Lifestyle - 25 December 2021

Ternyata Begini Tradisi Perayaan Natal di Korea Selatan

Berlin Belladina - 25 December 2021
Ternyata Begini Tradisi Perayaan Natal di Korea Selatan

Korea Selatan menjadi satu-satunya negara di Asia Timur yang menjadikan tanggal 25 Desember Natal (Sung Tang Chuk Ha) sebagai hari libur nasional. Gak seperti perayaan Chuseok atau Seollal Teman iStyle, Natal bukanlah perayaan besar, jadi gak banyak masyarakatnya yang pulang kampung untuk merayakannya.

Hari raya Natal di Korsel ternyata malah mirip dengan hari Valentine, jadi seperti hari libur bersama pasangan dan bermalas-malasan. Kira-kira selain menghabiskan waktu bersama pasangan atau orang terdekat, apa aja ya tradisi perayaan Natal di Korea Selatan?

Let’s check this one out Teman iStyle.

Sumber foto: Google

Bukan Tradisi Keagamaan

Untuk mayoritas beberapa negara, perayaan Natal menjadi tradisi keagamaan seperti berdoa di gereja di malam Natal dan banyak cerita keagamaan dibalik hari Natal itu sendiri. Memang di Korea Selatan itu mayoritas masyarakatnya gak memiliki agama, bisa di bilang cuman 30-40% yang memiliki agama Teman iStyle.

Nah ketika pelayanan gereja di malam atau hari H Natal, gak cuman yang beragama Kristen aja yang datang, warga non Kristen pun juga. Mereka datang ke pelayanan gereja untuk menyerap tradisi perayaan tersebut.

Mayoritas orang Korea gak menjadikan hari Natal sebagai hari raya keagamaan melainkan hanya menghabiskan waktu libur dan bersantai dengan orang terdekat.

Sumber foto: Google

Makanan Natal

Bagi warga asing yang tinggal di Korea Selatan, makanan menjadi hal terpenting kalau lagi Natal. Setuju banget, hari raya keagamaan gak lengkap tanpa makanan khas.

Tapi sayangnya di Korea Selatan sendiri gak ada tradisi makanan khas ketika Natal, hanya ada makanan yang populer di musim dingin. Nah biasanya warga asing yang rindu dengan hal tersebut pergi ke restaurant yang menyediakan Christmas Meal ataupun datang ke perkumpulan negara asal yang mengadakan perayaan Natal.

Baca Juga:

Selain Soju, Makgeolli Bisa Menemani Year End Party!

Jarang banget kamu menemukan masyarakat di sana yang makan makanan dengan dekorasi Natal. Makanan paling sering disantap di hari Natal biasanya makan besar Korean BBQ, tteok guk ataupun Jjolmyeon.

Sumber foto: Google

Dekorasi Natal

Sama kayak negara lain, tradisi perayaan Natal di Korea Selatan pun tempat berbelanja, mall, jalanan, night market, ataupun restoran dipenuhi dengan dekorasi lampu dan pohon Natal. Khusus nya kalau kamu pergi ke kota besar atau tempat berbelanja seperti Seoul, Myeongdong, Dongdaemun dan Gangnam suasana Natal-nya berasa banget Teman iStyle.

Baca Juga:

Macam Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Itu kalau di bagian luar, kalau di rumah jarang banget warganya mendekorasi dengan hiasan ataupun pohon Natal yang biasanya dilakukan oleh masyarakat luar Korea pada umumnya.

Sumber foto: Google

Santa Claus

Popularitas Santa Claus di Korea Selatan gak sebesar negara barat lainnya, tapi Santa Claus cukup populer untuk kalangan anak-anak di Korea Selatan yang biasa disebut Grandpa Santa (산타 할아버지) Teman iStyle. Pakaian klasik Santa Claus biasanya berwarna merah, tapi grandpa Santa sering juga terlihat mengenakan jubah biru ataupun hijau.

Baca Juga:

Tempat Hidden Gems yang Bisa di Explore di Korea Selatan

Sering juga terlihat grandpa Santa memakai jubah tradisional beserta topi flat nya ala pakaian Joseon Dynasty.

Sumber foto: Google

Jarang Memberikan Hadiah Natal

Christmas is about presents or gift-giving right? Tapi gak berlaku sebagai tradisi perayaan Natal di Korea Selatan. Memberikan kado ke kerabat gak begitu umum dan jarang terlihat di sana Teman iStyle, kalau pun ada, masing-masing anggota keluarga hanya mendapatkan 1 kado aja.

Mereka biasanya memberikan barang yang dibutuhkan di akhir tahun ataupun paling sering memberi uang cash yang di kasih di malam Natal. Tapi makin kesini banyak juga Kpop idol yang melakukan secret Santa antar member atau mengirimkan hadiah ke kerabat mereka.

Sumber foto: Google

Aktivitas Pasangan

Dibanding menghabiskan waktu bareng keluarga, beberapa anak muda di sana lebih suka menghabiskan malam / hari Natal bersama teman ataupun pasangan mereka. Banyak banget aktivitas yang biasa dilakukan orang sana kayak dinner date, nonton film, jalan-jalan ke taman rekreasi, shopping, dll.

White Christmas adalah waktu paling seru kalau kamu keluar negri di musim dingin, salah satu yang gak boleh terlewat adalah main ice skating ataupun sledding. Lotte World yang selalu memiliki event tema Natal juga menjadi tempat rekreasi yang ramai pengunjung pada tanggal 24 atau 25 Desember.

Nah itulah beberapa tradisi perayaan Natal di Korea Selatan, kalau tradisi perayaan Natal mu kayak gimana Teman iStyle? Speaking of Christmas, kamu bisa kasih hadiah orang tersayang berupa Erha Agemazing ERHAppyness atau produk lainnya di iStyle.id.

Comments

You must Register or Login to post a comment.