Beauty - 22 September 2021

Cara Contouring Wajah Bulat agar Lebih Kecil seperti Artis Korea

Tara - 22 September 2021
Cara Contouring Wajah Bulat agar Lebih Kecil seperti Artis Korea

Memiliki wajah yang bulat membuat kita ingin mendambakan pipi tirus layaknya idol Korea. Ada pula yang penasaran dengan cara contouring wajah bulat agar penampilannya terlihat lebih kecil.

Contouring ini merupakan step makeup yang bertujuan untuk membentuk bayangan (shading) di wajah, sehingga menghasilkan kesan tirus. Teknik ini gak cuma dilakukan oleh pemilik wajah bulat, tapi juga bentuk wajah lainnya untuk mempertegas struktur wajah mereka.

Jangan khawatir, kamu juga tetap bisa mendapatkan makeup look yang tirus meski wajahmu bulat. Gunakan saja peralatan makeup seperti contour, highlight, dan blush untuk mempraktikkan cara contouring wajah bulat dari K-Hub ini.

Sumber foto: iStyle

Keunikan Contouring ala Korea

Kalau Teman iStyle perhatikan wajah idol Korea saat di panggung atau event penghargaan, mereka selalu tampil tirus layaknya artis Hollywood. Namun, ada perbedaan yang besar antara contouring Korea dan barat.

Kalau contouring line ala barat terlihat lebih bold, contouring ala idol Korea gak terlalu menonjol dan terlihat lebih ringan. Contouring juga baru populer di industri Hallyu sejak 2019, jadi contouring wajah memang sering dilewatkan dari makeup routine mereka.

Penempatan contouring di Korea dan barat hampir sama, yaitu di garis sekitar rambut, tulang pipi, dan rahang. Bedanya, contouring di bagian hidung lebih tipis, hanya dikenakan di sisi ujung hidung secara horizontal sehingga terlihat lebih kecil.

Ada juga beauty influencer Korea yang melakukan contour di daerah bibirnya agar terlihat penuh. Contouring di bibir ini juga menjaga agar lipstiknya tetap bertahan dan menghasilkan penampilan yang flawless.

Baca juga: Sederet Artis Korea Ini Tetap Pede Menunjukan Bare Facenya!

Cara Contouring Wajah Bulat ala Artis Korea

Kalau kita lihat-lihat, tujuan idol Korea melakukan contouring wajah ternyata untuk menghasilkan wajah yang lebih kecil. Seperti yang kita tahu, tren kecantikan Korea selalu mengutamakan wajah kecil namun tetap flawless.

Teman iStyle penasaran dengan cara contouring wajah bulat yang sering dilakukan oleh idol Korea? Coba saja lakukan tips contouring wajah ala K-Hub di bawah ini.

Sumber foto: Pinterest

1. BB Cream sebagai Alas Makeup

Sebelum mulai contouring, Teman iStyle harus menggunakan BB Cream sebagai alas bedak. Jangan lupa, gunakan moisturizer sebelumnya sehingga wajah gak kering dan tetap lembab.

Daripada foundation, lebih baik gunakan BB Cream agar teksturnya gak terlalu berat. Gak cuma itu, BB Cream juga memberikan hasil yang lebih natural namun tetap flawless.

Baca juga: Bye Straight Eyebrows! Inilah Cara Membuat Alis Natural Ala Ryujin ITZY

Sumber foto: Instagram (roses_are_rosie)

2. Concealer di Bagian Wajah Tertentu

Concealer memang digunakan untuk menutup dark spot, tapi bisa pula digunakan untuk menonjolkan beberapa bagian wajah agar terlihat tirus. Aplikasikan concealer di batang hidung, bagian tengah dahi dan dagu.

Teman iStyle bisa menggunakan concealer dengan shades yang lebih terang dari kulit aslinya. Agar lebih gampang, gunakan saja liquid concealer sehingga mudah untuk diratakan dengan beauty blender.

Baca juga:Rahasia Makeup Taeyeon di MV Terbarunya 'Weekend'

Sumber foto: Instagram (twicetagram)

3. Shading di Dahi dan Sisi Muka

Di sinilah cara contouring wajah bulat untuk menghasilkan penampilan tirus dimulai. Teman iStyle bisa mulai contouring dengan shading di bagian dahi dan sisi muka dulu.

Contouring ini lebih gampang dengan menggunakan contouring stick daripada menggunakan powder. Hasil contouring stick pun terlihat lebih pigmented dan tahan lama daripada powder.

Uniknya, idol Korea ini gak terlalu fokus bikin shade di tulang pipi karena akan dipertegas dengan blush nantinya. Untuk mengaplikasikannya, lakukan contouring di sisi kiri dan kanan wajah, kemudian di bagian ujung dahi hingga hairline.

Sumber foto: Instagram (sooyaaa_)

4. Shading di Rahang

Kemudian, kamu bisa membentuk shading di bagian rahang agar menghasilkan bentuk V-line yang tegas. Rahang yang bulat pun jadi menonjol dan terlihat lebih kecil berkat contouring di bagian ini.

Baca juga: 7 Macam-Macam Bentuk Eyeliner yang Trending di Korea

Sumber foto: Instagram (renebaebae)

5. Shading di Hidung

Terakhir, jangan lupa contouring di bagian hidung agar terlihat lebih ramping dan tajam. Teman iStyle gak perlu membuat contour yang tebal, oleskan saja contouring stick tipis-tipis di kedua sisi hidung, mulai dari ujung alis hingga ujung bawahnya.

Karena kamu menggunakan contouring stick, lebih baik poleskan bedak dulu sebelum lanjut ke step berikutnya. Teman iStyle masih perlu mengaplikasikan blush dan highlighter agar hasil contouring lebih terlihat jelas.

Baca juga: Kenali Soft Taupe: Tren Warna Eyeshadow Natural Ala Korea Tahun 2021

Sumber foto: Google

6. Blush Berwarna Soft

Blush juga bisa membuat wajah semakin tirus dan mempertegas garis contouring yang sudah diaplikasikan di tulang pipi. Gunakan warna blush yang cenderung soft demi penampilan bak idol Korea.

Oh iya, Teman iStyle hanya gunakan blush cukup di bagian tulang pipinya, gak perlu sampai bagian depan pipi. Alasannya, mengoleskan blush di bagian depan pipi malah bikin wajah semakin bulat.

Baca juga: Han So Hee Bagi Tips Rahasia Kecantikannya

Sumber foto: Instagram (official.apink2011)

7. Highlighter

Lengkapi step contouring kamu dengan menggunakan highlighter di bagian tengah batang hidung agar makin ramping. Aplikasikan juga highlighter di atas blush sehingga tulang pipi terlihat lebih menonjol.

Baca juga: Etude, Innisfree, dan Rekomendasi Loose Powder Untuk Kulit Berminyak Lainnya Agar Wajah Bebas Kilap

Sumber foto: Instagram (official.apink2011)

8. Poles dengan Makeup Lainnya

Terakhir, nih, jangan lupa poleskan makeup lainnya di bagian mata dan bibir agar penampilanmu terlihat sempurna. Untuk lipstiknya, gunakan saja shades yang soft atau natural agar selaras dengan blush yang digunakan.

Baca juga: 10 Produk Kecantikan Korea Terbaik Favorit Idol KPop

Sudah selesai deh, cara contouring wajah bulat agar wajah terlihat tirus dan kecil seperti idol Korea. Untuk tips makeup mata dan lipstik agar menghasilkan Korean looks, kamu bisa kunjungi Beauty by K-Hub yang selalu update tiap harinya.

Comments

You must Register or Login to post a comment.