Lifestyle - 29 September 2021

Ide Cemilan Sehat Korea Yang Bisa Membantu Diet Kamu!

Berlin Belladina - 29 September 2021
Ide Cemilan Sehat Korea Yang Bisa Membantu Diet Kamu!

Meski sedang menjalani diet bukan berarti kamu gak bisa ngemil, apalagi bagi kamu yang suka ngemil, pasti bakal berat banget buat jalananin diet. Orang yang doyan ngemil pasti suka mencoba cemilan baru dari lokal maupun luar negeri salah satunya cemilan Korea.

Banyak yang bilang cemilan Korea itu punya rasa yang unik bikin ketagihan, itulah kenapa cemilan Korea sering muncul di beberapa supermarket Indonesia. Beberapa cemilan Korea ini rendah kalori dan gak mengandung tinggi gula.

Mau tahu cemilan sehat Korea buat diet kamu? Let’s get into it Teman iStyle.

Sumber foto: Google

Kim Nori (Crispy Seaweed)

Seaweed adalah bahan makanan umum untuk makanan Asian khususnya Jepang, Korea dan China yang telah merambah ke bagian western. Mengandung banyak vitamin dan minerals termasuk iodine, iron dan calcium, makanya crispy seaweed menjadi salah satu snack yang sehat dan mudah didapatkan.

Rasa dari crispy seaweed pun bervariasi, mulai dari chili, barbeque, teriyaki, dll, yang gak bikin bosan. Seaweed juga mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E, karotenoid dan flavonoid.

Antioksidan ini dapat melindungi tubuh kamu dari perusakan sel. Di Korea sendiri crispy seaweed disebut Kim atau Laver, it has tons of health benefit and yummy!

Sumber foto: Google

Gang Jeong Snacks (Korean Granola bars)

Kamu pasti udah gak asing kan sama granola bars yang berisi cokelat, selai kacang, kacang-kacangan ataupun kismis? Mungkin Teman iStyle sesuatu yang baru dengan coba cemilan granola bars ala Korea.

Gang jeong ini cemilan tradisional khas Korea campuran antara tepung ketan, barley (biji-bijian) dicampur dengan madu atau gula merah, kacang-kacangan. Sekarang udah mulai bervariasi si gang jeong ini, mulai ditambahkan matcha, dan biji wijen.

Teman iStyle bisa membuatnya sendiri di rumah ataupun beli langsung di supermarket yang menyediakan Korean snacks. Cemilan enak ini kaya akan karbohidrat dan juga kalori, saran buat kamu yang lagi diet, lebih baik makan snack ini sebagai supplement kalau kamu belum makan makanan karbohidrat untuk energy.

Tetap perhatikan berapa banyak karbohidrat yang masuk ya.

Sumber foto: Google

Hotteok

Hotteok adalah Korean food cukup terkenal dan sering dimakan oleh masyarakat Korea sampai selebriti Korea. Hotteok ini juga mudah buat ditemui di Korea lho Teman iStyle, bahkan ada yang jual frozen food nya juga.

Baca Juga

Sedang Diet? Makanan Korea ini Cocok Untuk Kamu!

Penasaran Diet Somi yang Bisa Bikin Turun Berat Badan 4 Kg Seminggu?

Buat yang belum tahu Hotteok adalah pancake manis Korea disantap secara bersamaan dengan sirup gula merah. Membaca deskripsinya kamu pasti menyangka Hotteok ini mengandung banyak kalori ya, yup bener banget.

Satu hotteok mengandung 200 kalori, 7gr lemak, 30gr karbo, dan 4gr protein. Low protein but very high in carbs and calories, tapi kamu masih bisa menikmati Hotteok jika mengatur kalori deficit dan berapa banyak karbohidrat serta snacks yang udah kamu santap di hari itu. You can enjoy your hotteok while still losing weight.

Sumber foto: Google

Ojingeochae Muchim (Korean Spicy Dried Squid)

Ojingeochae adalah cumi kering yang diparut dan dibumbui dengan gula dan garam, biasanya dinikmati sebagai cemilan ataupun sebagai makanan pendamping. Ojingeochae Muchim ini dibuat secara pedas dengan baluran gochujang.

Mengandung 150 kalori, 7gr karbohidrat, 5gr lemak dan 15gr protein, kalau kamu suka cumi-cumi pasti bakal doyan sama cemilan Korea satu ini deh. Ojingeochae muchim will not ruin your diet, selain itu juga cemilan ini bisa bertahan lama jika kamu simpan ke dalam kulkas.

Sumber foto: Google

Goguma Mattang (Korean Candied Sweet Potatoes)

Cemilan satu ini patut dicoba, kentang yang digoreng dibaluri crunchy caramel dengan biji wijen hitam di atasnya. Di Korea, sebelum kamu menikmati goguma mattang dicelupkan dulu ke dalam mangkuk es batu untuk membuat kentang lebih crunchy.

Sweet potatoes atau yam di Korea agak sedikit berbeda dengan sweet potatoes lainnya. Yam di sana lebih manis dan mengandung banyak sekali serat which is good for your diet.

Goguma mattang dikonsumsi sebagai dessert yang rendah kalori karena hanya mengandung 12 gr per porsinya, jadi kamu tetap bisa makan banyak goguma mattang ini meski sedang diet.

Sumber foto: Google

Tteokbokki

This Korean snack are very familiar and popular among Indonesian people, ditambah Korean wave semakin jadi bahan perbincangan di mana-mana. Meski tteokbokki ini tinggi kalori dan karbohidrat, kamu masih bisa menikmati cemilan satu ini kok.

Karbo sangatlah penting untuk tubuh sebagai energi, kalau kamu orang yang aktif dan bisa membakar karbohidrat, gak ada alasan lain yang bikin kamu gak bisa menikmati tteokbokki. Misal kamu ingin makan tteokbokki ketika diet, atur jumlah karbo yang masuk ke dalam tubuh dalam satu hari.

Contoh, Teman iStyle makan tteokbokki di siang hari, nah di malam harinya cobalah makan makanan kaya akan protein seperti dada ayam atau ikan.

Comments

You must Register or Login to post a comment.