Lifestyle - 21 November 2021

Fun Facts Menarik Tentang Korea yang Kamu Harus Tahu!

Berlin Belladina - 21 November 2021
Fun Facts Menarik Tentang Korea yang Kamu Harus Tahu!

Apapun yang berhubungan dengan Korea sangatlah menarik, K-drama, Kpop idol, K-beauty, K-fashion, you named it. Sekarang ini masyarakat makin sering mencari tahu segala informasi mengenai Korea, gak cuman dunia hiburannya tetapi juga budaya dan lifestyle nya.

Banyak banget masyarakat di luar Korea yang mulai belajar Bahasa Korea supaya bisa komunikasi ke para idola nya ataupun untuk persiapan jalan-jalan di Korea. Mungkin Teman iStyle udah pada tahu mengenai pakaian ataupun makanan khas Korea, tapi kamu udah tahu belum fakta menarik tentang Korea?

Untuk menambah ilmu per-Korea-an kamu, kali ini K-Hub bakal kasih tahu beberapa fun facts/fakta menarik tentang Korea Selatan. Let’s get into it Teman iStyle.

Sumber foto: Google

Tipe Golongan Darah Sangat Penting

Salah satu fun facts yang cukup menarik nih Teman iStyle, di negara Asia lainnya tipe golongan darah itu gak penting kecuali jika kamu ingin melakukan donor darah. Tapi kalau di Jepang dan Korea Selatan tipe golongan darah itu kayak zodiak yang dipercaya sebagai indikasi personaliti dan karakter seseorang.

Masyarakat di negara lain sepertinya gak banyak yang tahu golongan darah mereka, tapi semua masyarakat Korea Selatan tahu golongan darah masing – masing. Gak sedikit masyarakat Korea menanyakan golongan darah seseorang terlebih jika mereka lagi mencari jodoh, jadi kayak cocok – cocokan gitu Teman iStyle. Tapi gak semua orang percaya sama hal ini kok.

Sumber foto: Google

Hari Valentine = Memanjakan Pasangan Pria

Umumnya cewek selalu dapat hadiah di hari valentine, sayangnya ini gak begitu berlaku di Korea Selatan. Di hari valentine berarti para cewek lah yang memanjakan pasangan cowoknya, memberi bunga ataupun coklat.

Baca Juga:

Tempat Hidden Gems yang Bisa di Explore di Korea Selatan

Mau Tahu Exhibition yang Pernah Dikunjungi oleh Beberapa Kpop Idol?

Tenang aja bukan berarti kamu gak bakal dapat apa – apa, di tanggal 14 Maret yang disebut White Day itulah saat para cowok balik memanjakan pasangannya. White Day sama pentingnya dengan hari valentine yang tetap dirayakan setiap tahunnya.

Sumber foto: Instagram (roses_are_rosie)

Umur Masyarakat Korea Selatan 1 Tahun Lebih Tua

Pernah gak Teman iStyle melihat bias kamu yang tahun kelahirannya 1997 tapi udah berumur 25 tahun di 2021? Mungkin pertama kali Teman iStyle dengar seperti ada yang salah, tapi sebenarnya itu memang umur mereka.

Unik banget nih, jadi di Korea Selatan itu umur nya lebih tua 1 tahun dibandingkan umur international. Di Korea Selatan ketika anak bayi baru lahir ia udah berumur 1 tahun, itu karena masyarakat sana mengira diri mereka udah 9 bulan di dalam rahim di mana itu mendekati 1 tahun.

Sama seperti masyarakat di luar Korea Selatan yang merayakan ulang tahun di hari mereka lahir, namun yang membedakan adalah umur mereka gak bertambah sampai tahun baru tepatnya di awal Januari. Bisa dijadikan catatan kalau ada orang Korea Selatan menanyakan umur kamu, just add one year from your current international age.

Sumber foto: Google

Budaya Minum Alkohol Paling Besar di Asia

Korean merupakan top-drinkers di Asia sampai saat ini, bagi mereka alcohol is a big thing. Bahkan faktanya, Korea Selatan berada di urutan 17 dunia di atas negara yang masyarakatnya mengonsumsi alkohol cukup tinggi seperti Jerman, Canada dan Australia.

Salah satu minuman alkohol paling terkenal adalah Soju, dan di sana jika ada artis ataupun Kpop idol menjadi model Soju menandakan kesuksesan mereka. Orang Korea selalu mengonsumsi Soju di berbagai kesempatan, sambil makan malam, hangout ataupun merayakan perayaan.

Baca Juga:

Suka Doenjang Jjigae Kayak DK SEVENTEEN? Ini Cara Membuatnya!

Kandungan alkohol di Soju gak sedikit lho, kurang lebih sebanyak 19%. Sekarang ini restoran di Korea juga menyediakan haejangguk yaitu sup untuk meredakan rasa mabuk.

Selain Soju, Makgeolli juga menjadi minuman alkohol tradisional di Korea Selatan.

Sumber foto: Instagram (hyeri_0609)

Honorifics is a Must

Budaya hirarki di Korea Selatan sangatlah kental, Teman iStyle yang mengikuti hallyu pasti udah sering mendengar kata – kata eonnie, noona, oppa, sunbaenim, dongsaeng, dll. Yup, sangat esensial untuk menggunakan honorific di Korea Selatan.

Sebenarnya di Indonesia pun kita memiliki sebutan untuk orang yang lebih tua atau lebih muda, namun di sini lebih santai, sedangkan di Korea harus dan wajib banget Teman iStyle. Gak boleh hanya memanggil nama kecuali saat tertentu aja, tujuannya untuk menunjukan dan rasa hormat.

Itulah kenapa biasanya orang Korea berkenalan gak cuman menanyakan nama tetapi juga umur supaya gak salah memanggil. Honorific ini memang cukup membingungkan bagi sebagian orang yang baru mengenal Korea Selatan.

Gak hanya title name, tetapi umumnya di aplikasikan pada kata benda, kerja, ataupun kata ganti.

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.