Lifestyle - 21 February 2022

Tetap Bugar di Segala Medan, Ini 5 Gerakan HIIT Cardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kevin - 21 February 2022
Tetap Bugar di Segala Medan, Ini 5 Gerakan HIIT Cardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

High Intensity Interval Training menjadi salah satu metode olahraga yang efektif dalam menjaga kebugaran tubuh. Hal ini penting untuk dilakukan karena padatnya aktivitas sehari-hari juga perlu diimbangi dengan olahraga agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari risiko terserang penyakit. Selain itu, berolahraga juga merupakan langkah untuk mencintai diri sendiri yang ultimate.

Tanpa harus repot-repot pergi ke gym center, kamu bisa memulai workout dari rumah. Berikut gerakan HIIT Cardio yang efektif untuk menjaga kesehatan. Apa saja?

Mountain Climber

(c) Shutterstock

Mountain climber menjadi gerakan wajib yang dilakukan saat menerapkan HIIT Cardio. Sesuai namanya, gerakan ini mengambil posisi layaknya seseorang yang sedang berusaha mendaki gunung.

Caranya adalah posisikan tubuh seperti melakukan push up. Pastikan tubuh berada dalam posisi lurus. Setelah itu, tarik lutut kiri ke dada kanan dan lutut kanan ke dada kiri secara bergantian. Lakukan gerakan ini selama 20 detik dan beberapa repetisi.

Jumping Jacks

(c) Shutterstock

Jumping jacks merupakan gerakan HIIT cardio sederhana yang memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh. Untuk melakukannya, mulai posisi berdiri tegak kemudian lompat sambil membuka kedua kaki serta tarik kedua tangan ke atas kepala. Setelah itu, lompat sekali lagi sambil merapatkan kedua kaki dan tarik kedua tangan ke bawah, kembali ke posisi berdiri. Gerakan ini efektif untuk melatih jantung dan kebugaran tubuh sehingga nggak gampang lelah di segala medan.

Plank

(c) Shutterstock

Nggak cuma efektif mengecilkan otot perut, nyatanya plank membarikan manfaat positif bagi kebugaran tubuh. Cara melakukannya adalah tengkurap dengan tumpuan terdapat pada siku dan ujung kaki. Pertahankan posisi tersebut dalam waktu 20 detik dan lakukan beberapa repetisi untuk mendapatkan hasil optimal.

Push Up

(c) Shutterstock

Benar, push up adalah gerakan penting dalam HIIT cardio. Pastikan untuk membentuk posisi push up secara lurus dari bahu hingga ujung kaki. Selain itu, pastikan punggung agar jangan sampai melengkung dan pantat yang nggak boleh terlalu diangkat. Dengan disiplin saat push up, maka semua manfaat dari gerakan ini bisa teraplikasi sempurna dalam tubuhmu.

Squat

(c) Shutterstock

Satu lagi gerakan penting yang perlu dilakukan untuk menyempurnakan HIIT cardio yaitu squat. Untuk melakukannya, mulai dengan membuka kedua kaki sedikit lebih lebar dari bahu kemudian tekuk lutut hingga posisi paha lurus sejajar dengan lantai. Pastikan tubuh seimbang dan tumpuan ada pada kedua kaki. Setelah itu, kembali ke posisi berdiri. Lakukan gerakan ini selama 20 detik.

HIIT cardio memang bisa dilakukan di rumah, tapi imbangi juga dengan gerakan olahraga lain agar tubuh semakin bugar. Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan semua perlengkapan dan outfit olahraga di iStyle.id.

Mumpung ada promo Love is In The Sport, kamu bisa mendapatkan Disc up to 50%, Extra 200K Off, dan free ongkir loh! Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera mulai menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan HIIT cardio di tengah padatnya aktivitas. Dapatkan semua promo menarik perlengkapan olahraga di iStyle.id.

Sumber: https://plus.kapanlagi.com/tetap-bugar-di-segala-medan-ini-5-gerakan-hiit-cardio-yang-bisa-dilakukan-di-rumah-3ae27f.html

Comments

You must Register or Login to post a comment.