Beauty - 21 October 2021

Sering Digunakan Artis Korea, Apa Perbedaan Essence dan Serum?

Tara - 21 October 2021
Sering Digunakan Artis Korea, Apa Perbedaan Essence dan Serum?

Memilih produk skincare memang gak mudah, khususnya bagi kamu yang memang baru saja mengenal dunia perawatan kulit ini. Dari berbagai produk skincare pada saat ini, kamu harus tahu tentang perbedaan essence dan serum.

Bener banget, essence dan serum menjadi bagian dari produk skincare yang banyak dicari pada saat ini, selain toner, pelembab, hingga eksfoliator. Jadi, apa saja sih perbedaan dari essence dan serum?

Teman iStyle dapat mengetahui informasi selengkapnya bersama K-Hub di bawah ini. Yuk cek artikel dari kami sekarang juga!

Perbedaan Essence dan Serum

Banyak yang melihat essence dan serum memiliki kesamaan. Tanggapan itu gak salah karena memang tampak sama.

Namun keduanya juga memiliki perbedaan. Khususnya dari segi fungsi untuk kesehatan dan keindahan kulit kamu. 

Baca Juga: Kpop Idol Cowok Kasih Bocoran Skincare, Bisa Bikin Skin Goals!

Waktu pemakaian dan cara penggunaannya pun juga berbeda. Kamu jangan sampai salah melakukannya, ya.

Untuk tahu apa saja perbedaan, mari kita bahas satu per satu.

Sumber foto: Pinterest

Essence

Essence adalah formula berbasis air dengan kondisi yang sangat terkonsentrasi. Kegunaannya adalah melembapkan kulit wajah, sekaligus penyerapan maksimum dari produk skincare yang digunakan setelahnya. 

Fungsi essence yang melembapkan ini dikarenakan kandungan glycerin dan hyaluronic acid dosis tinggi. Walaupun dosisnya tinggi, tetap mampu membantu menyehatkan kulit kamu.

Baca Juga: Cobain Tips Wajah Glowing Ala Song Hye Kyo Yuk!

Selain dua kandungan itu, terkadang ada pula essence yang mengandung AHA, kavira, dan vitamin C. Hasil kinerjanya juga menjadi lebih maksimal.

Essence memiliki tekstur yang lebih ringan dari minyak sehingga sangat cocok untuk digunakan ke kulit wajah. Bahkan untuk seluruh jenis kulit.

Produk skincare ini mampu bekerja untuk semua jenis kulit. Apalagi jika kulit kamu cenderung kering atau dehidrasi. 

Selain itu, jika kamu memiliki kulit berminyak, jangan ragu untuk gunakan essence. Essence lebih disukai untuk kulit berminyak karena teksturnya ringan sehingga tetap menjaga keseimbangan kulit.

Untuk penggunaan essence, kamu bisa menggunakannya sebelum mengoleskan lotion, krim, atau serum. Memang lebih baik digunakan pada tahap awal karena mampu meningkatkan kinerja penyerapan produk skincare lain yang kamu pakai.

Cara penggunaannya pun juga mudah. Kamu hanya perlu memberikan beberapa tetes essence ke telapak tangan, lalu oleskan dengan lembut serta tepuk-tepuk wajah Anda. 

Sumber foto: Google

Serum

Kini waktunya giliran serum yang dibahas. Dengan penjelasan ini, kamu bisa tahu apa yang membedakan essence dengan serum.

Serum adalah produk skincare yang diciptakan untuk memberikan konsentrasi tinggi dari bahan aktif ke kulit. Serum juga bisa menjadi pelembap ringan yang mampu melancarkan bahan aktif masuk ke dalam kulit kamu.

Fungsi utama serum yakni melembapkan kulit dengan lebih efektif dan cepat. Kondisi ini bisa terjadi karena molekul serum mampu menembus kulit wajah kamu secara optimal hingga tingkat terdalam. 

Baca Juga: Kenalan dengan 5 Produk FEMMUE Asal Korea yang Banyak Direkomendasikan Beauty Influencer

Ketika dibandingkan krim wajah yang terhitung berat pun, belum tentu bisa menembus kulit wajah kamu hingga bagian terdalam. Namun, perlu diingat kalau serum gak berarti mampu menjadi pengganti pelembab kamu karena hanya memberikan efek saja.

Kandungan di dalam serum cukup beragam, seperti vitamin A, C, dan E. Kemudian antioksidan topikal, retinol topikal, dan beberapa bahan lainnya. 

Kamu bisa menggunakan serum pada pagi, malam, atau keduanya. Namun ingat, jangan menggabungkan pemakaian serum dengan retinoid topikal karena dapat menyebabkan iritasi.

Kamu bisa mengaplikasikan serum setelah menggunakan pembersih dan sebelum pelembab. Untuk pemilik kulit sensitif, kamu bisa menggunakan pelembab yang lebih kuat dari serum agar gak mengalami masalah lain akibat bahan aktif konsentrasi kuat. 

Sumber foto: Google

Essence vs Serum

Dari penjelasan di atas, kamu sudah bisa melihat apa saja perbedaan dari kedua skincare ini. Lebih lengkapnya lagi, beberapa perbedaannya adalah:

1. Tekstur

Tekstur essence lebih ringan dibandingkan serum. Konsentrasi essence sendiri menjadi lebih kurang daripada serum. 

2. Konsentrasi bahan aktif

Konsentrasi serum sudah pasti lebih tinggi karena mengandung beberapa bahan aktif dalam mengatasi masalah kulit, seperti bintik hitam dan garis halus. 

Bagi yang memang merasa gak cocok dengan skincare yang memberikan efek tebal dan berminyak, maka essence menjadi lebih cocok. Perannya dalam menyegarkan kulit serta terasa ringan membuat kamu menjadi lebih merasa nyaman.

Jadi itulah perbedaan essence dan serum yang wajib kamu ketahui lebih dalam. Dari kedua produk skincare ini, mana yang sudah Teman iStyle gunakan? 

Produk mana pun yang kamu gunakan, jangan sampai lupa untuk selalu menjadi kondisi kulit dengan skincare yang tepat. Jangan sampai kamu malah menggunakan rangkaian produk skincare yang malah menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti iritasi dan kemerahan.

K-Hub masih memiliki berbagai informasi menarik tentang dunia kecantikan ala Korea yang bisa kamu ikuti untuk diterapkan. Informasi yang K-Hub berikan juga selalu di-update secara berkala, jadi yuk cek sekarang juga!

Comments

You must Register or Login to post a comment.