Lifestyle - 31 December 2021

Siapin Korean BBQ Untuk Mengakhiri Tahun Yuk!

Agatha Febry - 31 December 2021
Siapin Korean BBQ Untuk Mengakhiri Tahun Yuk!

Akhir tahun biasanya dilengkapi dengan aktivitas kebersamaan bareng keluarga, teman maupun kerabat. Salah satu aktivitas wajib yang ada didalamnya adalah menyantap makanan yang dibakar bersama-sama. 

Mulai dari jagung, sosis, roti ataupun makanan lainnya menjadi sajian wajib didalamnya. Dalam rangka mengakhiri tahun ini, Teman iStyle bisa mencoba membuat Korean BBQ untuk meramaikan malam tahun barumu di rumah! Kira-kira apa aja yang perlu disiapkan? Yuk simak bahan-bahan bikin Korean BBQ di rumah.

Sumber foto: Google

Daging

The star of the show dari Korean BBQ adalah bermacam-macam daging yang dihidangkan. Teman iStyle bebas menggunakan potongan daging sapi bagian mana yang akan kamu santap, mostly yang dipilih untuk Korean BBQ adalah beef sliced yang mengandung sedikit lemak di dalamnya. 

Bagi Teman iStyle yang gak terlalu suka makan daging sapi, kamu bisa menggantinya dengan daging ayam bagian dada yang sudah dipotong ataupun berbagai jenis ikan yang sudah dipisahkan dengan durinya. Kalau kamu sering nonton drama Korea dan reality show para idol Korea, banyak diantaranya yang menyantap BBQ dengan daging babi.

Teman iStyle bisa menyesuaikan dengan selera kamu masing-masing ya!

Baca Juga:

Gimana Sih Weekend ala Orang Korea itu?

BBQ ala Korea di Rumah? Begini Resep Marinasinya

Sumber foto: Google

Saus Marinasi

Salah satu kunci utama dari Korean BBQ adalah bagaimana rasa saus marinasi yang digunakan untuk memasak dagingnya. Saus marinasi ini bisa Teman iStyle dapatkan dengan membeli saus BBQ instan yang biasanya memiliki berbagai varian rasa seperti bulgogi, spicy, teriyaki, dan BBQ. 

Tapi Teman iStyle juga bisa buat saus marinasinya sendiri lho! Kamu cukup menyiapkan kecap ikan, kecap asin, minyak wijen, saus sambal, cabai bubuk, biji wijen, brown sugar/regular sugar, black pepper, dan white pepper. 

Cukup campurkan 1 sendok makan kecap ikan, 1 sendok makan kecap asin, 2 sendok teh minyak wijen, lalu taburkan black pepper sesuai selera kamu. Selanjutnya masukkan 1,5 sendok makan brown sugar, aduk semua sampai rata.

Siap deh saus marinasi untuk melengkapi Korean BBQ-mu! 

Sumber foto: Google

Sayuran

Selanjutnya bahan yang perlu disiapkan untuk membuat Korean BBQ adalah sayuran. Sayuran biasanya berperan sebagai pelengkap saat menyantap Korean BBQ. Jenis sayuran yang paling sering digunakan adalah selada keriting dengan penyajian langsung tanpa dimasak terlebih dahulu. 

Saat menyiapkan selada, pastikan Teman iStyle sudah mencucinya sampai bersih terlebih dahulu. Setelah itu keringkan dengan menggunakan kain persih atau tisu masak agar gak terlalu berair saat disantap. 

Selain selada, beberapa penikmat Korean BBQ suka menambahkan jamur enoki untuk di grill dan disantap. Sama seperti selada, jamur enoki cukup dicuci dan dibersihkan sehingga gak perlu dimasak terlebih dahulu.

Tapi kamu gak cuma bisa menggunakan jamur enoki aja kok, Teman iStyle bisa memilih jenis jamur yang lain sesuai dengan seleramu! Beberapa orang Korea juga gak lupa untuk menyajikan kimchi sebagai sayur pelengkap saat menyantap BBQ yang mereka makan.

Kimchi biasanya langsung dimakan dengan nasi dan daging BBQ yang sudah dimasak. 

Baca Juga:

Macam Makanan Korea yang Popular di Indonesia

Selain Soju, Makgeolli Bisa Menemani Year End Party!

Sumber foto: Google

Pelengkap

Bawang putih dan bawang bombay biasanya digunakan agar menciptakan aroma yang harum dan sedap saat memasak daging dan bahan lainnya. Untuk bawang putih, Teman iStyle cukup mengupasnya hingga bersih tanpa harus dipotong atau ditumbuk. 

Untuk bawang bombay, kamu bisa memotongnya dengan lebar kurang lebih 1 cm dan berbentuk seperti lingkaran. Pastikan kamu memisahkan setiap lapisan bawang bombay tersebut agar gak terlalu tebal saat dikonsumsi. 

Selain kedua bawang tersebut, beberapa orang menikmati Korean BBQ dengan menambahkan lauk lain sebagai pelengkap yang terdiri dari berbagai macam fish cake ataupun odeng. Teman iStyle juga bisa menambahkan sosis, berbagai jenis bakso yang sudah dipotong tipis, ataupun menambahkan lauk lainnya seperti cumi dan udang. 

Biasanya Korean BBQ juga divariasikan dengan menambahkan tteokbokki sebagai hidangan pelengkap saat menyantapnya. Untuk Teman iStyle penggemar keju, kamu juga bisa menambahkan keju untuk menambah cita rasa makanan yang kamu makan. 

Keju yang pas untuk disantap dengan Korea BBQ adalah keju mozarella yang bisa meleleh dan memberi cita rasa berbeda pada makananmu. Nah itu dia beberapa perlengkapan yang bisa Teman iStyle siapkan saat membuat Korean BBQ di untuk mengakhiri tahun ini.

Semua keperluan Korean BBQ diatas bisa kamu dapatkan di Lotte Mart yang dipesan melalui iStyle.id lho! Ada layanan delivery order melalui Whatsapp juga lho untuk memudahkan kamu! So, selamat menikmati BBQ-mu dan selamat tahun baru! 




Comments

You must Register or Login to post a comment.