Lifestyle - 01 November 2021

10 Tata Cara Hidup di Korea Selatan yang Cocok untuk Dicontoh

Tara - 01 November 2021
10 Tata Cara Hidup di Korea Selatan yang Cocok untuk Dicontoh

Tata cara hidup di Korea Selatan menjadi suatu informasi yang menarik untuk Teman iStyle contoh. Apalagi popularitas budaya Korea Selatan semakin hari semakin naik karena pengaruh K-pop dan K-drama. 

Memahami budaya gaya hidup memang memberikan pengalaman berbeda bagi kamu. Jadi, gimana ya tata cara hidup di Korea Selatan sendiri?

Tata Cara Hidup di Korea Selatan

Ada 10 dalam tata cara hidup di Korea Selatan yang dapat kamu coba. Tata cara hidup ini ada yang memang dapat dilakukan di Indonesia juga, loh.

Jika kamu memang ada rencana liburan ke Korea Selatan, mari kenali gaya hidup di sana.

Sumber foto: Google

1. Sopan dan Ramah dengan Orang Lebih Tua

Masyarakat Korea memang terkenal sopan dan ramah kepada orang yang lebih tua. Biasanya, mereka akan memberi salam dan membentuk kepada orang lebih tua sebagai bentuk rasa hormat.

Kebiasaan ini sama sekali gak boleh dilanggar di sana karena sudah mendarah daging. Kamu juga harus berbicara sopan dengan orang lebih tua. 

Contohnya, gak memanggil mereka dengan sebutan nama saja karena dinilai sangat gak sopan. Memang sudah sepantasnya kita menunjukkan sikap sopan dan ramah kepada orang lebih tua, bukan?

Sumber foto: Google

2. Etika Makan

Etika makan orang Korea cukup penting. Apalagi ketika kamu memang sedang ingin liburan ke Negeri Ginseng itu.

Saat kamu mau makan, jangan memulai sebelum yang paling tua memulainya. Kemudian, jangan menggunakan tangan kosong untuk mengambil makanan karena itu dinilai jorok. 

Baca Juga: Pamer Visual Bening Seperti Remaja, Song Hye Kyo Beberkan Rahasia Awet Mudanya

Lucunya, kamu tetap diperbolehkan berbicara walaupun mulut sedang penuh dengan makanan. Cukup unik, ya.

Sumber foto: Google

3. Welcome Drink

Welcome drink sangat penting di setiap penyambutan. Biasanya, minuman soju menjadi pilihan wajib untuk welcome drink.

Kamu wajib menerima welcome drink demi menghargai orang-orang yang sudah ikut menyambutmu. Jika kamu gak bisa minum alkohol, jangan takut karena tetap bisa menggantinya dengan minuman lain.

Sumber foto: Google

4. Wajib Minum Air Putih

Kamu pasti sadar bahwa orang Korea memiliki kulit mulus dan awet muda. Kunci sukses mengapa kulit mereka bisa tetap sehat adalah minum air putih.

Bener banget, mungkin terkesan sangat sederhana tapi memang begitulah kenyataannya. Kamu pasti sering melihat adegan K-drama di mana apra aktor minum air putih setelah bangun tidur.

Metabolisme tubuh kamu akan semakin meningkat dan dapat membantu menyehatkan pencernaan juga. 

Sumber foto: Google

5. Peraturan Gak Tertulis

Ada beberapa peraturan gak tertulis yang wajib kamu patuhi jika liburan ke Korea. Contohnya seperti gak memotret orang sembarangan, khususnya wanita. 

Kemudian, jangan dengerin musik atau nonton video di tempat umum. Hati-hati, jika kamu seorang perokok, perhatikan tanda larangan merokok juga daripada dikenai denda.

Sumber foto: Google

6. Sering Sauna

Korea dikenal memiliki rumah sauna, bahkan yang buka 24 jam sehari. Rumah sauna atau jimjilbang ini sangat populer di sana, termasuk menjadi destinasi liburan. 

Baca Juga: Yuk Kenali Fungsi Hyaluronic Acid, Rahasia Glass Skin Artis Korea

Fungsi sauna adalah mengeluarkan racun dalam tubuh, menurunkan berat badan, hingga meredakan stres. Tapi hati-hati, keseringan sauan juga bisa membuat kamu dehidrasi, itulah mengapa harus banyak minum air putih agar cairan tubuh tetap terjaga.

Sumber foto: Google

7. Jalan Kaki

Jika ingin mencontoh gaya hidup orang Korea, berarti kamu harus lebih sering jalan kaki. Masyarakat Korea sering berjalan kaki dan bepergian dengan transportasi umum.

Di K-drama sendiri pasti kamu sering melihat adegan jalan kaki yang cukup banyak. Kebiasaan ini dilakukan bukan demi mendapatkan tubuh ideal, melainkan menggantikan aktivitas lebih banyak gerak karena terlalu sibuk untuk olahraga yang serius.

Sumber foto: Google

8. Pekerja Keras

Orang Korea terkenal gigih dan pekerja keras. Mereka juga gak mudah menyerah sehingga rata-rata jam kerja di sana 60 jam per minggu.

Banyak dari mereka yang betah untuk lembur hingga larut malam demi mendapatkan target pekerjaan. Hal ini juga terjadi dari dunia idol Korea yang rela menghabiskan waktu bertahun-tahun demi latihan agar mendapatkan kesempatan menjalani debut.

Sumber foto: Google

9. Suka Makan Sayur

Banyak sekali adegan makan di dalam K-drama. Namun yang paling sering kamu lihat pasti bagaimana mereka sering sekali makan sayur. 

Sayur-mayur menjadi hidangan pendamping bagi menu apa saja. Salah satunya adalah daging bakar dengan gabungan kimchi.

Kamu pasti menjadi sudah gak heran kenapa kulit orang Korea mulus dan sehat. Kandungan dalam sayur juga sangat lengkap sehingga memberikan nutrisi seimbang bagi tubuh.

Sumber foto: Google

10. Rajin Memakai Skincare

Tata cara hidup orang Korea yang terakhir adalah selalu rajin memakai skincare. Rangkaian perawatan kulit yang mereka lakukan dapat merawat kulit dengan optimal.

Baca Juga: Kenalan dengan Khasiat Niacinamide untuk Jerawat, Yuk!

Mereka bisa menggunakan skincare pada malam hari. Lalu juga sering menggunakan masker sheet mask yang mengandung bahan-bahan alami.

Nutrisi yang didapatkan kulit wajah menjadi semakin baik lagi. Kebiasaan ini membuat kulit orang Korea menjadi lebih sehat sepanjang waktu. 

Dari beberapa tata cara hidup di Korea Selatan, mana yang kira-kira cocok untuk kamu coba? Pasti jawabannya adalah rutinitas memakai skincare.

K-Hub masih memiliki berbagai informasi menarik tentang kecantikan ala Korea. Yuk, kunjungi K-Hub sekarang juga!

Comments

You must Register or Login to post a comment.