpit pada nasi sangat dilarang di Korea.

Soalnya posisi sumpit yang berdiri itu menyerupai dupa yang dibakar di pemakaman, ini juga dipercaya membawa nasib yang buruk. Membawa nuansa pemakaman ke meja makan sangat gak dianjurkan. Alangkah baiknya setelah makan kamu meletakkan sumpit di atas mangkuk atau meja.

Sumber foto: Google

Asal Duduk di Transportasi Umum

Kamu bakal kena omel atau ditatap secara jutek kalau asal duduk terutama di area prioritas untuk orang tua, berkebutuhan khusus, ataupun wanita hamil. Gak semua tempat duduk transportasi umum Korea bisa digunakan oleh semua orang.

Sama seperti di Indonesia, tempat duduk prioritas ini biasanya berada di paling ujung dekat pintu. Tapi gak ada salahnya untuk bertanya orang sekitar baris mana yang merupakan area prioritas.

Se-ramai atau selelah apapun anak muda gak ada yang berani duduk di tempat prioritas ini Teman iStyle. Warga Korea beranggapan area tersebut exclusive hanya untuk warga prioritas.

Comments

You must Register or Login to post a comment.