Beauty - 01 November 2021

Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat agar Bersih seperti Kpop Idol

Tara - 01 November 2021
Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat agar Bersih seperti Kpop Idol

Jerawat yang hilang meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan, sehingga kita menjadi kurang percaya diri. Memilih produk perawatan pun gak boleh sembarangan, karena harus memilih kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang cocok untuk kita.

Selebriti KPop seperti Seulgi Red Velvet juga pernah berhadapan dengan jerawat yang mengganggu di wajahnya. Rahasia wajah mereka bisa tetap glowing bukanlah makeup, melainkan skincare dengan kandungan yang tepat.

Daftar Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat di wajah memang mengganggu penampilan, terutama saat kita sedang gak ingin memakai makeup saat berpergian. Nah, Teman iStyle tahu, gak, kenapa bekas jerawat gampang muncul di wajah kita?

Jerawat muncul karena pori-pori wajah kita tersumbat akibat bakteri, kotoran, dan sel kulit mati. Ketika pori-pori wajah tersumbat, dinding folikel di wajah pun hancur, menyisakan luka (lesion) yang dalam.

Bekas jerawat ini biasanya merupakan hasil peradangan lesion yang menembus jaringan kulit. Tingkat keparahan dan durasi munculnya pun berbeda-beda, tapi lebih baik dilakukan perawatan biar gak merusak bagian dalam kulit.

Biasanya, bekas jerawat ini cukup dihilangkan menggunakan skincare secara rutin. Ada juga yang menghilangkan bekas jerawat dengan cara berkonsultasi ke dokter kulit karena kondisinya sudah parah.

Nah, sebelum terlambat, gak ada salahnya Teman iStyle menggunakan produk perawatan dengan kandungan tertentu. Kandungan apa saja yang ada dalam skincare untuk menghilangkan bekas jerawat sehingga wajah bersih?

Baca juga: 5 Fungsi Salicylic Acid yang Sangat Ampuh untuk Kulit ala Idol KPop

Sumber foto: Pinterest

1. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang potensial, sehingga sering dijadikan sebagai kandungan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Pasalnya, vitamin C bisa menghilangkan radikal bebas dan kemerahan pada kulit.

Kandungan ini gak cuma mempercepat penyembuhan akibat jerawat, tapi juga meningkatkan produksi kolagen di wajah. Jangan lupakan pula khasiat vitamin C yang bisa memperbaiki struktur kulit sehingga kembali halus.

Gak sampai di situ, vitamin C sangat berguna untuk mengurangi hiperpigmentasi dan bintik hitam di wajah akibat sinar matahari. Untuk produknya, kamu bisa memilih Laneige Clear C Peeling Serum yang bisa mengangkat sel kulit mati.

Baca juga: Cantik ala Kpop Idol, Ini Kandungan Skincare yang Gak Boleh Dicampur Berikut Ini

Sumber foto: iStyle

2. Salicylic Acid

Kandungan yang merupakan bagian dari BHA ini populer banget untuk menyembuhkan jerawat. Teman iStyle bisa menemukan banyak produk yang mengandung bahan ini, mulai dari exfoliator, pembersih, serum, toner, dan lain-lain.

Salicylic acid sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka, karena kandungan ini bisa membersihkan pori-pori secara menyeluruh. Gak cuma itu, salicylic acid pun bisa mengurangi kemerahan dan bengkak akibat jerawat sehingga gak terjadi inflamasi.

Jenis acid ini bisa mengeksfoliasi sel kulit mati dan kotoran di wajah dengan lembut, sehingga melegakan pori-pori di wajah. Tapi, salicylic acid harus dihindari oleh kulit sensitif, sebab bisa menimbulkan iritasi.

Baca juga: Banyak Digunakan dalam Skincare Korea, Ini 6 Fungsi Centella Asiatica

Sumber foto: iStyle

3. AHA

Apabila salicylic acid yang menjadi bagian dari BHA cocok untuk kulit berminyak, kandungan AHA lebih cocok digunakan untuk kulit kering. Kandungan yang bernama lengkap Alpha Hydroxy Acid ini mampu menyembuhkan jerawat sekaligus bekasnya.

Semua jenis jerawat pun bisa dihilangkan, karena AHA bekerja untuk membersihkan kotoran, racun, dan sel kulit mati di wajah. Sama seperti BHA, AHA juga bisa mengeksfoliasi dengan lembut di permukaan wajah.

Baca juga: Kenalan dengan Khasiat Niacinamide untuk Jerawat, Yuk!

Sumber foto: Pinterest

4. Lactic Acid

Meskipun bersifat acid, kandungan ini sangat lembut untuk membersihkan wajah dari bekas jerawat. Biasanya, lactic acid ditemukan pada produk pelembap, serum, eksfoliator, atau krim jerawat.

Lactic acid mampu mengeksfoliasi sel kulit mati di wajah sehingga kulit menjadi lebih halus. Belum lagi, lactic acid sangat ampuh mengobati semua bekas jerawat, apapun bentuknya.

Baca juga: 7 Brand Skincare Korea untuk Mencerahkan Wajah Agar Glowing

Sumber foto: Pinterest

5. Retinol

Retinol ini bisa menghilangkan bekas jerawat dengan mengurangi lesion dan mempercepat regenerasi sel kulit. Selain itu, retinol bisa menghalangi terjadinya peradangan akibat jerawat.

Bekas jerawat biasanya mengakibatkan warna kulit jadi gak merata, so, retinol bisa jadi obat untuk menghilangkan hiperpigmentasi. Oh iya, kalau Teman iStyle memilih kandungan retinol, jangan lupa pakai sunscreen ya setelahnya, karena bahan ini sensitif terhadap sinar matahari.

Baca juga: 5 Kandungan Powerful yang Banyak Digunakan dalam Skincare Korea

Sumber foto: Pinterest

6. Niacinamide

Teman iStyle mungkin pernah mendengar kandungan ini di salah satu produk skincare yang populer, tapi belum paham benar dengan niacinamide. Niacinamide merupakan bagian dari vitamin B3 yang bisa menghilangkan radikal bebas sehingga kulit tetap sehat.

Niacinamide juga merupakan kandungan yang bersifat anti-inflammatory, jadi bisa mengurangi kerusakan pada kulit. Ketika diaplikasikan di wajah, kandungan ini akan memperbaiki lapisan terluar kulit dan menghilangkan hiperpigmentasi.

Baca juga: 10 Produk Kecantikan Korea Terbaik Favorit Idol KPop

Comments

You must Register or Login to post a comment.