Beauty - 23 September 2021

Banyak Digunakan dalam Skincare Korea, Ini 6 Fungsi Centella Asiatica

Tara - 23 September 2021
Banyak Digunakan dalam Skincare Korea, Ini 6 Fungsi Centella Asiatica

Teman iStyle perlu tau nih mengenai berbagai fungsi centella asiatica yang merupakan kandungan dalam skincare. Tapi, kamu tau atau gak sih apa itu centella asiatica?

Khusus untuk Teman iStyle, kali ini K-Hub akan memberikan informasi seputar kandungan centella asiatica dalam skincare yang penting untuk kamu ketahui. Apa itu centella asiatica serta fungsinya dalam perawatan kulit?

Apa Itu Centella Asiatica?

Centella asiatica merupakan salah satu jenis tanaman yang sering ditemukan di berbagai negara Asia. Di Indonesia sendiri, tanaman centella asiatica sering disebut dengan daun pegagan.

Tanaman centella asiatica memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kulit wajah. Maka dari itu, para produsen skincare khususnya produksi keluaran Korea Selatan memanfaatkan tanaman centella asiatica untuk diekstrak menjadi berbagai produk skincare.

Apa Saja Fungsi Centella Asiatica?

Setelah mengenal apa itu tanaman centella asiatica, berikut ini, Teman iStyle perlu mengetahui berbagai fungsi dari tanaman tersebut dalam skincare. Ini dia enam fungsi centella asiatica dalam skincare, yaitu:

Sumber foto: Pixabay

1 . Mencegah Penuaan Dini

Fungsi dari tanaman centella asiatica yang pertama bagi kulit adalah untuk mencegah penuaan dini. Tanaman centella asiatica memiliki berbagai kandungan yang kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan juga beberapa penyebab kerusakan sel kulit lainnya yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Beberapa kandungan dalam tanaman asiatica yang kaya akan antioksidan adalah flavonoid dan phenolic acid. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV, polusi udara, dan beberapa hal lain yang dapat merusak sel kulit.

Sumber foto: Pixabay

2 . Melembapkan Kulit

Salah satu fungsi dari pemakaian skincare yang dicari oleh orang adalah skincare dapat membantu melembapkan kulit. Kulit yang lembap merupakan kunci dari penampilan yang glowing.

Tanaman centella asiatica memiliki kandungan saponin yang dapat membantu meningkatkan kadar sebum atau minyak alami dalam kulit kamu. Ketika kulit mendapatkan kelembapan yang cukup, maka risiko terjadinya kerusakan sel kulit akan lebih rendah.

Baca juga: Makeup Lisa BLACKPINK Dari Yang Natural Sampai Cetar!

 

Sumber foto: Pixabay

3 . Membantu Penyembuhan Luka pada Kulit

Kandungan antioksidan pada tanaman centella asiatica yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit ternyata juga dapat membantu proses penyembuhan luka pada kulit loh, Teman iStyle. Ketika kulit kamu terluka, maka kolagen dalam tubuh akan membantu menutup luka tersebut dengan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Berbagai luka pada kulit yang dapat teratasi dengan penggunaan skincare yang mengandung ekstrak tanaman centella asiatica di antaranya adalah seperti luka bakar, luka bekas operasi, dan berbagai jenis luka lainnya. Maka dari itu, dengan penggunaan skincare yang mengandung ekstrak tanaman centella asiatica, kulit kamu akan memiliki kandungan kolagen yang sangat tinggi sehingga proses penyembuhan luka akan menjadi lebih cepat.

Baca juga: Ini Dia Cara Agar Rambut Cepat Panjang dan Tebal seperti Seohyun SNSD

Sumber foto: Freepik

4 . Menyamarkan Bekas Luka

Melanjutkan pembahasan pada poin sebelumnya, tentu saja skincare dengan kandungan ekstrak centella asiatica ini juga dapat membantu menyamarkan bekas luka. Jika Teman iStyle memiliki bekas luka di area kulit tertentu seperti bekas jerawat pada kulit wajah hingga bekas luka jahitan atau operasi, maka kolagen dalam tubuh dapat membantu untuk menyamarkan bekas luka tersebut.

Bekas luka pada kulit, khususnya kulit wajah, tentu akan membuat penampilan siapapun menjadi kurang oke, kan? Oleh karena itu, Teman iStyle bisa mulai mencoba untuk menggunakan skincare dengan kandungan ekstrak centella asiatica secara rutin agar bekas luka pada kulit kamu dapat menjadi samar atau berkurang.

Sumber foto: Freepik

5 . Mengurangi Peradangan pada Kulit

Kandungan lainnya pada tanaman centella asiatica yang juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit adalah kandungan saponin. Kandungan ini dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit Teman iStyle.

Beberapa kasus peradangan kulit yang sering terjadi seperti dermatitis, psoriasis, hingga eksim. Seluruh peradangan yang terjadi pada kulit dapat dihambat dengan kandungan saponin dalam skincare ini.

Baca juga: Contek Model Poni Rambut ala Cewek Korea Yuk!

umber foto: Pixabay

6 . Menyamarkan Bekas Stretch Mark

Fungsi yang terakhir dari ekstrak tanaman centella asiatica dalam skincare bagi kulit adalah tanaman ini dapat membantu menyamarkan bekas stretch mark atau selulit. Fungsi ini tentu saja menjadi kabar baik bagi Teman iStyle, bukan?

Di dalam tanaman centella asiatica, terdapat kandungan yang bernama terpenoid dan kandungan ini dapat membantu pertumbuhan sel kulit baru. Tentu saja, kandungan ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, khususnya stretch mark.

Jadi, itulah berbagai fungsi dari tanaman centella asiatica dalam skincare yang baik untuk kulit Teman iStyle. Kamu tertarik untuk menggunakan skincare dengan kandungan ekstrak centella asiatica tersebut?

Beberapa skincare dengan kandungan ekstrak centella asiatica dari Korea Selatan berikut ini dapat menjadi pilihan Teman iStyle yaitu Bija Cica Gel dari Innisfree, pH 5.5 Relief Toner dari Etude House, Madecassoside Cream dari A’PIEU, dan masih banyak lagi. Untuk itu, silakan lihat katalog skincare dari K-Hub dan kamu akan menemukan berbagai pilihan skincare dengan kandungan ekstrak centella asiatica terbaik dari Korea Selatan.

Comments

You must Register or Login to post a comment.