K-Pop Zone - 04 February 2022

Make History! Kpop Idol yang Berhasil Masuk Billboard Hot 100

Berlin Belladina - 04 February 2022
Make History! Kpop Idol yang Berhasil Masuk Billboard Hot 100

Kpop group dan penyanyi solo Korea berhasil menarik hati masyarakat dunia berkat karya-karyanya. Beberapa dari mereka udah banyak yang berhasil masuk chart Billboard Hot 100 Teman iStyle.

Chart Billboard Hot 100 adalah standard chart industri musik di United States untuk lagu yang dipublikasikan secara mingguan oleh majalah Billboard. Nah peringkatnya dihitung berdasarkan penjualan fisik dan digital, radio, dan streaming online.

Teman iStyle tahu gak Kpop idol dan group apa aja yang bikin sejarah berhasil masuk ke Billboard Hot 100? Simak ulasan ini ya!

Wonder Girls

I want nobody nobody but You, I want nobody nobody but You”, hayo siapa yang nyanyi baca lirik tadi? Ke populeran lagu ‘NOBODY’ dari Kpop group Wonder Girls berhasil membawa mereka mencuri perhatian masyarakat Amerika di tahun 2009.

Mereka pun berhasil masuk ke dalam Billboard Hot 100 peringkat ke 76. Karena hal tersebut JYP Entertainment menjadi agensi pertama yang memiliki Kpop group masuk ke Billboard Hot 100. Penjualan lagu tersebut telah merilis 4 bahasa berbeda yaitu Korea, English, Japanese, dan Mandarin.

PSY

Yang satu ini gerakannya juga pasti udah pada hafal ya Teman iStyle, “Oppa Gangnam Style!” everyone knows this song. Lagu Gangnam Style ditulis dan dibawakan langsung oleh PSY sendiri.

Music video serta lagu Gangnam Style menjadi sangat viral di berbagai belahan dunia pada tahun 2012. Awalnya lagu ini debut di peringkat 64, namun lama kelamaan jadi makin naik ke peringkat 2 Hot 100, wah keren banget ya.

Gak cuman sekadar viral, lagu PSY ini juga mempengaruhi budaya pop dunia, dibikin meme bahkan menduduki chart teratas iTunes di lebih 30 negara. Music Videonya di YouTube menjadi yang pertama mencapai 1 milyar penonton!

Dan sekarang udah lebih dari 4 milyar lho. PSY juga sukses dengan lagu lainnya seperti ‘Gentleman’ pada peringkat 5 dan ‘Daddy’ dengan CL. Sekarang ia mendirikan agensi sendiri yang bernama P NATION.

CL

Setelah 2NE1 bubar, CL terus membuktikan talentanya dengan merilis beberapa lagu yang hits seperti ‘Hello B*TCHES’. Tapi bukan lagu ‘Hello B*TCHES’ yang berhasil masuk ke Billboard Hot 100 Teman iStyle, melainkan single Amerika pertamanya berjudul ‘Lifted’.

Baca Juga:

Dari TREASURE Hingga Apink, Ini Deretan Idol yang Comeback Februari Mendatang!

Lagu ‘Lifted’ masuk Billboard Hot 100 peringkat 94 bulan Oktober 2016, CL langsung membuat sejarah menjadi penyanyi perempuan Kpop solo pertama yang ada di chart Hot 100. 

J-Hope BTS

J-Hope menjadi member BTS pertama yang lagunya berhasil masuk ke Billboard Hot 100 Teman iStyle. ‘Chicken Noodle Soup’ yang merupakan lagu kolaborasi dengan Becky G.

Lagu yang menggunakan 3 bahasa berbeda yaitu Bahasa Inggris, Korea dan Spanyol debut di chart Billboard Hot 100 bulan Oktober 2019 di posisi ke 81. Ia juga menjadi penyanyi solo ke 3 pada Hot 100 setelah PSY dan CL.

Agust D BTS

Kpop idol yang masuk Billboard Hot 100 selanjutnya, Agust D / Suga juga mengikut jejak J-Hope dengan lagu ‘Daechwita’ nya di peringkat 76 Billboard Hot 100. Mix tape-nya ‘D-2’ juga muncul di Hot Billboard 200 pada minggu yang sama.

Baca Juga:

Gak Sembarangan, Berikut Makna Dibalik Tato Milik Kpop Idol!

Agust D langsung menjadi Kpop idol solo pertama yang berada di kedua chart Hot 100 dan Hot 200. Selain di Billboard, Agust D berada di posisi 1 chart iTunes di lebih dari 100 negara.

Rosé BLACKPINK

Debut solonya Rosé paling dinantikan fans dengan single ‘On the Ground’ yang menjadi title track album ‘R’. MV-nya di YouTube memecahkan rekor dalam 24 jam sebanyak 41.6 juta penonton mengalahkan PSY bahkan sejak kemunculan video teasernya.

Baca Juga:

Berbagai Cerita Lucu KPop Idol Saat Wamil Dijamin Buat Ngakak!

Bulan Maret 2021 lagunya debut di peringkat 70 menjadi peringkat Kpop solo wanita tertinggi di Billboard. Rosé juga mendapatkan Guinness World Record karena berada di posisi 1 Billboard Global Chart sebagai soloist dan Kpop group, serta Kpop solo most views MV dalam 24 jam.

Lisa BLACKPINK

Lisa menjadi member kedua BLACKPINK yang berhasil menembus chart Billboard. Single pertamanya ‘LALISA’ berada di peringkat 84, begitu juga lagu ‘MONEY’ berhasil di peringkat 90.

Pencapaian tersebut bikin Lisa menjadi Kpop idol solo kedua yang memiliki lebih 1 entri Hot 100 Billboard. MONEY juga menjadi lagu tercepat yang mencapai 100 juta streaming Spotify oleh Kpop artis lho.

BTS

The biggest male Kpop group BTS pencapaiannya udah gak perlu diragukan lagi deh. BTS udah sering masuk Billboard chart Hot 100 sebanyak 22 kali.

DNA menjadi lagu pertama BTS yang masuk ke chart Billboard di angka 85. Lalu ‘Fake Love’ menjajaki peringkat 10 dan menjadi lagu BTS pertama yang mencapai Top 10.

Bulan Agustus 2020 ‘Dynamite’ debut posisi 1 dan bertahan selama 3 minggu berturut-turut! Begitu juga lagu Savage Love kolaborasi dengan Jawsh 685 dan Jason Derulo berada di posisi pertama di bulan selanjutnya.

Lagu berbahasa Korea Life Goes On juga ada di peringkat pertama lho Teman iStyle, menjadi lagu Korea pertama yang berada di puncak teratas Billboard 100. Lagu ‘Butter’ dan ‘Permission to Dance’ berada di puncak Hot 100 selama berbulan-bulan.

BLACKPINK

BLACKPINK juga menjadi Kpop idol group yang berhasil masuk ke Hot 100 Billboard Teman iStyle dengan lagu pertamanya ‘Ddu-Du Ddu-Du’ berada di posisi 55. BLACKPINK memecahkan rekor chart Kpop group female tertinggi setelah sebelumnya dipegang oleh Wonder Girls.

‘Kill This Love’, ‘Lovesick Girl’ dan ‘How You Like That’ juga turut mencapai peringkat 33. Kpop group satu ini beberapa kali kolaborasi dengan penanyi international seperti Dua Lipa, Lady Gaga, Cardi B dan Selena Gomez.

Lagu ‘Ice Cream’ dengan Selena Gomez mencapai tingkat tertinggi yaitu pada posisi 13.

TWICE

Single terbaru ‘The Feels’ berhasil membawa TWICE masuk ke chart Billboard Hot 100 di peringkat 83. Ini kali pertama TWICE di Billboard lho Teman iStyle.

‘The Feels’ juga debut no 5 pada Billboard Digital Song Sales. Pencapaian tersebut bikin TWICE menjadi Kpop group idol kedua masuk top 5 pada chart setelah BLACKPINK. Selain itu, ‘The Feels’ debut peringkat 10 di Billboard Global Chart Excl. US! 

Comments

You must Register or Login to post a comment.