K-Entertainment - 13 October 2021

Ternyata Sederet Drama dan Film Korea ini Diangkat Dari Kisah Nyata!

Agatha Febry - 13 October 2021
Ternyata Sederet Drama dan Film Korea ini Diangkat Dari Kisah Nyata!

Teman iStyle pencinta Korean drama dan Korean film, pasti kamu udah gak asing lagi kan sama genre yang diangkat oleh masing-masing drama dan film? Dari beberapa drama dan film Korea yang ada, ternyata ada sebagian yang ceritanya diambil dari kisah nyata lho! 

Mulai dari kasus kejahatan, kecelakaan, dan drama keluarga yang memang benar-benar terjadi sebelumnya. Lalu apa aja sih drama dan film Korea yang diangkat dari kisah nyata? 

Hope

Tayang pada tahun 2013, film ‘Hope’ ini ternyata diangkat dari kisah nyata yang ada di Korea Selatan. Kisah tersebut terkenal dengan sebutan ‘Nayoung Case’ yang benar terjadi pada tahun 2008 silam. 

Menceritakan tentang kejadian yang sebenarnya di tahun 2008, film ‘Hope’ ini bercerita tentang anak berumur 8 tahun bernama So Won yang berangkat ke sekolah sendirian. Di tengah perjalanannya menuju sekolah, ia mengalami pelecehan seksual oleh seorang  cowok mabuk yang gak ia dikenal.

Banyaknya goresan di tubuh bagian luar serta gangguan di tubuh bagian dalam mengharuskannya menjalani serangkaian operasi untuk kesembuhannya. Gak hanya kesembuhan fisik, namun kesembuhan mental yang lebih sulit untuk disembuhkan.

Keluarganya yang sebelumnya merupakan keluarga bahagia menjadi kacau berantakan. Kedua orangtua So Won, Dong Hoon dan Min Hee dipenuhi dengan amarah dan luka. 

Sejak kejadian itu, So Won menolak untuk berbicara ataupun melihat ayahnya. Namun berbagai cara dilakukan oleh kedua orangtuanya untuk upaya pemulihan kesehatan fisik dan mental So Won.

Film Korea yang satu ini benar-benar bisa buat Teman iStyle mewek sekaligus jengkel dengan ‘Nayoung Case’ ini. Dibintangi oleh Lee Ree, Sol Kyung-gu, Uhm Ji-won, dan bintang lainnya, film ini sempat menjadi sorotan pada masanya. 

Tunnel

Beranjak dari film kali ini merupakan drama Korea yang mengangkat kisah nyata dengan menggabungkannya ke dunia modern. Kisah tentang seorang detektif yang berusaha keras menangkap pelaku pembunuhan berantai pada 1986 yang pada saat proses pengejarannya, ia malah masuk ke sebuah terowongan yang membawanya ke tahun 2017. 

Detektif yang bernama Park Gwang Ho ini sudah melakukan segala cara untuk mencoba keluar dari terowongan tersebut, tapi selalu gagal. Bersama rekannya di kepolisian tahun 2017, ia berupaya menyelesaikan kasus tak terungkap yang telah terjadi 30 tahun silam. 

Kasus 30 tahun silam dalam drama ‘Tunnel’ yang tayang pada tahun 2017 inilah yang merupakan kasus pembunuhan terkejam yang menelan banyak korban dari berbagai usia di wilayah Hwaseong, Provinsi Gyeonggi pada tahun 1986-1991. Minimnya teknologi pemeriksaan DNA di tahun tersebut, membuat pelaku baru bisa tertangkap pada tahun 2019 lalu. Drama ini mengangkat kisah kriminal yang penuh misteri dan menegangkan. 

Baca Juga:

Siap-Siap, 'My Name' dan Drakor Lain Akan Hiasi Oktobermu!

Drama & Film Dibintangi Oleh Jang Ki Yong, Mesti Ditonton!

Hobi Nonton Kdrama, Beberapa Kpop Idol Ini Kasih Rekomendasi

Life on Mars 

Dibintangi oleh Jung Kyung Ho, Go Ah Sung, Park Sung Woong, dan Kim Jae Kyung, drama tahun 2018 ini cukup menarik perhatian penonton karena salah satu kasusnya diangkat dari kisah nyata. Alur ceritanya berfokus pada kasus cat kuku dan detektif Han Tae Joo yang terlempar ke tahun 1988 untuk menyelidiki pembunuhan.

Pelaku dari kasus pembunuhan tersebut selalu menandai para korbannya dengan cat kuku, seakan pelaku ingin memberi ciri khasnya sendiri. Kasus yang dikenal dengan kasus cat kuku merah ini benar-benar pernah terjadi di Kota Pocheon, Korea Selatan pada tahun 2004.

Kasus itu menewaskan seorang pelajar bernama Eom Hyeon-A yang tubuhnya ditemukan di saluran Sogyeok-eup, Gogyo-ri, Pocheon-si, Gyeonggi-do. Namun polisi gak berhasil menemukan pelaku pembunuhan tersebut.

16 tahun berlalu, korban lain yang berhasil selamat dari kasus pembunuhan memberikan kesaksian dan sketsa yang diungkap korban memiliki kecocokan dengan salah satu wajah tersangka yang sempat dicurigai pihak kepolisian. Kurangnya bukti membuat polisi harus terpaksa membebaskan tersangka. 

Saat ingin ditangkap kembali dan diselidiki lebih lanjut, sang pelaku sudah meninggal dunia di tahun 2010 silam. Teman iStyle udah pernah nonton drama dengan 16 episode ini? 

Birthday

Dirilis tahun 2019, ‘Birthday’ berfokus pada keluarga yang kehilangan anak sulungnya akibat tenggelamnya kapal feri Sewol. Tragedi tersebut benar-benar terjadi di tahun 2014 dan menewaskan 304 penumpang. 

Duka dari kedua orang tua Su-ho yang adalah Jung-il dan Soon-nam berdampak pada hubungan mereka yang makin hari makin renggang. Perlakuan Soon-nam yang gak adil kepada anak bungsunya serta Ye-sol yang masih belum bisa move on dari Su-ho juga menjadi konflik dalam film ini.

Film yang satu ini buat keluarga para korban pada tragedi itu mengingat para kerabatnya yang juga menjadi korban saat itu.

Extracurricular 

Diperankan oleh Kim Dong Hee, Park Joo Hyun, Nam Yoon Soo, dan Jung Da Bin, drama yang satu ini mengangkat kisah nyata tentang kenakalan remaja di masa sekolah. Alur ceritanya yang gak biasa membuat drama tahun 2020 produksi Netflix Original ini disorot oleh banyak orang. 

Jin Han Se, penulis naskah drama ‘Extracurricular’ ini menjelaskan bahwa alur cerita di drama ini ditulis berdasarkan pengalamannya saat masih sekolah di New Zealand. Ia pernah melihat seorang anak menjual rokok ke teman sebayanya demi mendapatkan uang dan bertahan hidup. 

Sejak saat itu, Han Sae mulai terusik dengan berbagai berita mengenai kenakalan remaja dan memutuskan menulis naskah ‘Extracurricular’ pada musim gugur 2018 lalu. Berbagai kenakalan remaja ditunjukkan dalam drama ini, baik itu yang masih dalam batas wajar dan batas keterlaluan. 

Comments

You must Register or Login to post a comment.