Beauty - 23 September 2021

5 Fungsi Salicylic Acid yang Sangat Ampuh untuk Kulit ala Idol KPop

Tara - 23 September 2021
5 Fungsi Salicylic Acid yang Sangat Ampuh untuk Kulit ala Idol KPop

Salah satu rahasia wajah mulus bebas jerawat ala idol KPop adalah menggunakan produk skincare berbahan salicylic acid. Fungsi salicylic acid ini sangat besar, bahkan bisa digunakan untuk kulit sensitif tanpa menimbulkan inflamasi.

Produk skincare keluaran brand Korea Selatan juga sudah banyak yang mengandung salicylic acid. Salah satunya adalah COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser yang sangat berguna untuk melawan munculnya jerawat di wajah serta mengurangi produksi minyak di wajah.

Seperti apa manfaat salicylic acid dalam produk skincare sehingga sering dicari? Kali ini, K-Hub akan membahas secara lengkap mengenai kandungan yang satu ini.

Baca juga: Alasan Mengapa Orang Korea Kurang Suka Menggunakan Skincare yang Mengandung Retinol

Sumber foto: iStyle

Mengenal Bahan Salicylic Acid dalam Produk Skincare

Salicylic acid sudah diakui sebagai bahan skincare oleh U.S. Food and Drug Administration, organisasi yang bertanggung jawab di bidang makanan dan pengobatan. Di Indonesia, produk skincare yang mengandung bahan ini pun sudah diakui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Salicylic acid adalah satu-satunya jenis acid yang terdapat dalam golongan beta hydroxy acid (BHA). Kandungan BHA ini bekerja dengan alpha hydroxy acid (AHA) untuk membersihkan dan mengeksfoliasi wajah.

Baca juga: Yuk Kenali Fungsi Hyaluronic Acid, Rahasia Glass Skin Artis Korea

Kandungan BHA, termasuk salicylic acid, mudah larut ke dalam minyak sehingga sering dijadikan bahan skincare untuk kulit berminyak. Khasiat BHA ini sangat besar, dia mampu menembus lapisan minyak dalam pori-pori dan membersihkannya.

Gak cuma minyak, jenis acid ini bisa juga membersihkan pori-pori wajah dari kotoran, zat polutan, dan sel-sel kulit mati yang menyumbatnya. Selain itu, sifatnya juga anti-inflammatory sehingga cocok digunakan untuk mengobati jerawat.

Berkat khasiatnya yang anti-inflammatory ini, salicylic acid juga diandalkan untuk mengobati masalah kulit yang lebih serius, seperti psoriasis. Produk skincare yang menggunakan bahan ini pun cenderung ditemukan untuk kulit berminyak dan berjerawat, meskipun pemilik kulit normal dan kombinasi bisa juga memakainya.

Kandungan salicylic acid yang aman dalam produk skincare haruslah mencapai maksimal 2%, gak boleh lebih. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, Teman iStyle harus menggunakannya secara rutin selama 6-8 minggu.

Kenali Fungsi Salicylic Acid dalam Produk Skincare Korea

Seperti yang disebutkan tadi, kandungan salicylic acid memiliki fungsi yang sangat besar sehingga sering digunakan dalam produk skincare untuk kulit berjerawat. Apa saja, ya, fungsi salicylic acid yang sangat ampuh di wajah ini?

Sumber foto: Benton Cosmetics

1. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Kalau Teman iStyle punya kulit berminyak atau kombinasi, bahan ini cocok untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Sifatnya yang larut dalam minyak bisa menembus lapisan pori-pori dan mengurangi penumpukan minyak di dalamnya.

Jangan remehkan khasiat ini, karena salicylic acid bisa menembus lapisan pori-pori terdalam sekalipun. Kandungan skincare selain jenis acid ini biasanya hanya mampu membersihkan bagian permukaan pori-pori.

Gak cuma deep cleaning, salicylic ini juga bisa menghalangi sel sebosit agar gak mengeluarkan minyak berlebih nantinya. For your information, sel sebosit bertugas memproduksi sebum atau minyak pada wajah, dan salicylic acid cocok digunakan untuk menghalangi sel ini.

Baca juga: Etude, Innisfree, dan Rekomendasi Loose Powder Untuk Kulit Berminyak Lainnya Agar Wajah Bebas Kilap

Sumber foto: iStyle

2. Membersihkan Pori-pori

Kandungan ini juga bersifat comedolytic, artinya bisa menghalangi munculnya komedo seperti blackhead atau whitehead pada wajah. Tadi sudah dijelaskan kalau salicylic acid mampu membersihkan pori-pori, sehingga komedo gak akan muncul.

Komedo di wajah muncul karena produksi minyak berlebih dan sel kulit mati yang menumpuk. Dengan salicylic acid, pertumbuhan komedo pun terhalang karena minyak dan sel kulit mati sudah dibersihkan. Oh iya, ada juga kandungan lain yang bersifat comedolytic, yaitu azelaic acid dan benzoil peroksida.

Baca juga: 7 Merk Masker Wajah untuk Menghilangkan Jerawat Andalan Cewek Korea

Sumber foto: Nature Republic

3. Melemahkan Bakteri akibat Jerawat

Bakteri akibat jerawat biasanya tumbuh di pori-pori yang tersumbat dan gak dibersihkan. Untuk membersihkannya, dibutuhkanlah salicylic acid yang bisa mengeksfoliasi bagian pori-pori hingga bersih.

Ketika pori-pori sudah bersih, udara bersih yang mengandung oksigen terserap dalam wajah sehingga bisa membunuh bakteri akibat jerawat. Teman iStyle harus ingat, salicylic acid hanya bertugas untuk melemahkan bakteri, bukan membunuhnya.

Untuk membunuh bakteri akibat jerawat, Teman iStyle bisa gunakan skincare yang mengandung benzoil peroksida atau azelaic acid. Perhatikan juga kadar penggunaannya agar gak berlebihan, ya.

Baca juga: 3 Tips Cara Mengatasi Jerawat Di Pipi Dari V BTS

 

Sumber foto: iStyle

4. Mengeksfoliasi Sel Kulit Mati

Fungsi salicylic acid yang keempat ini sudah terbukti, sebab bahan ini bisa mengeksfoliasi sel kulit mati sehingga bisa mempercepat munculnya sel kulit yang baru. Sifatnya juga desmolytic, artinya kandungan ini bisa mengurangi jaringan korneosit, yaitu sel-sel yang membentuk lapisan terluar kulit.

Dibandingkan dengan kandungan skincare lainnya, salicylic acid ini mengeksfoliasi wajah lebih lembut, seperti azelaic acid dan benzoil peroksida yang bersifat keratolitik. Kandungan keratolitik ini sebenarnya bagus untuk eksfoliasi, tapi bisa menyebabkan iritasi pada wajah.

Baca juga: Kebiasaan Sederhana Artis Korea, Buat Kulit Wajah Sehat Lho!

Sumber foto: Some By Mi

5. Mengurangi Inflamasi

Fungsi salicylic acid ini sangat berguna, bahkan digunakan dalam pengobatan masalah kulit yang lebih serius, seperti psoriasis. Gak cuma itu, Teman iStyle bisa gunakan produk yang mengandung bahan ini saat jerawat baru muncul.

Kandungan ini masih bersaudara dengan aspirin, sehingga ada pula khasiat anti-inflammatory di dalamnya. Efek yang ditimbulkan pun mampu menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi. Salicylic acid juga mampu mengurangi kemerahan dan bengkak pada wajah akibat jerawat.

Menarik juga ya, bisa tahu fungsi salicylic acid dalam kandungan skincare Korea yang sangat ampuh ini. Kalau Teman iStyle penasaran tentang skincare Korea, kunjungi saja kolom Beauty dari K-Hub yang selalu update ini.

Comments

You must Register or Login to post a comment.